skip to main content

SENTRA KERAJINAN DAN GALERI KAIN TENUN IKAT ENDE-LIO DENGAN PENEKANAN DESAIN NEO-VERNAKULAR

*ANZIL ALAINA  -  Universitas Diponegoro, Indonesia

Citation Format:
Abstract

Indonesia merupakan masyarakat majemuk yang memiliki ragam budaya bernilai
tinggi yang diwariskan secara turun-temurun sebagai cermin budaya bangsa. Salah satu
warisan itu adalah budaya tenun. Budaya tenun merupakan bagian dari ragam budaya
sebagai warisan budaya nusantara yang harus dilestarikan karena dapat memperkaya ciri
khas bangsa Indonesia dengan motif dan coraknya yang beraneka-ragam. Salah satunya
adalah Tenun ikat khas Ende-Lio dari sekian banyak produk budaya tradisional khas
Indonesia. Kain tenun diminati oleh wisatawan karena memiliki motif eksotis serta proses
pembuatannya secara tradisional.Kota Ende di Nusa Tenggara Timur menurut Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) Kabupaten Ende Tahun 2018, termasuk ke dalam wilayah yang memiliki potensi pengembangan pada sektor industri kecil dan difokuskan pada pengembangan usaha tenun ikat. Keberadaan kampung adat penghasil tenun yang tersebar di beberapa wilayah
kecamatan di Kabupaten Ende termasuk ke dalam klasifikasi desa pedalaman dengan ketersediaan akses yang belum memadai menyebabkan para pengrajin tenun ikat masih menemukan kesulitan pada saat memasarkan kain tenun ikat. Dari uraian tersebut, maka perlu adanya sebuah perencanaan dan perancangan untuk Sentra Kerajinan dan Galeri Kain Tenun Ikat Ende-Lio guna mendukung program pemerintah di Rencana Induk Pengembangan Kepariwisataan Daerah Kabupaten Ende Tahun 2014-2034, yaitu mengenai pembinaan minat bakat di bidang seni dan budaya, serta upaya pelestarian budaya lokal.

Fulltext View|Download
  1. Andriyanti, Z. A. D., Yuliarso, H., & Paramita, D. S. P. 2021. Konsep Arsitektur Neo Vernakular pada Perancangan Pusat Kerajinan Tenun Lurik di Kabupaten Klaten. Jurnal Senthong, 4(1)
  2. Lubalu, A., Wardani, L. K., & Basuki, L. 2019. Penerapan Konsep “Sao Ria” pada Interior Pusat Informasi Kebudayaan Ende, Flores, Nusa Tenggara Timur. Jurnal Intra, 7(2)
  3. Pemerintah Kabupaten Ende. 2018. Rencana Kerja Pembangunan Daerah (RKPD) Kabupaten Ende Tahun 2018. Ende : Pemerintah Kabupaten Ende

Last update:

No citation recorded.

Last update:

No citation recorded.