FAKTOR EKSTERNAL DAN INTERNAL PERILAKU KESELAMATAN BERKENDARA PEKERJA KANTORAN PENGGUNA SEPEDA MOTOR (Wilayah Studi: Kota Tangerang Selatan)

Okto Risdianto Manullang, Arya Satrio Wicaksono Putra Waspodo
DOI: 10.14710/jpk.11.1.82-91

Abstract


Kecelakaan lalu lintas yang terjadi di kawasan perkotaan terus meningkat, seiring dengan terus meningkatnya jumlah kendaraan di jalanan. Kecelakaan lalu lintas yang terjadi di Indonesia, sebagian besar disebabkan oleh faktor manusia. Salah satu upaya untuk mengatasi kecelakaan lalu lintas berdasarkan faktor manusia, dapat dilakukan dengan menganalisis perilaku pengguna jalan. Penelitian ini menggunakan metode structural equation modelling (SEM) untuk mengidentifikasi seberapa besar pengaruh faktor eksternal dan internal terhadap perilaku keselamatan berkendara pada pekerja kantoran pengguna sepeda motor di Kota Tangerang Selatan. Faktor Eksternal dilihat dari Theory of Planned Behavior, jarak tempuh, dan waktu tempuh perjalanan. Faktor internal dilihat dari trait kepribadian ekstraversi, kooperatif, neurotisme, dan kesadaran. Analisis dilakukan terhadap masing-masing golongan darah, sehingga dapat melihat faktor yang dominan. Berdasarkan hasil analisis perilaku keselamatan berkendara golongan darah A, B, dan AB lebih dipengaruhi oleh variabel dari faktor eksternal, sedangkan golongan darah O lebih dipengaruhi oleh variabel dari faktor internal.


Keywords


Perilaku Keselamatan Berkendara; Kecelakaan Lalulintas

Full Text: PDF

References


Ajzen, I. (1991). The Theory of Planned Behavior. Organizational Behavior and Human Decision Processes, 50, 179-211. Doi: http://dx.doi.org/10.1016/0749-5978(91)90020-T

Armitage, S., Rodwell, D., & Lewis, I. (2022). Applying an Extended Theory of Planned Behaviour to Understand Influences on Safe Driving Intentions and Behaviours. Transportation Research Part F: Traffic Psychology and Behaviour, 90, 347-364. Doi: https://doi.org/10.1016/j.trf.2022.09.009

Bento, A. M., Cropper, M. L., Mobarak, A. M., & Vinha, K. (2005). The Effects of Urban Spatial Structure on Travel Demand in the United States. The Review of Economics and Statistics, 87(3), 466-478. Doi: 10.1162/0034653054638292

Castanier, C., Deroche, T., & Woodman, T. (2013). Theory of Planned Behaviour and Road Violations: The Moderating Influence of Perceived Behavioural Control. Transportation Research Part F: Traffic Psychology and Behaviour, 18, 148-158. Doi: https://doi.org/10.1016/j.trf.2012.12.014

Cohen, T. R., & Morse, L. (2014). Moral Character: What It Is and What it Does. Research in Organizational Behavior, 34, 43-61. Doi: https://doi.org/10.1016/j.riob.2014.08.003

Ettema, D., Schwanen, T., & Timmermans, H. (2007). The Effect of Location, Mobility and Socio-Demographic Factors on Task and Time Allocation of Households. Transportation, 34(1), 89-105. Doi: 10.1007/s11116-006-0007-3

Hamid, R. S., & Anwar, S. M. (2019). Structural Equation Modeling Berbasis Varian. Jakarta: PT Inkubator Penulis Indonesia.

Hamzah, M. Q., Tinungki, G. M., & Herdiani, E. T. (2022). SEM (Structural Equation Modelling) Analysis Using PLS (Partial Least Square) Method on Poverty Data in Indonesia. International Research Journal of Advanced Engineering and Science, 7(4), 131-135.

Haryanto, H. C. (2011). Kepatuhan Terhadap Peraturan Lalu Lintas Para Pengendara di Perkotaan. INQUIRY Jurnal Ilmiah Psikoiogi, 4, 39-48.

Hasim, A. H. (2016). Model Perilaku Masyarakat Pengguna Kendaraan Bermotor Pribadi di Kota Makassar Berdasarkan Theory of Planned Behavior. (Magister), Universitas Muslim Indonesia Makassar, Makassar.

Hildebrandt, S. (2019). The Influence of Personality and Self-Efficacy on Young Drivers and their Driving Behavior. (Bachelor's thesis), University of Twente.

Joewono, T. B., Susilo, Y. O., & Tarigan, A. K. (2008). A Review of the Travel Behavior Analysis: Its Basis and Application for Developing Cities. Paper presented at the Forum Studi Transportasi antar-Perguruan Tinggi (FSTPT).

Kementerian Perhubungan Republik Indonesia. (2023). Tekan Angka Kecelakaan Lalu Lintas, Kemenhub Ajak Masyarakat Beralih ke Transportasi Umum dan Utamakan Keselamatan Berkendara, https://www.dephub.go.id/. Retrieved from https://www.dephub.go.id/post/read/%E2%80%8Btekan-angka-kecelakaan-lalu-lintas,-kemenhub-ajak-masyarakat-beralih-ke-transportasi-umum-dan-utamakan-keselamatan-berkendara

Luu, L. V., Minh, C. C., & Long, N. X. (2021). The Development of Safe Riding Guidelines for Young Riders – A Case Study of Phu Yen, Vietnam. IATSS Research, 45(2), 226-233. Doi: https://doi.org/10.1016/j.iatssr.2020.11.001

Manullang, O. R., Syabri, I., Tamin, O. Z., & Sjafruddin, A. (2014). Pengaruh Alokasi Waktu Terhadap Perilaku Perjalanan Rumah Tangga Pengguna Sepeda Motor di Pusat Kota Semarang. Jurnal Transportasi, 14(1). Doi: https://doi.org/10.26593/jtrans.v14i1.1370.%25p

Parker, D., Manstead, A. S. R., Stradling, S. G., & Reason, J. T. (1992). Determinants of Intention to Commit Driving Violations. Accident Analysis & Prevention, 24(2), 117-131. Doi: https://doi.org/10.1016/0001-4575(92)90028-H

Parker, D., West, R., Stradling, S., & Manstead, A. S. R. (1995). Behavioural Characteristics and Involvement in Different Types of Traffic Accident. Accident Analysis & Prevention, 27(4), 571-581. Doi: https://doi.org/10.1016/0001-4575(95)00005-K

Peraturan Pemerintah Nomor 37 Tahun 2017 Tentang Keselamatan Lalu Lintas dan Angkutan Umum.

Perwitaningsih, R., Mahawati, E., & Hartini, E. (2013). Hubungan antara Pengetahuan dan Sikap Terhadap Praktik Keselamatan dan Kesehatan Berkendara Sepeda Motor pada Mahasiswa Kesehatan Masyarakat Udinus Semarang Tahun 2013. Jurnal Udinus.

Petridou, E., & Moustaki, M. (2000). Human Factors in The Causation of Road Traffic Crashes. European Journal of Epidemiology, 16(9), 819-826. Doi: 10.1023/A:1007649804201

Supiyono. (2018). Keselamatan Lalu Lintas: Polinema Press.

Thørrisen, M. M. (2013). Personality and Driving Behavior. The Role of Extraversion and Neuroticism in Drivers' Behavior Toward Bicyclists. (Master's thesis), University of Oslo.

Triman, A., & Bagaskara, S. (2017). Peran Trait Kepribadian terhadap Perilaku Mengemudi Pengendara Bermotor di Jakarta. Jurnal Psikogenesis, 5(2), 150-158. Doi: https://doi.org/10.24854/jps.v5i2.503

Ulleberg, P., & Rundmo, T. (2003). Personality, Attitudes and Risk Perception as Predictors of Risky Driving Behaviour Among Young Drivers. Safety Science, 41(5), 427-443. Doi: https://doi.org/10.1016/S0925-7535(01)00077-7

Wirawan, M., Syaaf, R. Z., & Susilowati, I. H. (2018). Road Accident Investigation in Indonesia: An Analysis from Human Aspect Perspective. Indian Journal of Public Health Research and Development, 9(11), 498-501. Doi: 10.5958/0976-5506.2018.01505.X


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Jurnal Pengembangan Kota

License URL: http://creativecommons.org/licenses/by-nc-sa/4.0