ANALISIS PENYEDIAAN LAYANAN MRT JAKARTA YANG BERKESEHATAN

Priscilla Jocelyne Naretta, Okto Risdianto Manullang
DOI: 10.14710/jpk.10.1.57-67

Abstract


Angkutan umum massal perkotaan menjadi salah satu kunci utama dalam mengatasi masalah kemacetan, terutama di kota-kota besar. Pembangunan MRT Jakarta dapat membantu masyarakat Kota Jakarta untuk melakukan perpindahan dari kendaraan pribadi menjadi angkutan umum. Namun, pandemi COVID-19 yang melanda Indonesia pada tahun 2020 mempengaruhi tingkat kepercayaan masyarakat terhadap keamanan dan kenyamanan MRT Jakarta. Hal ini berdampak pada penurunan penumpang MRT Jakarta yang mencapai 47,05%. Jika dilihat dari Peraturan Menteri nomor 63 Tahun 2019, dalam standar pelayanan minimum (SPM) belum menyebutkan adanya aspek kesehatan yang menjadi salah satu nilai penting dalam kondisi pandemi. Maka dari itu, studi ini akan menjawab pertanyaan penelitian mengenai bentuk aspek kesehatan seperti apa yang dibutuhkan saat ini dan di masa mendatang dalam penyediaan layanan MRT Jakarta. Penelitian ini menggunakan metode CSI dan IPA, dimana hasil analisis menunjukkan adanya rasa puas terhadap layanan aspek kesehatan pada sarana dan prasarananya. Namun, masih terdapat atribut yang dianggap penting oleh pengguna, tetapi layanannya belum tersedia. Adapun atribut tersebut adalah tempat cuci tangan dekat pintu masuk stasiun dan hand sanitizer di ratangga (kereta). Mengacu pada kajian Protokol BANGKIT yang dikeluarkan oleh MRT Jakarta pada Tahun 2020, kedua atribut ini sudah seharusnya diterapkan semenjak diberlakukannya protokol kesehatan saat Pandemi COVID-19. Hasil akhir dalam penelitian dapat menjadi pertimbangan bagi PT. MRT untuk menyediakan layanan MRT Jakarta yang berkesehatan.


Keywords


COVID-19; MRT Jakarta; Aspek Kesehatan

Full Text: PDF

References


Ardila-Gomez, A. (2020). In The Fight Against Covid-19, Public Transport Should Be The Hero, Not The Villain. Transport for Development - The World Bank, 19, 1-8.

Aritonang, R. L. (2005). Kepuasan Pelanggan. Jakarta: Gramedia.

Badan Pengelola Transportasi Jabodetabek. (2020). Pengguna Angkutan Umum di Jabodetabek Menurun selama Pandemi Corona. from In Bptj.Dephub.Go.Id https://bptj.dephub.go.id/pengguna-angkutan-umum-di-jabodetabek-menurun-selama-pandemi-corona

Daelami, M. (2020). Kebijakan Transportasi Jakarta Dituntut Pertimbangkan Aspek Kesehatan. Retrieved from https://investor.id/business/206868/kebijakan-transportasi-jakarta-dituntut-pertimbangkan-aspek-kesehatan

Dewi, L. (2018). Skripsi Upaya Peningkatan Kualitas Pelayanan Dengan Integrasi Importance Performance Analisis (IPA), Model Kano dan House of Quality (HoQ) (Studi Kasus: RSUD. Mardi Waluyo Blitar). (Doctoral), University of Muhammadiyah Malang.

Dinh, H. H. (2021). Risks And Issues: Reactions of Vietnam and The Experience to The World in The First Wave of Coronavirus Pandemic. Asian Education and Development Studies, 10(2), 239-249. doi: 10.1108/AEDS-07-2020-0165

Dwyer, L., Cvelbar, L. K., Edwards, D., & Mihalic, T. (2012). Fashioning A Destination Tourism Future: The Case of Slovenia. Tourism Management, 33(2), 305-316. doi: https://doi.org/10.1016/j.tourman.2011.03.010

Fatmi, M. R. (2020). COVID-19 Impact on Urban Mobility. Journal of Urban Management, 9(3), 270-275. doi: https://doi.org/10.1016%2Fj.jum.2020.08.002

Papacostas, C. S. (1987). Fundamentals of Transportation Engineering. United States UC Berkeley Transportation Library.

Santoso, S. (2006). Seri Solusi Bisnis Berbasis TI: Menggunakan SPSS Untuk Statistik Multivariat: Elex Media Komputindo.

Shen, J., Duan, H., Zhang, B., Wang, J., Ji, J. S., Wang, J., . . . Shi, X. (2020). Prevention and Control of COVID-19 in Public Transportation: Experience from China. Environmental Pollution, 266, 115291. doi: https://doi.org/10.1016/j.envpol.2020.115291

Supranto, J. (2001). Pengukuran Tingkat Kepuasan Pelanggan: Untuk Menaikkan Pangsa Pasar. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Surat Edaran Nomor 5 Badan Pengelola Transportasi Jabodetabek Tahun 2020 Tentang Pembatasan Pengguna Moda Transportasi untuk Mengurangi Pergerakan Orang dari dan ke Wilayah Jabodetabek Selama Masa Pandemi COVID-19.

Tirachini, A., & Cats, O. (2020). COVID-19 and Public Transportation: Current Assessment, Prospects, and Research Needs. Journal of Public Transportation, 22(1), 1. doi: https://doi.org/10.5038/2375-0901.22.1.1

Vos, J. D. (2020). The Effect of COVID-19 and Subsequent Social Distancing on Travel Behavior. Transportation Research Interdisciplinary Perspectives, 5, 100121. doi: 10.1016/j.trip.2020.100121


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Jurnal Pengembangan Kota

License URL: http://creativecommons.org/licenses/by-nc-sa/4.0