skip to main content

Peningkatan Pengetahuan K3 pada Guru PAUD untuk Meningkatkan Keselamatan, Kesehatan dan Produktivitas Kerja

Ekawati Ekawati orcid  -  Program Studi Keselamatan dan Kesehatan Kerja, Fakultas Kesehatan Masyarakat | Universitas Diponegoro, Indonesia, Indonesia
*Ida Wahyuni  -  Program Studi Keselamatan dan Kesehatan Kerja, Fakultas Kesehatan Masyarakat | Universitas Diponegoro, Indonesia, Indonesia
Yuliani Setyaningsih  -  Program Studi Keselamatan dan Kesehatan Kerja, Fakultas Kesehatan Masyarakat | Universitas Diponegoro, Indonesia, Indonesia
Bina Kurniawan  -  Program Studi Keselamatan dan Kesehatan Kerja, Fakultas Kesehatan Masyarakat | Universitas Diponegoro, Indonesia, Indonesia

Citation Format:
Abstract
Guru Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD), berperan penting dalam pembentukan karakter dan kesehatan dasar anak sejak dini, pada proses pembangunan sumber daya manusia (SDM), yang tangguh dan berdaya saing. Dalam menjalankan tugasnya, para guru melakukan berbagai macam aktivitas, baik secara fisik maupun mental. Guru menghadapi berbagai potensi bahaya saat bekerja. Banyak guru yang belum memahami potensi bahaya tersebut. Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan guru terhadap potensi bahaya saat bekerja serta cara untuk mengendalikannya. Upaya ini dilakukan dengan metode pemberian sosialisasi serta evaluasi dengan pretes dan postes. Hasil tes menunjukkan adanya peningkatan pengetahuan meskipun masih ada peserta yang berpengetahuan buruk. Pemberian buku saku “bekerja aman dan sehat” diharapkan dapat lebih meningkatkan pengetahuan K3 bagi para guru PAUD
Fulltext View|Download
Keywords: pengetahuan K3; guru PAUD; produktivitas kerja

Article Metrics:

  1. Andersen, L.L. et al. (2016) ‘Physical workload and risk of long-term sickness absence in the general working population and among blue-collar workers: prospective cohort study with register follow-up’, Occupational and Environmental Medicine, 73(4), pp. 246–253. Available at: https://doi.org/10.1136/oemed-2015-103314
  2. Burr, H., Pedersen, J. and Hansen, J.V. (2011) ‘Work environment as predictor of long-term sickness absence: Linkage of self-reported DWECS data with the DREAM register’, Scandinavian Journal of Public Health, 39(7_suppl), pp. 147–152. Available at: https://doi.org/10.1177/1403494811401480
  3. Ekawati, E. et al. (2022) ‘Pemberian Komunikasi, Informasi dan Edukasi sebagai Upaya Peningkatan Keselamatan dan Kesehatan Kerja pada Pekerja Tahu’, Journal of Public Health and Community Service, 1(1), pp. 20–24. Available at: https://doi.org/10.14710/jphcs.2022.13921
  4. Esita, Z. and Rohmiati, R. (2016) ‘Stres dan Manajemen Stres Guru Taman Kanak-Kanak di Kota Kendari’, Jurnal RAP, 7(2). Available at: https://doi.org/https://doi.org/10.24036/rapun.v7i2.102627
  5. Marcos, A. et al. (2014) ‘Physical activity, hydration and health’, Nutricion hospitalaria, 29(6), pp. 1224–1239. Available at: https://doi.org/10.3305/nh.2014.29.6.7624
  6. Maryatun, I.B. (2016) ‘PERAN PENDIDIK PAUD DALAM MEMBANGUN KARAKTER ANAK’, Jurnal Pendidikan Anak, 5(1). Available at: https://doi.org/10.21831/jpa.v5i1.12370
  7. Nurrady et al. (2022) ‘Hubungan Kesehatan Mental Dengan Kinerja Guru PAUD di Kecamatan Tembilahan Kabupaten Indragiri Hilir’, Jurnal Pendidikan dan Konseling, 4(5). Available at: https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i5.7945
  8. Scheuch, K., Haufe, E. and Seibt, R. (2015) ‘Teachers’ Health’, Deutsches Ärzteblatt international [Preprint]. Available at: https://doi.org/10.3238/arztebl.2015.0347
  9. Sottimano, I. et al. (2018) ‘I break and bend. Posture, lifts and musculoskeletal disorders among preschool teachers’, La Medicina del lavoro, 110(5), pp. 363–374. Available at: https://doi.org/10.23749/mdl.v110i5.7299
  10. Vitrano, G. and Micheli, G.J.L. (2024) ‘Effectiveness of Occupational Safety and Health interventions: a long way to go’, Frontiers in Public Health, 12. Available at: https://doi.org/10.3389/fpubh.2024.1292692
  11. Zamzam, R. et al. (2023) ‘PENDIDIKAN, PEMBERDAYAAN GURU PAUD DALAM 2023, KESEHATAN MENTAL DI IGABA DKI JAKARTA TAHUN’, in Prosiding Seminar Nasional LPPM UMJ. Jakarta. Available at: http://jurnal.umj.ac.id/index.php/semnaskat

Last update:

No citation recorded.

Last update:

No citation recorded.