IPTEKS BAGI MASYARAKAT KELOMPOK TANI TERNAK SAPI

Cahya Setya Utama, Bambang Sulistiyanto

Abstract


Target khusus yang diharapkan dari kegiatan ipteks bagi masyarakat kelompok tani ternak sapi adalah terbentuknya desa mandiri pakan ternak, mandiri energi dan meningkatkan kesejahteraan petani. Metode yang digunakan dalam kegiatan ini yaitu participatory action research dimana masyarakat dan tim pelaksana secara bersama-sama dilibatkan dalam penentuan jenis kegiatan dan pelaksanaan kegiatan di lapangan. Kegiatan yang dilaksanakan yaitu penyuluhan, pelatihan dan pendampingan oleh dosen dan tim pendamping untuk meningkatkan kemampuan peternak dalam penanganan dan teknik penyajian pakan serta pengelolaan limbah pertanian yang berbasis pada konservasi. Evaluasi dilakukan secara bertahap dengan memperhatikan capaian indikator keberhasilan pada setiap tahapan. Hasil dari kegiatan ini berupa terbangunnya instalasi biogas skala 4 kubik lengkap dengan kompor biogas dan lampu biogas, mesin pencacah rumput (copper) dan uji coba konsentrat sapi sebanyak 1 ton yang berasal dari binaan Fakultas Peternakan dan Pertanian Undip. Pelatihan pengolahan limbah peternakan dan pertanian telah dilaksanakan dengan peserta berjumlah 50 orang yang terdiri dari warga desa Kuwukan, kelompok tani dan perwakilan dari kelompok tani se kecamatan Dawe Kudus. Materi yang disampaikan meliputi pengolahan jerami amoniasi fermentasi, pengolahan pupuk kompos dan pupuk cair dan pengolahan pakan sapi. Pendampingan dilakukan selama kurang lebih 3 bulan dalam hal pembuatan pakan sapi, pengelolaan biogas dan pengolahan limbah peternakan menjadi kompos dan pupuk cair. Hasil dari pengamatan yang dilakukan selama proses pendampingan adalah petani/peternak yang mendeseminasikan kegiatan tersebut hanya berkisar 10% dari total peserta yang mengikuti pelatihan. Kesimpulan kegiatan adalah program ipteks bagi masyarakat sangat membantu masyarakat pada umumnya dan mengatasi permasalahan yang ada dilapangan.

Keywords


Sapi; manajemen; pakan; ekonomis; kesejahteraan meningkat

Full Text: PDF

References


Badan Pusat Statistik (BPS). 2012. Badan Pusat Statistik Kabupaten Kudus dalam Angka 2012. Badan Pusat Statistik, Kudus.

Birah Paul, Brian Clegg, 1996. Business Creativity. PT Gramedia Pustaka Utama Jakarta

Samadi. 2004. “feed quality for food safety”, Kapankah di Indonesia. INOVASI. ssamadi@gwdg.de. (03 Maret 2007).

Utama, CS, B. Sulistiyanto, S. Sumarsih. 2013. IPTEKS Bagi Kelompok Tani Ternak Kambing Sedayu Desa Margorejo Kabupaten Kudus. Majalah INFO Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UNDIP. 15(3): 81-102.

Utama, CS, B. Sulistiyanto, S. Sumarsih. 2014. Iptek Bagi Masyarakat Kelompok Tani Ternak Kerbau. Jurnal Litbang Provinsi Jawa Tengah 12(2):141-146.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.