skip to main content

REDESAIN STUDENT CENTER UNIVERSITAS DIPONEGORO

*AISYAH HANDAYANI PRIHATINI  -  Universitas Diponegoro, Indonesia

Citation Format:
Abstract

Universitas Diponegoro atau dikenal dengan Undip adalah salah satu perguruantinggi terkemuka di Semarang, Jawa Tengah, Indonesia. Universitas Diponegoro tidak hanya mendukung dan memfasilitasi kegiatan akademis berupa aktivitas belajar-mengajar mahasiswanya, namun juga kegiatan non-akademis seperti Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) dan Organisasi Mahasiswa (Ormawa). Selain itu, belajar, diskusi dan mengerjakan tugas adalah bagian dari kegiatan mahasiswa. Untuk menunjang beragam kegiatan mahasiswa, baik segi akademis maupun non-akademis, Universitas Diponegoro memiliki wadah berupa Pusat Kegiatan Mahasiswa (PKM) atau Student Center. Namun, pada kenyataannya dari 46 UKM yang ada di Undip, sedikitnya hanya 38 UKM yang memiliki ruangan sekretariat. Serta kapasitas Student Center Undip sudah tidak dapat menampung kegiatan mahasiswa, hal ini didasarkan pada data dari BEM Undip pada kegiatan UKM EXPO 2019, dimana dalam kurun waktu 3 hari Student Center dikunjungi oleh lebih dari
3.000 mahasiswa. Dimana kapasitas Student Center hanya menampung berkisar 800-850 orang saja (Okezone News, 2013). Sehingga terjadi kekurangan ruang bagi UKM untuk melakukan kegiatannya. Dari uraian diatas, maka diperlukannya perubahan desain pada gedung PKM  dengan memperhatikan sirkulasi pengunjung dan kegiatan mahasiswa sebagai salah satu fasilitas kampus yang digunakkan bagi seluruh mahasiswa Undip.

Fulltext View|Download
  1. Kurt. S, and Osueke K. K. The Effects of Color on the Moods of College Students. [online] Journals.sagepub.com. Available at:
  2. < https://journals.sagepub.com/doi/epub/10.1177/2158244014525423> [Accessed 2 June 2021]

Last update:

No citation recorded.

Last update:

No citation recorded.