PRIORITAS ALTERNATIF PENGEMBANGAN KONSEP OMOTENASHI DI KORIDOR JL. ZAINUL ARIFIN, KOTA MALANG
Abstract
Koridor Jalan Zainul Arifin merupakan salah satu koridor yang menghubungkan Kawasan Alun-Alun sebagai pusat kota dengan Pasar Besar Kota Malang. Pasar Besar sebagai pusat perdagangan dan jasa, kuliner, pertokoan, dan wisata memiliki ciri khas dan daya Tarik tersendiri. Karakteristik tersebut mampu menarik aktivitas yang masif sehingga diperlukan pengendalian arus lalu lintas dan fasilitas penunjang aktifitas di koridor tersebut. Omotenashi memiliki makna keramahan, kehangatan, dan kekeluargaan. Keramahan yang dimaksud ialah ramah dalam hal desain jalan, jalur pejalan kaki dan layanan angkutan umum bagi para penggunanya, adapun kekeluargaan memiliki makna yang berlawanan dengan individualis. Tujuan dari penelitian ini adalah menganalisis tingkat keramahan dalam konsep omotenashi dan merumuskan prioritas alternatif pengembangan keramahan. Penelitian ini menggunakan analisis aspek keramahan omotenashi, analisis parkir on-street berdasarkan aspek kekeluargaan, dan Quantitative Descriptive Analysis (QDA) berupa spiderweb. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat keramahan omotenashi pada Koridor Jalan Zainul Arifin memiliki nilai 10,64 yang masuk dalam klasifikasi ramah dan prioritas pengembangan berdasarkan hasil spiderweb meliputi pengembangan aspek geometri jalur pejalan kaki, geometri jalan, dan parkir on-street.
Keywords
References
Agustin, I., Adhianti, R., Shakia, N., & Maulidiah, I. (2019). Exploring the Role of Transportation Demand Omotenashi (TDO) in the City Center Plaza of Batu. Paper presented at the IOP Conference Series: Earth and Environmental Science.
Agustin, I. W. (2015). Tingkat Keramahan dalam Kemungkinan Penerapan Transportation Demand Omotenashi (TDO) di Kawasan Pusat Kota Malang. Jurnal Sosek Pekerjaan Umum, Vol.7 No.2, 144-145.
Agustin, I. W., & Hariyani, S. (2020). Transportation Demand Omotenashi VS Transportation Demand Management. Kota Malang: CV AE MEDIA GRAFIKA.
Aminah, S. (2018). Transportasi Publik dan Aksesibilitas Masyarakat Perkotaan. Jurnal Teknik Sipil UBL Volume 9, Nomor 1, 1142-1143.
Andaru, N. M., Dwi Ari, I. R., & Firdausiyah, N. (2021). Arahan Penataan Parkir On-street berdasarkan Pengaruh Perilaku Parkir terhadap Kinerja Ruas Jalan Pasar Besar. Planning for Urban Region and Environment Journal (PURE) Volume 10 Nomor 2, 12.
Andriani, G. N., Ardiansyah, L. O., , H. S., & , A. W. (2017). Kajian Lokasi Halte Dan Jam Operasi Kota Malang. Simposium I Jaringan Perguruan Tinggi untuk Pembangunan Infrastruktur Indonesia, 6-8.
Angeline, Popang, I. D. S., & Setiawan, R. (2018). Manajemen Ketersediaan dan Kebutuhan Parkir Mobil di Universitas Kristen Petra. Jurnal Dimensi Pratama Teknik Sipil, 31-32.
Asmaranda, E. (2019). Evaluasi Jalur Pejalan Kaki Kawasan Pasar Besar. Repository Untag, 3-4.
Bakhtiar, A. (2019). Evaluasi Kinerja Angkutan Umum Kota Malang. Eprints ITN, 6-8.
Brotodewo, N. (2010). Penilaian Indikator Transportasi Berkelanjutan pada Kawasan Metropolitan di Indonesia. Jurnal Perencanaan Wilayah dan Kota Vol 21 No. 3, 165-166.
Donneley. (2010). Desingning Street. Scotland: GovScot.
Endarwati, M. C., , A. S., & , O. M. (2018). Penilaian Walkability Score Index pada Pusat Pelayanan dalam Menuju Kota Malang Berkelanjutan. Prosiding Seminar Nasional Kota Berkelanjutan, 15.
Ferguson, E. (1990). Transportation Demand Management Planning, Development, and Implementation. Journal of The American Planning Association Volume 56, 442-443.
Hermawan, I. (2019). Metodologi Penelitian Pendidikan (Kualitatif, Kuantitatif dan Mixed Method). Kuningan: Hidayatul Quran.
Mualimmah, & Mashpufah, R. N. (2021). Analisis Kebijakan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta dalam Mengatasi Permasalahan Transportasi di Perkotaan. Jurnal Manajemen dan Administrasi Publik, 291-296.
Palandi, E. H. (2019). Filosofi dalam Konsep Omotenashi pada Tutur Bahasa Jepang. Outlook Japan: Omotenashi As Japanese Culture Vol.7 No.2, 4-5.
Sugiyono. (2009). Metode Penelitian Bisnis (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D). Bandung: Alfabeta.
Tamin, O. Z. (2007). Menuju Terciptanya Sistem Transportasi Berkelanjutan di Kota-Kota Besar di Indonesia. Jurnal Transportasi Vol. 7 No. 2, 87-88.
Zulham, A. C., Fathullah, T., Suryobuwono, A., & Sampurna, H. (2019). The Effect of Service Quality Towards Customer Satisfaction in Jakarta (Case Study: Minimum Service Standards). Advances in Transportation and Logistics Research, 2, 696-701. Doi: https://doi.org/10.25292/atlr.v2i0.227
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2023 Jurnal Pengembangan Kota
License URL: http://creativecommons.org/licenses/by-nc-sa/4.0