PEMILIHAN RUTE TERPENDEK DARI KAWASAN PERMUKIMAN TERBANGUN PERKOTAAN PURBALINGGA MENGGUNAKAN ALGORITMA FLOYD-WARSHALL

Moniq Rizki Hapsari, Probo Hardini, Eva Wahyu Indriyati
DOI: 10.14710/jpk.6.2.127-134

Abstract


Salah satu indikasi terjadinya perkembangan dan pertumbuhan kota ditandai dengan pertumbuhan lahan perumahan. Distribusi lokasi perumahan dalam hal ini berkaitan dengan pergerakan berbasis rumah dari masing-masing zona karena adanya lokasi perumahan akan menimbulkan terjadinya pergerakan. Pergerakan dalam hal ini berkaitan erat dengan pemilihan rute dan moda. Pengendara cenderung memilih rute atau moda yang dianggapnya dapat memberikan nilai optimum. Dalam pemilihan rute, untuk mendapatkan rute optimum salah satu pendekatan yang bisa diambil adalah dengan memilih rute dengan jarak terpendek. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pemilihan rute terpendek pada kawasan permukiman terbangun di Kawasan Kota Purbalingga. Data yang dibutuhkan adalah data sekunder berupa data Matriks Asal Tujuan (MAT), peta pembagian zona, peta jaringan jalan Kota Purbalingga, dan data panjang jalan. Proses analisis diawali dengan terlebih dahulu menentukan pusat zona. Langkah-langkah yang dilakukan untuk mencapai tujuan penelitian adalah penentuan pusat zona, penentuan rute-rute alternative dari suatu zona ke zona-zona lainnya, dan penentuan rute terpendek melalui reduksi terhadap alternatif rute. Pereduksian rute terpendek menggunakan algoritma Floyd-Warshall. Dari penelitian ini dihasilkan rute terpendek yang merupakan sebuah rute optimum. Pemakaian algoritma Floyd-Warshall yang diterapkan pada penelitian ini mampu menjadi solusi pencarian rute optimum dari zona asal menuju zona tujuan. Hal ini dikarenakan hasil iterasi matriks terakhir dapat menunjukkan nilai terkecil. Hasil penelitian ini dapat digunakan untuk mencari pembebanan jaringan jalan

Keywords


pergerakan; optimum; pemilihan rute; jarak terpendek; algoritma Floyd-Warshall

Full Text: PDF

References


Bappeda Kab. Purbalingga 2011. Rencana Tata Ruang Wilayah Kabupaten Purbalingga 2011 - 2031. Purbalingga.

DPMPTSP Purbalingga 2018. Data Perizinan Perumahan.

Hardini, P. 2010. Karakteristik Pergerakan Pekerja Kawasan Industri Rambut di Jalan Jend. A. Yani Kabupaten Purbalingga. Dinamika Rekayasa. 6(1),pp.1–8.

Hidayanti, G. 2018. Dampak Pertumbuhan Penggunaan Lahan Perumahan Terhadap Pola Perjalanan di Kawasan Kota Purbalingga.

Iftadi, I., Jauhari, W.A. and Nugroho, B. 2011. Perancangan Peta Evakuasi Menggunakan Algoritma Floyd-Warshall untuk Penentuan Lintasan Terpendek: Studi Kasus. PERFORMA: Media Ilmiah Teknik Industri. 10(2).

Ilyani, M. 2012. Reduksi panjang perjalanan sebagai implikasi pemanfaatan fasilitas pendidikan sekolah dasar terdekat dari tempat tinggal. Journal of Regional and City Planning. 23(3),pp.209–224.

Kresnanto, N.C. and Tamin, O.Z. 2008. PENGEMBANGAN ALGORITMA PENCARIAN RUTE DAN PEMBEBANAN LALULINTAS FUZZY. Jurnal Transportasi. 8(2).

Kriswanto, Y.R. and Bendi, R. 2014. Penentuan Jarak Terpendek Rute Transmusi dengan Algoritma Floyd-Warshall. Semantik 2014.

Ningrum, F.W. 2016. Penerapan Algoritma Floyd-Warshall dalam Menentukan Rute Terpendek pada Pemodelan Jaringan Pariwisata di Kota Semarang.

Ramadhan, Z., Zarlis, M., Efendi, S. and Siahaan, A.P.U. 2018. Perbandingan Algoritma Prim Dengan Algoritma Floyd-Warshall Dalam Menentukan Rute Terpendek (Shortest Path Problem). JURIKOM (Jurnal Riset Komputer). 5(2),pp.135–139.

Saputra, R. 2011. Sistem Informasi Geografis Pencarian Rute Optimum Obyek Wisata Kota Yogyakarta Dengan Algoritma Floyd-Warshall. Jurnal Matematika.

Tamin, O.Z. 2007. Perencanaan dan permodelan transportasi. Bandung: penerbit ITB.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Jurnal Pengembangan Kota

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.