BibTex Citation Data :
@article{JPHCS29312, author = {Eka Fatmasari and Ayun Sriatmi and Putri Wigati and Chriswardani Suryawati and Antono Suryoputro and Rachel Karimah}, title = {Edukasi Anak Dalam Mental Health Awareness Di Sekolah Dasar Kota Semarang}, journal = {Journal of Public Health and Community Service}, volume = {4}, number = {2}, year = {2025}, keywords = {edukasi; kesehatan mental; pengelolaan emosi}, abstract = { ABSTRAK Gangguan kesehatan mental di Kota Semarang banyak didominasi oleh anak-anak dan remaja dengan kasus tertinggi yaitu gangguan kecemasan dan depresi. Anak-anak dengan mental health yang kurang baik berisiko mengalami hambatan dalam proses pendidikan dan pembelajaran di sekolah. Tujuan dari pelaksanaan pengabdian ini adalah untuk meningkatkan pengetahuan dan kesadaran dalam mencegah dan menanggulangi masalah kesehatan mental pada anak usia sekolah dasar, khususnya di Sekolah Dasar Islam Terpadu (SDIT) Bina Insani, Semarang. Metode pengabdian dilakukan dengan sosialisasi dan edukasi kepada 107 siswa dan siswi kelas VI SDIT Bina Insani. Hasil kegiatan menunjukkan adanya peningkatan pengetahuan siswa SD Islam Terpadu Bina Insani sebesar 6,26% dan kesadaran yang baik terhadap kesehatan mental. Edukasi kesehatan mental yang diberikan mampu memberikan penguatan kepada siswa dan siswi akan pentingnya menjaga kesehatan mental. Diharapkan pihak sekolah SDIT Bina Insani dapat melakukan pendampingan dan mendukung siswa dan siswi dalam menjaga kesehatan mentalnya dengan menyisipkan materi dalam proses kegiatan pembelajaran. Kata Kunci: edukasi, kesehatan mental, dan pengelolaan emosi }, issn = {2829-4289}, pages = {94--110} doi = {10.14710/jphcs.2025.29312}, url = {https://ejournal2.undip.ac.id/index.php/jphcs/article/view/29312} }
Refworks Citation Data :
Gangguan kesehatan mental di Kota Semarang banyak didominasi oleh anak-anak dan remaja dengan kasus tertinggi yaitu gangguan kecemasan dan depresi. Anak-anak dengan mental health yang kurang baik berisiko mengalami hambatan dalam proses pendidikan dan pembelajaran di sekolah. Tujuan dari pelaksanaan pengabdian ini adalah untuk meningkatkan pengetahuan dan kesadaran dalam mencegah dan menanggulangi masalah kesehatan mental pada anak usia sekolah dasar, khususnya di Sekolah Dasar Islam Terpadu (SDIT) Bina Insani, Semarang. Metode pengabdian dilakukan dengan sosialisasi dan edukasi kepada 107 siswa dan siswi kelas VI SDIT Bina Insani. Hasil kegiatan menunjukkan adanya peningkatan pengetahuan siswa SD Islam Terpadu Bina Insani sebesar 6,26% dan kesadaran yang baik terhadap kesehatan mental. Edukasi kesehatan mental yang diberikan mampu memberikan penguatan kepada siswa dan siswi akan pentingnya menjaga kesehatan mental. Diharapkan pihak sekolah SDIT Bina Insani dapat melakukan pendampingan dan mendukung siswa dan siswi dalam menjaga kesehatan mentalnya dengan menyisipkan materi dalam proses kegiatan pembelajaran.
Kata Kunci: edukasi, kesehatan mental, dan pengelolaan emosi
Article Metrics:
Last update:
Journal of Public Health and Comunity Service by Faculty of Public Health, Universitas Diponegoro is licensed under CC BY-SA 4.0