skip to main content

PENGEMBANGAN WISATA KOPI DI DESA PULOSARI KABUPATEN PEMALANG MELALUI TEKNOLOGI ROASTING KOPI DI UKM TUGU JUANG MAS

*Nuryanto Nuryanto  -  Program Studi S-1 Ilmu Gizi, Fakultas Kedokteran, Universitas Diponegoro, Indonesia
Abdul Syakur  -  Program Studi S-1 Teknik Elektro, Fakultas Teknik, Universitas Diponegoro, Indonesia
R. TD. Wisnu Broto  -  Program Studi S-Tr Teknologi Rekayasa Kimia Industri, Sekolah Vokasi, Universitas Diponegoro, Indonesia
Open Access Copyright 2021 Inisiatif: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat

Citation Format:
Abstract

Penerapan Teknologi Tepat Guna untuk olahan kopi di Desa Pulosari Kecamatan Pulosari bagi UKM yang bergerak dibidang penanaman dan pengolahan kopi adalah salah satu upaya yang dilakukan untuk meningkatkan nilai tambah dan nilai jual kopi yang potensial di Desa Pulosari. Hal ini tentunya juga dapat meningkatkan ekonomi masyarakat di masa pandemi Covid-19 seperti sekarang. Tujuan dari kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini adalah untuk meningkatkan produktivitas masyarakat dengan mengimplementasikan ilmu-ilmu saintek dan sosial yang mudah dipahami bagi masyarakat. Penerapan mesin Roasting Kopi ini diharapkan dapat meningkatkan produktivitas dari UKM Tugu Juang Mas dan dapat memperluas pangsa pasar. 

Kata kunci — Mesin Roasting Kopi, Pulosari, Teknologi Tepat Guna.

Fulltext View|Download
  1. I. K. Sari, “Potensi Kopi Indonesia,” 2020. https://thecolumnist.id/artikel/potensi-kopi-indonesia-1369 (accessed Mar. 01, 2021)
  2. Direktorat Jenderal Perkebunan, “Produksi Kopi di Indonesia Tahun 2019,” 2019. http://ditjenbun.pertanian.go.id/ (accessed Mar. 01, 2021)
  3. Asosiasi Eksportir dan Industri Kopi Indonesia, “Produksi Kopi di Indonesia,” 2018. http://www.aeki-aice.org/ (accessed Mar. 01, 2021)
  4. Dinas Pertanian Kabupaten Pemalang, “PULOSARI ORA PAPA (ORA KURANG PANGGONANENG PANGAN),” 2017
  5. S. Hariyanto, D. Yuniawan, and A. F. P. Putra, “IMPLEMENTASI MESIN SANGRAI KOPI PADA UKM KOPI BUBUK ‘BIAS KAHYANGAN’ DI DESA ARJOWINANGUN–KOTA MALANG,” Abdimas J. Pengabdi. Masy. Univ. Merdeka Malang, vol. 4, no. 1, pp. 1–6, 2019

Last update:

No citation recorded.

Last update:

No citation recorded.