skip to main content

Re-Deskripsi Teripang Stichopus hermanii Dari Kepulauan Karimunjawa Melalui Analisa Morfologi, Anatomi Dan Spikula (Ossicles)

Received: 27 May 2016; Published: 27 May 2016.
Open Access Copyright (c) 2016 Jurnal Kelautan Tropis

Citation Format:
Abstract

Holothuroidea atau yang lebih dikenal dengan sebutan teripang laut atau timun laut merupakan salah satu kelas dari Echinodermata. Penampakan morfologi teripang yang hampir mirip satu dengan yang lain mengakibatkan sering terjadi kekeliruan. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji lebih jauh tentang identifikasi Stichopus hermanii berdasarkan morfologi, anatomi serta bentuk dan komposisi spikula yang terdapat pada teripang Stichopus hermanii. Hasil pengamatan morfologi berdasarkan bentuk, corak dan warna serta tipe spikula menunjukkan bahwa Stichopus hermanii berwarna teripang berukuran besar dengan panjang mencapai 50 cm. Teripang ini berwarna kuning-kecoklatan dan pada papila kecil terdapat bercak keabu-abuan di seluruh permukaan tubuh dan bagian dorsal yang berbuku-buku. Bentuk dan komposisi spikula didominasi oleh bentuk roset dan meja dengan bentuk kaki empat.

Kata kunci : teripang, Stichopus hermanii, re-deskripsi, morfologi, anatomi, spikula (ossicle)


Holothuroidea well-known as sea cucumbers is one class of Echinoderm. Morphology of sea cucumbers are almost similar to each other resulting in frequent error of identification. This study aims to re-describe of Stichopus hermanii based its on morphology, anatomy and the form and composition of the spicules. Results of morphological description based on shape, pattern and color as well as the type of spicules shows that Stichopus hermanii has yelow brownish color. The shape and composition of the spicules is dominated by a rosette shape and a table with four legs form.

Keywords : teripang, Stichopus hermanii, re-description, morphology, anatomy, spicule (ossicle)

Fulltext View|Download

Article Metrics:

Last update:

No citation recorded.

Last update:

No citation recorded.