IbM KELOMPOK PEMBENIHAN LELE DI KECAMATAN SAWIT, KABUPATEN BOYOLALI

R. W. Ariyati R. W. Ariyati, D. Chilmawati D. Chilmawati, Sarjito Sarjito

Abstract


ABSTRAK

Mitra,UPR Mina Mulya dan Mina Lestari, merupakan dua kelompok pembenih lele yang berlokasi di desa Tegal Rejo Kecamatan Sawit dan desa Doplang di kecamatan Teras, Kabupaten Boyolali. Kelompok pembenih Mina Mulya beranggotakan 12 unit usaha Pembenihan Rakyat (UPR) ikan lele, sedangkan Kelompok Mina Lestari beranggotakan 9 usaha Pembenihan Rakyat (UPR) ikan lele. Kedua kelompok mitra ini terbentuk di pertengahan tahun 2011, sebagai dampak adanya pengembangan Kawasan “Agrominapolitan” di Desa Tegal Rejo, Kecamatan Sawit, Boyolali seluas kurang lebih 10 ha pada tahun 2010. Pada kawasan tersebut terdapat 900 kolam untuk budidaya pembesaran lele. Oleh karena itu, usaha pembenihan lele yang bergabung dalam kedua mitra tersebut memegang peranan sangat penting sebagai penopang keberhasilan Kawasan Minapolitan tersebut.

Kedua mitra telah memahami teknik pemijahan induk lele sesuai dengan CBIB. Hal ini terlihat dari peningkatan produksi benih lele secara kuantitas dan kualitas. Kuantitas produksi dibuktikan dengan tingkat penetasan telur hasil pemijahan yang mencapai lebih dari 90 % dan tingkat kelulushidupan benih lele yang mencapai lebih dari 85 %. Secara kualitas, bibit yang dihasilkan mempunyai ukuran yang seragam, lebih aktif sehingga laju pertumbuhan benih meningkat.

Hasil yang telah dicapai tersebut diharapkan terus terjaga dengan melaksanakan aturan dalam CBIB secara disiplin dan terus menerus. Tim pelaksana kegiatan akan terus melaksanakan pendampingan hingga mitra dinilai mampu memproduksi hasil kegiatan pembenihan lele secara stabil dan kontinyu.


Keywords


pembenihan, lele.

Full Text: PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.