skip to main content

Evaluasi Waktu Tunggu Pelayanan Resep Obat Racikan dan Non-Racikan di Rumah Sakit X Kota Surakarta Mengacu Pada Standar Pelayanan Minimal Rumah Sakit

*Avianti Eka Dewi Aditya Purwaningsih  -  Fakultas Farmasi, Universitas Setia Budi, Jalan Letjen Sutoyo Mojosongo, Jebres, Surakarta, Indonesia
Farrohatul Untsa  -  Universitas Setia Budi, Indonesia
Riana Widyaningrum  -  Universitas Setia Budi, Indonesia
Received: 5 Jan 2025; Revised: 7 Jan 2025; Accepted: 5 May 2025; Available online: 15 Jul 2025; Published: 15 Jul 2025.
Open Access Copyright 2025 Generics: Journal of Research in Pharmacy

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Citation Format:
Abstract

Standar Pelayanan Minimal Rumah Sakit dalam pelayanan kefarmasian diklasifikasikan berdasarkan sejumlah kriteria, satu diantaranya adalah durasi waktu tunggu resep. Rumah Sakit X di Kota Surakarta, yang merupakan fasilitas kesehatan pemerintah Tipe C sekaligus pusat rujukan, mengalami lonjakan pasien di setiap polikliniknya. Kondisi ini menyebabkan tingginya jumlah resep yang diterima oleh unit farmasi rawat jalan, sehingga kerap terjadi keterlambatan yang menyulitkan pasien. Penelitian ini ditujukan guna mengetahui kesesuaian waktu tunggu pelayanan resep obat racikan dan non racikan pasien rawat jalan di Rumah Sakit X Kota Surakarta berdasarkan Standar Pelayanan Minimal (SPM) Kementerian Kesehatan RI. Berdasarkan temuan penelitian kesesuaian waktu tunggu pada resep non racikan dan racikan di Rumah Sakit X Kota Surakarta sudah mengacu pada standar pelayanan minimal pelayanan rumah sakit. Keseluruhan jumlah resep  nonracikan dan racikan di Rumah Sakit X Kota Surakarta yang merujuk kepada standar pelayanan minimal pelayanan rumah sakit berjumlah 199 resep (95,7%) dan hanya 9 resep (4,3%) yang tidak mengacu pada waktu tunggu berdasarkan standar pelayanan minimal pelayanan rumah sakit. Dengan demikian, maka dapat ditarik simpulan bahwasanya sebagian besar waktu tunggu pelayanan resep obat racikan dan nonracikan di Rumah Sakit X Kota Surakarta sudah sesuai dengan Standar Pelayanan Minimal Rumah Sakit.

Fulltext View|Download
Keywords: Waktu Tunggu: Pelayanan; Resep; Racikan; Non Racikan

Article Metrics:

  1. Alodan, A. et al. (2020) ‘Studying the Efficiency of Waiting Time in Outpatient Pharmacy.’, MethodsX, 7, p. 100913. Available at: https://doi.org/10.1016/j.mex.2020.100913
  2. Amalia, T. and Ramadhan, D.K. (2021) ‘Evaluasi Waktu Tunggu Pelayanan Resep Rawat Jalan Berdasarkan PMK Nomor 129 Tahun 2008 Di Rumah Sakit X’, Prosiding Seminar Nasional UNIMUS, 4, pp. 759–767. Available at: https://prosiding.unimus.ac.id/index.php/semnas/article/viewFile/848/857
  3. Amaliany, A., Hidana, R. and Maryati, H. (2018) ‘GAMBARAN WAKTU TUNGGU PELAYANAN OBAT INSTALASI FARMASI RAWAT JALAN RUMAH SAKIT UMUM DAERAH KOTA BOGOR TAHUN 2018’, PROMOTOR, 1(1). Available at: https://doi.org/10.32832/pro.v1i1.1421
  4. Apriani, L. et al. (2023) ‘Waktu Tunggu Pelayanan Resep pada Pasien Rawat Jalan di Klinik Pratama Rawat Inap FA-MITRA Warukulon’, PHARMADEMICA : Jurnal Kefarmasian dan Gizi, 2(2), pp. 56–64. Available at: https://doi.org/10.54445/pharmademica.v2i2.26
  5. Arini, H.D., Y, A.N. and Suwastini, A. (2020) ‘Waktu Tunggu Pelayanan Resep Di Depo Farmasi RS X’, Lombok Journal of Science (LJS), 2(2), pp. 40–46. Available at: https://e-journal.unizar.ac.id/index.php/mathscience/article/view/271
  6. Gunardi, A.D. (2015). Penerapan FMEA untuk Mendeteksi Prescription Error pada Resep Poli Jantung di Instalasi Rawat Jalan RSUP Fatmawati. Skripsi, UIN Syarif Hidayatullah, Jakarta
  7. Maulana, A. (2022). Rumah Sakit sebagai Learning Organizatio Dinamika & Aplikasi. Yogyakarta: Stilleto Book. 47
  8. Mahomedradja, R.F. et al. (2023) ‘Factors influencing in‐hospital prescribing errors: A systematic review’, British Journal of Clinical Pharmacology, 89(6), pp. 1724–1735. Available at: https://doi.org/10.1111/bcp.15694
  9. Menkes RI (2008) ‘Menteri Kesehatan Republik Indonesia Nomor: 129/Menkes/SK/II/2008 tentang Standar Pelayanan Minimal Rumah Sakit’. Jakarta: Kementerian Kesehatan Republik Indonesia
  10. Menkes RI (2014) ‘Peraturan Menteri Kesehatan Republik Indonesia Nomor 58 Tahun 2014 tentang Standar Pelayanan Kefarmasian di Rumah Sakit’. Jakarta: Kementerian Kesehatan Republik Indonesia
  11. Menkes RI (2016) ‘Peraturan Menteri Kesehatan Republik IndonesiaNomo 72 Tahun 2016 tentang Standar Pelayanan Kefarmasian di Rumah Sakit’. Jakarta: Kementerian Kesehatan Republik Indonesia, p. 2016
  12. Menkes RI (2019) ‘Peraturan Menteri Kesehatan Republik Indonesia Nomor 4 Tahun 2019 tentang StandarTeknis Pemenuhan Mutu Pelayanan Dasar Pada Standar Pelayanan Minimal Bidang Kesehatan’. Jakarta: Kementerian Kesehatan Republik Indonesia
  13. Miftahudin (2019) ‘Jalan Di Instalasi Farmasi Rumah Sakit Umum Universitas Kristen Indonesia Jakarta Tahun 2016’, Informatika Kedokteran : Jurnal Ilmiah, 2(1), pp. 16–26. Available at: https://www.ejournal.gunadarma.ac.id/index.php/medif/article/view/2293
  14. Najib, S.Z., Yanti, J.H. and Rohmah, A. (2024) ‘Evaluasi Waktu Tunggu Pelayanan Resep Rawat Jalan Di Rumah Sakit’, Jurnal Riset Kesehatan Poltekkes Depkes Bandung, 16(1), pp. 252–257. Available at: https://doi.org/10.34011/juriskesbdg.v16i1.2513
  15. Puspita, M.M. and Ulfa, A.M. (2018) ‘Waktu Tunggu Pelayanan Resep Bpjs Rawat Jalan Di Instalasi Farmasi Rsia Anugrah Medical Center Metro’, Jurnal Farmasi …, 1(2), pp. 88–95. Available at: https://ejurnalmalahayati.ac.id/index.php/farmasi/article/view/1241
  16. Okpri Meila, Jenny Pontoan &Didi Nurhadi Illian (2020). Evaluasi Waktu Tunggu Pelayanan Obat di Instalasi Farmasi Rawat Jalan RS X. Sainstech Farma Vol 13 No.1
  17. Sabrina, A. et al. (2024) ‘Evaluasi Kesesuaian Waktu Tunggu Pelayanan Resep Di Instalasi Farmasi Rawat Jalan Rumah Sakit Umum Kabupaten Tangerang November 2022’, Jurnal Riset Kefarmasian Indonesia, 6(1), pp. 142–150. Available at: https://doi.org/10.33759/jrki.v6i1.482
  18. Sagita, V.A., Sukmadryani, Y. and Sanjaya, S. (2024) ‘Kajian Artikel: Evaluasi Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Waktu Tunggu Pelayanan Resep Rawat Jalan Rumah Sakit di Indonesia Tahun 2023’, Barongko: Jurnal Ilmu Kesehatan, 2(3), pp. 498–509. Available at: https://doi.org/10.59585/bajik.v2i3.438
  19. Sarah Zielda Najib, Jamila Hamidi Yanti & Anisatur Rohmah (2024). Waiting Time Evaluation of Outpatient Prescription Services at Pharmacy Installation. Jurnal Riset Kesehatan Poltekkes Depkes Bandung Vol 16 No 1. https://doi.org/10.34011/juriskesbdg.v16i1.2513
  20. Shulihah, S. (2024) ‘Waktu Tunggu Pelayanan Resep di Depo Farmasi Rawat Jalan Rumah Sakit Umum Kota Bogor’, PubHealth Jurnal Kesehatan Masyarakat, 3(1), pp. 26–32. Available at: https://doi.org/10.56211/pubhealth.v3i1.573

Last update:

No citation recorded.

Last update:

No citation recorded.