IBM KECAMATAN UNGARAN BARAT, KABUPATEN UNGARAN MELALUI PENGKAYAAN MADU DALAM PAKAN UNTUK MENGHASILKAN BENIH MONOSEK DALAM UPAYA PENINGKATAN PRODUKSI DAN PENDAPATAN PEMBENIH NILA LARASATI

Tristiana Yuniarti, Fajar Basuki

Abstract


Mitra merupakan dua kelompok pembudidaya ikan dari Kelompok Budidaya Ikan (Pokdakan) Mina Makmur Abadi dan Pokdakan Siwarak Mina Sejahtera yang masing-masing berkedudukan di Dusun Blanten, DesaNyatnyono, Kecamatan Ungaran Barat, Kabupaten Semarang. Kebutuhan benih ikan nila yang tinggi dan terus bertambah dari tahun ke tahun tentunya harus diimbangi dengan ketersdiaan benih yang unggul dan bermutu. Potensi yang dimiliki oleh kedua mitra sangat besar khususnya untuk usaha pembenihan ikan nila, terutama lahan yang sangat layak untuk budidaya serta kualitas dan kuantitas air yang tersedia. Akan tetapi potensi ini belum dapat dimanfaatkan secara optimal dikarenakan pengetahuan dan teknologi penyediaan benih yang dimiliki masih rendah.Salah satu teknologi yang dapat aplikasikan adalah dengan pembuatan benih monosek dengan penambahan madu dalam pakan pertumbuhannya yang cepat serta harga yang lebih tinggi dari benih campuran. Hasil Ipteks bagi Masyarakat kepada Kelompok Pembudidaya Ikan Siwarak Mina Sejahtera dan Pokdakan Mina Makmur Abadi yaitu bertambahnya pengetahuan tentang produksi benih ikan nila monosek sehingga produksi benih meningkat. Pada pemijahan tahap I di Kelompok Pembudidaya Ikan Siwarak Mina Sejahtera telah dapat memproduksi benih nila monosek sebanyak 45.000 ekor benih dan di Pokdakan Mina Makmur Abadi sebanyak 30.000 ekor benih ukuran ± 5 cm. Tahapan pemijahan/siklus ini berlangsung selama 2-2,5 bulan, sehingga dalam 1 tahun produksi benih dapat berlangsung 5-6 siklus. Harga rata-rata benih ukuran 5 cm Rp. 100,00 sehingga dalam 2 bulan mendapatkan penerimaan Rp.3.000.000- Rp.4.500.000.

Keywords


madu; pakan; sex reversal; nila larasati

Full Text: PDF

References


Anonimous, 2013. Kabupaten Semarang Dalam Angka.

Ariyanto, D. 2010. Diferensiasi Kelamin Tiga Genotipe Ikan Nila yang Diberi Bahan Aromatase Inhibitor. Jurmal Ris. Akuakultur Vol. 5 No. 2: 165-174.

Husen.M. 2008. Pacu Pertumbuhan dengan yang jantan. Agrina, No. 86, Vol.4, hal. 20.

KKP. 2011. Statistik Menaker Target Ikan Air Tawar Tahun 2011. http://www.bjpb.kkp.go.id/berita.php?id=847 (28 April 2015).

Wurnaninggar, I, F. Basuki, T. Yuniarti, 2016. Efektivitas Madu Terhadap Sex Reversal Ikan Nila (Oreochromis niloticus) dengan Metode Perendaman. Prosiding Seminar Nasional Hasil-Hasil Perikanan dan Kelautan, FPIK, UNDIP.

Zairin, M. 2002. Sex Reversal Memproduksi Benih Ikan Jantan dan Betina. Penerbit Swadaya. Bogor.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.