PEMBINAAN SEMI MILITER SEBAGAI UPAYA MENGATASI DEGRADASI MORAL TERHADAP ANAK DIDIK PEMASYAKATAAN

*Syahira Syahira  -  Program Studi Magister Ilmu Hukum, Fakultas Hukum, Universitas Diponegoro, Indonesia
Irma Cahyaningtyas  -  Fakultas Hukum, Universitas Diponegoro, Indonesia
Published: 29 Jan 2019.
Open Access
Citation Format:
Article Info
Section: Articles
Language: ID
Full Text:
Statistics: 244 290

Abstract

Peningkatan jumlah anak pelaku tindak pidana menjadi masalah yang cukup serius. Dampak dari perilaku criminal anak seringkali mengharuskan anak yang bersangkutan ditempatkan dalam lembaga pembinaan khusus anak (LPKA) dan berstatus sebagai anak pidana atau anak didik pemasyarakatan. Tindak pidana yang dilakukan anak disebabkan oleh adanya degradasi moral dalam diri anak. Penulisan ini menguraikan lebih dalam mengenai penyebab terjadinya degradasi moral anak yang dapat memicu anak melakukan suatu perbuatan tindak pidana. Penulisan ini juga memaparkan gagasan penulis mengenai pembinaan semimiliter terhadap anak didik pemasyarakatan. Metode dalam penulisan ini menggunakan metode penelitian yuridis normative sebagai landasan dalam pendeskripsian gagasan. Dengan adanya pembinaan semimiliter terhadap anak didik pemasyarakatan yang lebih berorientasi pada perubahan perilaku dan karakter anak untuk lebih bermoral diharapkan dapat menciptakan tercapainya tujuan pembinaan anak.

Kata Kunci : Anak Pidana ; Pembinaan ;  Moral ; Semimiliter.

Article Metrics:

  1. Arief, Barda N. (2007). Bunga Rampai Kebijakan Hukum Pidana. Jakarta: Prenada Grup.
  2. Arief, Barda N., & Muladi. (2010) . Teori-Teori & Kebijakan Pidana. Bandung: PT. Alumni.
  3. Hadisuprapto, P. (2008) . Delinkuensi Anak. Pemahamanan dan Penanggulangan. Jakarta: Bayumedia.
  4. Kartono, K. (2017). Pathologi Sosial 2 Kenakalan Remaja. Jakarta ; Raja Grafindo.
  5. Lickona, T. (2013). Mendidik Untuk Membentuk Karakter. Jakarta: Remaja Rosdakarya.
  6. Marzuqi, Peter M. (2005). Penelitian Hukum. Jakarta: Kencana Prenada Media
  7. Santoso, Topo., & Zulfa, Eva Achjani. (2014). KRIMINOLOGI. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
  8. Soetedjo, Wigati & Melani. (2013). Hukum Pidana Anak. Bandung: Refika Aditama.
  9. MacKenzie, Doris Layton., Brame, Robert., McDowall, David., & Souryal, Claire. (1995). Boot camp prisons and recidivism in eight states. Criminology, Volume 33, Issue 3, p.327.
  10. Kilgore, Deborah., & Meade, Susan. (2004). Look What Boot Camp's Done for Me : Teaching and Learning at Lakeview Academy. Journal of Correctional Education, Volume 55 Issue 2, pp.170-185.
  11. Meade, Benjamin., & Steiner, Benjamin. (2010). The Total Effects Of Boot Camps That House Juveniles: A Systematic Review Of The Evidence. University Of South Carolina, United States Volume 38 Issue 5, p.5.
  12. Gültekin, Kübra., Gültekin, Sebahattin. (2012). Is Juvenile Boot Camp Policy Effective?. International Journal Of Human Sciences, Volume: 9 Issue: 1, pp.7-10.
  13. Sofa. M. (2013) Antisipasi Degradasi Moral Di Era Global. Jurnal UIN Walisongo Vol. 7, (No.2), p.4.
  14. Cahyaningtyas, I.(2015). Pembinaan Anak Pidana Di Lembaga Pembinaan Khusus Anak Dalam Perspektif Restorative Justice. Notarius, Vol.08, (No.2), pp.5-6.
  15. Analiansyah., & Rahmatillah, Syarifah. (2015). Perlindungan Terhadap Anak Yang Berhadapan Dengan Hukum (Studi Terhadap Undang-Undang Peradilan Anak Indonesia Dan Peradilan Adat Aceh). Ar-Raniry, Vol.1, (No.1), p.10.
  16. Bottcher,Jean., & Ezell, Michael E. (2015) Examining The Effectiveness Of Boot Camps: A Randomized Experiment With A Long-Term Follow Up. Journal Of Research In Crime And Delinquency, Vol. 42, (No. 3), pp.3-6.
  17. Ningrum, D. (2015). Kemerosotan Moral Di Kalangan Remaja: Sebuah penelitian Mengenai Parenting Styles dan Pengajaran Adab. UNISIA, Vol. XXXVII No. 82, pp.24
  18. Jahroh, Windi S., & Sutarna, Nana. (2016). Pendidikan Karakter Sebagai Upaya Mengatasi Degradasi Moral. Prosiding Seminar Nasional Inovasi Pendidikan, pp.5-6.
  19. Pambudi, Agung., Sularto, RB., & Wicaksono, Budi. (2016). Pengaruh Sistem Pembinaan Di Lembaga Pemasyarakatan Sebagai Bentuk Pertanggungjawaban Pidana Dengan Peningkatan Jumlah Narapidana Residivis (Studi Lembaga Pemasyarakatan Kelas I A Semarang). Diponegoro Law Jurnal. Vol. 5, ( No 3), pp. 7-9.
  20. Cahyo, Edo D. (2017). Pendidikan Karakter Guna Menanggulangi Dekadensi Moral Yang Terjadi Pada Siswa Sekolah Dasar. EduHumaniora: Jurnal Pendidikan Dasar Vol. 9, (No.1), p 4.