POTENSI PENGEMBANGAN KAWASAN BERBASIS TOD PADA KAWASAN STASIUN PASAR SENEN
Abstract
TOD merupakan perencanan kawasan berkelanjutan yang mengintegrasikan antara kebutuhan transportasi dengan efisiensi lahan perkotaan. Kawasan Senen merupakan salah satu kawasan strategis di Jakarta karena merupakan pusat kegiatan sekunder dan juga Pusat Pelayanan Kota. Melalui RDTR DKI Jakarta 2022 dan Perpres No 60 tahun 2020 tentang Rencana Tata Ruang Kawasan Perkotaan Jabodetabekpunjur, Stasiun Pasar Senen ditetapkan sebagai TOD Kota. Penelitian ini bertujuan untuk mengukur potensi eksisting Kawasan Stasiun Pasar Senen sebagai kawasan TOD kota. Pengukuran dilakukan dengan menghitung TOD Indeks yang berasal dari indikator–indikator utama dalam perancangan kawasan TOD. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa Kawasan Stasiun Pasar Senen belum optimal sebagai TOD Kota. Nilai TOD indeks Kawasan Stasiun Pasar Senen adalah 0.63 yang tergolong cukup tinggi melebihi 0.5 namun masih jauh dari nilai optimal TOD. Kondisi saat ini masih jauh dari prinsip-prinsip TOD, khususnya pada kepadatan kawasan serta infrastruktur pejalan kaki. Pengembangan TOD Kawasan Stasiun Pasar Senen perlu memaksimalkan fungsi lahan campuran dan penyediaan infrastruktur pejalan kaki.
Keywords
References
Adriana, M. C. (2022). Potensi Pengembangan TOD di Kota Medan: Studi Kasus di Stasiun Medan. TATALOKA, 24(1), 35-44. Doi: https://doi.org/10.14710/TATALOKA.24.1.35-44
Alhikam, H. A. (2020). Ada 88 Juta Pergerakan Orang Jabodetabek Dalam Sehari. Retrieved 3 April 2022, from Detik Finance https://finance.detik.com/berita-ekonomi-bisnis/d-5121023/ada-88-juta-pergerakan-orang-di-jabodetabek-dalam-sehari
BPS Provinsi DKI Jakarta. (2021). Kepadatan Penduduk DKI Jakarta. Jakarta: Badan Pusat Statistik Provinsi DKI Jakarta.
Calthorpe, P. (1993). The Next American Metropolis: Ecology, Community, and The American Dream. New York: Princeton architectural press.
Cervero, R. (2004). Transit-Oriented Development in The United States: Experiences, Challenges, and Prospects. Washington D.C: Transportation Research Board.
Cervero, R., & Kockelman, K. (1997). Travel demand and the 3Ds: Density, diversity, and design. Transportation Research Part D: Transport and Environment, 2(3), 199-219. Doi: https://doi.org/10.1016/S1361-9209(97)00009-6
EnviroAtlas, & Durham, N. (Producer). (2018). Estimated Intersection Density of Walkable Roads. Retrieved from http://datadiscoverystudio.org/geoportal/rest/metadata/item/ccdd18b877164eccbd0c5c230497912a/html#d1316604833e77
Evans, J., Pratt, R. H., Stryker, A., & Kuzmyak, J. R. (2007). Transit Oriented Development Traveler Response to Transportation System Changes Handbook,Third Edition: Chapter 17. Washington, D.C: Transportation Research Board.
Ewing, R., & Cervero, R. (2010). Travel and the Built Environment. Journal of the American planning association, 76(3), 265-294. Doi: 10.1080/01944361003766766
Global Platform for Sustainable Cities, & World Bank. (2018). TOD Implementation Resources and Tools. Washington, D.C., Amerika: World Bank.
Huang, K., Zhu, T., An, K., Liu, Z., & Kim, I. (2019). Analysis of the Acceptance of park-and-ride by Users A Cumulative Logistic Regression Approach. Journal of Transport and Land Use, 12(1), 637-647. Doi: https://doi.org/10.5198/jtlu.2019.1390
Institute for Transportation and Development Policy (ITDP). (2017). TOD Standard. New York: ITDP.
Kidokoro, T. (2020). Transit Oriented Development (TOD) Policies and Station Area Development in Asian Cities. Paper presented at the HABITechno 4th International Conference, Bandung, Indonesia.
Legowo, D. A., & Sumadio, W. (2021). Nilai dan Pola Transit Oriented Development (TOD) Indeks pada Jalur Commuter Line Bogor-Jakarta Kota. Jurnal Wilayah dan Lingkungan, 9(2), 142-154. Doi: http://dx.doi.org/10.14710/jwl.9.2.142-154
Lukman, A. (2014). Development and Implementation of a Transit Oriented Development (TOD) Index Around The Current Transit Nodes. (Master's thesis), University of Twente.
Muzakkiy, A. R., & Handayeni, K. (2016). Arahan Peningkatan Penerapan Konsep Transit Oriented Development (TOD) Pada Kawasan Dukuh Atas, Jakarta. (Skripsi), Institut Teknologi Sepuluh Nopember, Surabaya.
Nadyla, A. (2018). Pengembangan Kawasan Transit Oriented Development (TOD) Terminal Joyoboyo, Surabaya Berbasiskan Konsep Node-Place Model. Institut Teknologi Sepuluh Nopember.
Peraturan Menteri Agraria dan Tata Ruang/Kepala Badan Pertanahan Nasional Republik Indonesia Nomor 16 Tahun 2017 tentang Pedoman Pengembangan Kawasan Berorientasi Transit.
Peraturan Presiden Republik Indonesia Nomor 60 Tahun 2020 tentang Rencana Tata Ruang Kawasan Perkotaan Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, Bekasi, & Puncak dan Cianjur.
Rencana Detail Tata Ruang (RDTR) Provinsi DKI Jakarta Tahun 2022.
Siburian, T. E., Widyawati, W., & Shidiq, I. P. A. (2020). Characteristics of Transit Oriented Development Area (Case Study: Jakarta MRT). Journal of Geography of Tropical Environments, 4(1), 46-58.
Singh, Y. J., Lukman, A., Flacke, J., Zuidgeest, M., & Van Maarseveen, M. F. A. M. (2017). Measuring TOD Around Transit Nodes - Towards TOD Policy. Transport Policy, 56, 96-111. Doi: https://doi.org/10.1016/j.tranpol.2017.03.013
Sulistyorini, R., & Herianto, D. (2010). Analisis Multi Kriteria Sebagai Metode Pemilihan Suatu Alternatif Ruas Jalan di Provinsi Lampung. Rekayasa, Jurnal Teknik Sipil dan Perencanaan, 14(3), 147-156.
Suryani, S., Harun, I. B., & Astuti, W. K. (2020). Re-orienting TOD concept and implementation in Jakarta. Paper presented at the HABITechno 4th International Conference, Bandung, Indonesia.
TomTom. (2019). Jakarta Traffic Index Ranking. Retrieved April 3, 2022 https://www.tomtom.com/traffic-index/jakarta-traff
Xie, Y. (2017). Measuring the performance of metro-based Transit Oriented Development (TOD): a comparative study between Beijing and Singapore. (Doctoral dissertation), Massachusetts Institute of Technology, Amerika Serikat.
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2023 Jurnal Pengembangan Kota
License URL: http://creativecommons.org/licenses/by-nc-sa/4.0