ANALISIS PERILAKU BERKESELAMATAN KURIR PENGIRIMAN BARANG DI KAWASAN PENDIDIKAN TINGGI TEMBALANG KOTA SEMARANG
Abstract
Fenomena perkembangan aplikasi mobilitas digital dinilai mendikte pola pergerakan khususnya pengiriman barang ke tujuan akhir lokasi konsumen atau biasa disebut last mile delivery/LMD secara fisik. Penelitian ini berfokus pada area kawasan pendidikan tinggi yang menjadi growth pole pertumbuhan aktivitas dan pergerakan serta fungsi permintaan barang untuk pemenuhan kebutuhan. Keselamatan kurir dalam LMD dengan menggunakan sepeda motor berpotensi tinggi mengalami risiko kecelakaan lalu lintas, dengan 61% kecelakaan disebabkan oleh faktor manusia terutama kelelahan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis perilaku keselamatan kurir pengiriman barang di kawasan pendidikan tinggi Tembalang Kota Semarang. Metode SEM-PLS digunakan sebagai alat bantu dalam mengeksplorasi hubungan karakteristik aspasial dan spasial terhadap perilaku keselamatan berkendara kurir sepeda motor. Data penelitian ini diperoleh dengan melakukan penyebaran kuesioner kepada kurir sepeda motor yang memiliki wilayah kerja di kawasan pendidikan tinggi Tembalang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa komponen kepribadian dan karakteristik spasial memiliki pengaruh signifikan terhadap perilaku keselamatan berkendara kurir sepeda motor, dengan masing-masing kontribusi sebesar 36,1% dan 26,8%. Selain itu, komponen kepribadian berperan sebagai variabel mediasi yang memperkuat pengaruh pola perjalanan dan aktivitas harian terhadap keselamatan berkendara sebesar 16,4%. Secara keseluruhan, kolaborasi antara faktor spasial dan aspasial terbukti berpengaruh terhadap perilaku keselamatan kurir sepeda motor di kawasan pendidikan tinggi Tembalang, menunjukkan pentingnya memperhatikan kedua aspek ini dalam upaya meningkatkan keselamatan kerja kurir.
Keywords
References
Adeyemi, O. J., Arif, A. A., & Paul, R. (2021). Exploring the relationship of rush hour period and fatal and non-fatal crash injuries in the U.S.: A systematic review and meta-analysis. Accident Analysis and Prevention, 163(October), 106462. https://doi.org/10.1016/j.aap.2021.106462
Almeida, G. C. M. de, Medeiros, F. da C. D. de, Pinto, L. O., Moura, J. M. B. de O., &
Lima, K. C. (2016). Prevalence and factors associated with traffic accidents involving
motorcycle taxis. Revista Brasileira de Enfermagem, 69(2), 382–388.
https://doi.org/10.1590/0034-7167.2016690223i
Anas, N., & Manullang, O. R. (2017). Implikasi Perilaku Perjalanan Pelajar Pengguna Sepeda Motor Terhadap Keselamatan Berlalu Lintas (Studi Kasus: Pelajar Sekolah Menengah Atas di Pusat Kota Semarang). Jurnal Pengembangan Kota. Vol 5 (2): 181-189. DOI: 10.14710/jpk.5.2.181-189
Bukoye, O. T., & Gadiraju, S. (2022). Optimal consolidation center to improve urban freight transport: a case of student accommodation in a higher education institution. In Multimodal Transportation (Vol. 1, Issue 3, p. 100032). Elsevier BV. https://doi.org/10.1016/j.multra.2022.100032
Cheng, A. S. K., & Ng, T. C. K. (2012). Risky Driving and the Perception of Motorcycle Accident Causes Among Chinese Motorcyclists in Hong Kong. Traffic Injury Prevention, 13(5), 485–492. https://doi.org/10.1080/15389588.2012.671981
Cui, J., Dodson, J., & Hall, P. V. (2015). Planning for Urban Freight Transport: An Overview. In Transport Reviews (Vol. 35, Issue 5, pp. 583–598). Informa UK Limited. https://doi.org/10.1080/01441647.2015.1038666
da Silva, R. B. (2020). Motoboys in São Paulo, Brazil: Precarious work, conflicts and fatal traffic accidents by motorcycle. Transportation Research Interdisciplinary Perspectives, 8 (November), 100261. https://doi.org/10.1016/j.trip.2020.100261
Linkov, V., Zaoral, A., Řezáč, P., & Pai, C. W. (2019). Personality and professional
drivers’ driving behavior. Transportation Research Part F: Traffic Psychology and
Behaviour, 60, 105–110. https://doi.org/10.1016/j.trf.2018.10.017
Luo, X., Ge, Y., & Qu, W. (2023). The association between the Big Five personality traits and driving behaviors: A systematic review and meta-analysis. Accident Analysis and Prevention, 183 (January), 106968. https://doi.org/10.1016/j.aap.2023.106968
Mahatma, R. (2016). Data Konsumen dan Potensi Perkembangan Ecommerce Indonesia 2016. Buat Toko Online Belajar Cara Membuat Toko Online, Ecommerce & Jualan Online di Indonesia. https://buattokoonline.id/data-konsumen-dan-potensi-perkembanganecommerce-indonesia-2016/
Manullang, Okto Risdianto., & Waspodo, Arya Satrio Wicaksono P. (2023). Faktor Eksternal dan Internal Perilaku Keselamatan Berkendara Pekerja Kantoran Pengguna Sepeda Motor (Wilayah Studi: Kota Tangerang Selatan). Jurnal Pengembangan Kota. Vol 11 (1): 82-91. DOI: 10.14710/jpk.11.1.82-91
Ngoc, A. M., Nishiuchi, H., Nhu, N. T., & Huyen, L. T. (2022). Ensuring traffic safety of cargo motorcycle drivers in last-mile delivery services in major Vietnamese cities. Case Studies on Transport Policy, 10(3), 1735–1742. https://doi.org/10.1016/j.cstp.2022.07.004
Nordtømme, M.E., Bjerkan, K.Y., Sund, A.B., (2015). Barriers to urban freight policy implementation: The case of urban consolidation center in Oslo. Transp. Policy. 44, 179–186.
Oliveira, L. K. de, Cordeiro, C. H. de O. L., Oliveira, I. K. de, & Andrade, M. (2024). Exploring the relationship between socioeconomic and delivery factors, traffic violations, and crashes involving motorcycle couriers. Case Studies on Transport Policy, 15(April 2023), 101111. https://doi.org/10.1016/j.cstp.2023.101111
Papakostopoulos, V., & Nathanael, D. (2021). The Complex Interrelationship of WorkRelated Factors Underlying Risky Driving Behavior of Food Delivery Riders in
Athens, Greece. Safety and Health at Work, 12(2), 147–153.
https://doi.org/10.1016/j.shaw.2020.10.006 Sarwono, J. (2010). Pengertian Dasar Structural Equation Modeling (SEM). Jurnal Ilmiah
Manajemen Bisnis, 10(3), 173–182
Sandra, Patricia., Akbar, Rendy., & Olivia, Deasy. (2023). Analisis Dampak Studentifikasi Pada Kawasan Pendidikan Sekitar Kampus Universitas Indonesia Depok. Jurnal Pengembangan Kota. Vol 11 (2): 202-210. DOI: 10.14710/jpk.11.2.202-210
Shope, J.T., Bingham, C.R., (2002). Driking-driving as a component of problem driving and problem behavior in young adults. J. Stud. Alcohol. 63 (1), 24–33.
Tao, D., Zhang, R., & Qu, X. (2017). The role of personality traits and driving experience
in self-reported risky driving behaviors and accident risk among Chinese drivers.
Accident Analysis and Prevention, 99, 228–235.
https://doi.org/10.1016/j.aap.2016.12.009
Wang, S., Yu, J., & Ma, J. (2023). Identifying the heterogeneous effects of road
characteristics on Motorcycle-Involved crash severities. Travel Behaviour and
Society, 33(July), 100636. https://doi.org/10.1016/j.tbs.2023.100636
Widjajanti, R. (2012). Karakteristik Aktivitas Pedagang Kaki Lima di Ruang Kota (Studi Kasus: Kawasan Pendidikan Tembalang, Kota Semarang). Jurnal Pembangunan Wilayah dan Kota, 8(4), 412-424
Zainuddin, N. I., Arshad, A. K., Hamidun, R., Haron, S., & Hashim, W. (2023). Influence of road and environmental factors towards heavy-goods vehicle fatal crashes. Physics and Chemistry of the Earth, 129(August 2022), 103342. https://doi.org/10.1016/j.pce.2022.103342
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2025 Jurnal Pengembangan Kota
License URL: http://creativecommons.org/licenses/by-nc-sa/4.0