skip to main content

KAJIAN PENGUKURAN UNTUK PENGARSIPAN DESAIN KAPAL KAYU TRADISIONAL DI BATANG JAWA TENGAH

1Departemen Teknik Geodesi Fakultas Teknik Universitas Diponegoro, Indonesia

2Departemen Teknik Perkapalan-Fakultas Teknik, Universitas Diponegoro, Indonesia

3Departemen Teknik Geologi-Fakultas Teknik, Universitas Diponegoro, Indonesia

Received: 23 Nov 2018; Published: 23 Nov 2018.

Citation Format:
Abstract
Kabupaten Batang merupakan salah satu kabupaten yang memiliki produksi kapal yang cukup tinggi. Kapal terbuat dari kayu dengan ukuran kurang dari 30 GT (Gross Tonnage). Pembangunan kapal kayu di kabupaten Batang dilakukan oleh masyarakat sekitar. Pembangunan kapal belum memiliki basic desian sebagai acuan pembuatan kapal. Acuan dalam pelaksanaan pembangunan kapal berdasarkan pengalaman yang dimiliki secara turun-temurun. Metode yang digunakan meliputi pengukuran kapal dan pengenalan software sebagai alat bantu untuk menggambar. Hasil yang dicapai pada pelaksanaan Pengabdian masyarakat ini adalah meningkatnya pengetahuan tentang design kapal yang akan mendukung produktifitas kapal. Galangan kapal tradisional juga dapat mengikuti kemajuan teknologi modern dalam mendesain kapal.
Fulltext View|Download

Article Metrics:

  1. BKI, 1996. Buku Peraturan Klasifikasi dan Konstruksi Kapal Kayu. In Badan Klasifikasi Indonesia. Jakarta
  2. FAO, 2006. The State of World Fisheries and Aquaculture, Rome, Italy: Viale delle Terme di Caracalla
  3. ILO, 2006. The Maritime Labour Convention - International Labour Conference, Geneva, Switzerland
  4. IMO, 2014. Implications of the United Nations Convention on the Law of the Sea for the International Maritime Organization, London, United Kingdom
  5. Keputusan Presiden, 1980. Koferensi Internasional tentang Keselamatan Jiwa di Laut 1974, Indonesia
  6. Keputusan Presiden, 1986. Pengesahan International Convention For The Prevention Of Pollution From Ships, 1973, Beserta Protokol, Jakarta, Indonesia
  7. MARPOL, 1973. International Convention for the Prevention of Pollution from Ships, London, UK
  8. Rawson, K.J. & Tupper, E.C., 2001. Basic Ship Theory- Volume 1, Oxford, Inggris: Butterworth-Heinemann
  9. SOLAS, 1974. International Convention for the Safety of Life At SEA, London, UK
  10. Suwardjo, D. et al., 2010. Keselamatan Kapal Penangkap Ikan, Tinjauan Dari Aspek Regulasi Nasional dan Internasional. Jurnal Teknologi dan Perikanan, 1(1), pp.1–13
  11. Wahyono, A., 2011. Kapal Perikanan (Membangun Kapal Kayu), Semarang: Balai Besar Pengembangan Penangkapan IKan

Last update:

No citation recorded.

Last update:

No citation recorded.