Submissions

Registration and login are required to submit items online and to check the status of current submissions.

Already have a Username/Password for Diponegoro Private Law Review?

Go to Login

Need a Username/Password?

Go to Registration

Author Guidelines

PANDUAN PENULISAN DAN PENGIRIMAN ARTIKEL JURNAL

 

“DIPONEGORO PRIVATE LAW REVIEW “

Panduan ini memuat sistematika, unsur-unsurartikeldanpenjelasannyasertapetunjuk pembuatan kutipan/rujukan dalam teks serta daftar pustaka yang digunakandalamjurnalDiponegoro Private Law Review. Artikel yangmasuk di jurnalinidapat berupa hasil penelitianmaupungagasan konseptual yang orisinil dan belum pernah dipublikasikan di media lain.Sistematikapenulisan :

  1. 1.     Artikel hasil penelitian meliputi:

A. Pendahuluan, terdiridari

1.Latar Belakang (permasalahanadadidalamnya)

2.Metode Penelitian

3.Kerangka Teori

B. Hasil dan Pembahasan

C. Simpulan

Daftar Pustaka.

  1. 2.     Artikel berupa gagasan konseptual lebih singkatkarena hanya mencakup:

A. Pendahuluan (permasalahandiletakkan di bagianakhirpendahuluan)

B. Pembahasan dengan sub-sub judul pembahasan sesuai kebutuhan

C. Simpulan

Daftar Pustaka.

 

 

 

JUDUL : SINGKAT, JELAS

MENUNJUKKAN MASALAH YANG DIKEMUKAKAN,

HURUF KAPITAL, CENTER, 16 pt, BOLD

Penulis 1, Penulis 2*) (12pt Bold)

Instansi, Alamat Instansi

AlamatEmail Penulis

 

Abstrak (12pt Bold)

Abstrak hendaknya memuat diskripsi singkat dari keseluruhan artikel, yang terdiri dari latar belakang kajian; legal issue; tujuan kajian; metode penelitian dan atau metode pendekatan yang digunakan dalam kajian; serta hasil kajianatau simpulan. Tulisan abstrak dicetak miring (italic)dan jenis huruf Times New Roman. Jarak antar baris 1(satu) spasi, dan maksimal keseluruhan 75kata. Abstrak dibuat hanya satu alinea dengan satu kolom dalamversiin englishdan in indonesia.

Kata kunci : kata kunci dicetak miring, maksimal memuat 5 kata utama.


 

  1. 1.     Unsur-Unsur Artikel dan Penjelasannya

 

1.1.     Pendahuluan

“Pendahuluan” pada dasarnya dimaksudkan untuk menyampaikan informasi tentang pentingnya dilakukan suatukajian. Dalam artikel hasil penelitian, bab Pendahuluan ini memuat latar  belakang atau urgensitas kajian, pernyataan kebaruan ilmiah dari kajian yang diperkuat dengan kajian literatur terdahulu dari beberapa peneliti dan atau penulis lain.

 

Selain itu, permasalahan hukum atau legal issu terkait dengan konteks kajian. Permasalahan hukum juga merupakan unsur utama dalam pendahuluan. Kemudian diikuti dengan metode penelitian yang digunakan dalam kajian beserta kerangka teorinya. Untuk artikel berupa gagasan konseptual harus berisi pendahuluan dimana pada bagi n akhir memuat permasalahan hukum yang akan dikaji dalam artikel tersebut.

 

1.2.   MetodePenelitian

Artikel hasil penelitian, harus dilengkapi dengan metodepenelitian yang digunakandalamkajian, dengan cakupan antara lain metode pendekatan; spesifikasi penelitian,jenis dan metode pengambilan data, hingga metode analisis data. Sedangkan artikel gagasan konseptual lebih sering dimuat dalam bagian akhir dari “Pendahuluan”, dalam bentuk metode pendekatan kajian.

 

1.3.   Hasil dan atau Pembahasan

“Hasil dan Pembahasan” digunakan pada artikel hasil penelitian yang memuat hasil-hasil atau temuan penelitian (scientific finding) yang diikuti dengan pembahasannya secara ilmiah. Uraian hasil penelitian bersifat deskriptif, sementara pembahasannya bersifat analitis dan kritis. Terkait dengan uraianpembahasan, disesuaikan dengan urutan permasalahan yang diangkat dalam kajian. Sedangkan pada artikel gagasan konseptualhanya menggunakan istilah pembahasan dengan sub-sub uraian sesuai kebutuhan.

1.4.   Simpulan

Bab “Simpulan” dalam jurnal ini pada dasarnya memuat inti sari atau kesimpulan yang sekaligus merupakan jawaban atas permasalahan yang adadalamkajian. Oleh karenanya, penyusunannya disesuaikan dengan permasalahan yang diangkat atau tujuan yang ditetapkan. Simpulan juga berfungsi mengujitercapai atau tidak tujuan penelitian/kajian.

 

1.5.   Daftar Pustaka

“Daftar Pustaka” memuat semua referensi yang digunakan dalam teks artikel. Referensi utama artikel hendaknya berupa jurnal ilmiah yang diterbitkan maksimaldalam10 (sepuluh) tahun terakhirdengan komposisi 80% dari keseluruhan daftar pustakaberupajurnalnasional/internasional. Adapun sisanya dapat menggunakan jenis sumber referensi berupa buku dan lainnya. Setiap artikel minimal harusberisi 10 (sepuluh) referensi. Hanyareferensi yang digunakansebagaikutipan yang bolehditulisdalamdaftarpustaka.

 

  1. 2.     Petunjuk Penulisan Artikel

Petunjuk penulisan naskah artikel memuat penjelasan umum terkait dengan teknik penulisan, dari mulai bagian awal naskah berupa judul, hingga bagian akhir, yaitu Daftar Pustaka. Naskah ditulis dalam bahasa Indonesia. Untuk artikel hasil penelitian maksimum 20 halaman, sedangkan artikel gagasan konseptual maksimal 15 halaman termasuk gambar dan tabel. Jenis huruf Times New Roman ukuran font 12 pt dengan 2 spasi.

 

Naskah harus ditulis sesuai template artikel ini dalam bentuk siap cetak. Artikel harus ditulis dengan ukuran bidang tulisan A4 (210 x 297 mm) dan dengan format margin kiri 25 mm, margin kanan 20 mm, margin  bawah 20 mm, dan margin atas 30 mm. Paragraf baru dimulai 10 mm dari batas kiri, sedangkan antar paragraf tidak diberi spasi antara. Semua bilangan ditulis dengan angka arab, kecuali pada awal kalimat.

 

Dalam penulisan karya ilmiah, terdapat beberapa metode atau gaya (style) yang dapat dipilih dan dianutuntukpenulisan sumber kutipan dan penulisan daftar pustaka JurnalDiponegoro Private Law Reviewmenganut standar Institute of Electrical Engineers (IEEE) atau lebih dikenal dengan IEEE styleuntuk penulisan sumber kutipan dan American Psychological Association (APA) untuk penulisan daftar pustaka.

2.1.     Juduldan Sub Judul

Judul naskah dirumuskan secara singkat, jelas serta menunjukkan masalah yang hendak dikemukakan. Penulisan “Judul” menggunakan huruf kapital, dibuat secara rata tengah (center), dengan ukuran huruf 18 pt, dan ditebalkan. Jarak antara judul dengan nama penulis, ialah 2 (dua) spasi.

 

Penulisan sub judul artikel, diberi nomor urut format angka Arab berurut dimulai dari angka satu. Sub judul ditulis dengan huruf tebal, disusun rata kiri tanpa garis bawah. Sub-sub judul juga ditulis dengan huruf tebal, disusun rata kiri dan menggunakan format penomoran level dua.

 

2.2.     Nama dan Alamat Penulis

Nama penulis ditulis dibawah judul naskah, tanpa gelar akademis, disertai persis dibawahnya ialah : alamat afiliasi, alamat, kota, kode pos, dan negara. Nama penulis ditulis rata tengah dan jarak antara alamat afiliasi penulis dengan judul abstrak adalah 1 spasi.

 

Jumlah penulis, dapat lebih dari satu orang. Dalam hal demikian, maka nama-nama penulis ditulis berjajar, dipisahkan oleh koma (,). Selain itu, jikaadapenulis penanggungjawab atau  penulis korespondensi atau corresponding author harus diberi tanda khusus “*)”.  Pemberian tanda ini dimaksudkan untuk memastikan komunikasi terkait dengan artikel, diterima oleh personil yang tepat. Nomor kontak dan alamat email corresponding authorditulis di bagian bawah, rata kiri, pada halaman pertama artikel.

Terkait dengan penulisan nama, jika nama penulis terdiri dari dua kata, maka kata pertama penulis (first name) sebaiknya tidak disingkat. Jika nama penulis hanya terdiri dari satu kata, maka dalam versi online (HTML) akan dituliskan dalam dua kata yang berisi nama yang sama (berulang) untuk keperluan indeksasi metadata (Camdali & Tunc, 2006; Fridman, 2008).


 

2.3.     Penulisan Abstrak

Tulisan abstrak dicetak miring (italic), dengan jenis huruf Times New Roman serta jarak antar baris 1 (satu) spasi, dan maksimal keseluruhan 75 kata. Abstrak dibuat  hanya satu alinea dengan satu kolom dan dibuat dalam bahasa inggris dan di bawahnya abstrak dalam bahasa Indonesia. Kata kunci harus dituliskan di bawah teks abstrak dan dipisahkan oleh tanda komadengan jumlah 3-5 kata.

 

2.4.     Penulisan Kutipan dan Sumber Rujukan dalam Naskah atau Sitasi Setiap mengambil data atau mengutip pernyataan dari pustaka lain, maka penulis wajib menuliskan sumber rujukannya. Semua yang dirujuk di dalam teks harus dimuat dalam Daftar Pustaka, demikian juga sebaliknya, semua yang dituliskan di Daftar Pustaka harus terdapat rujukannya dalam teks.

Dalam penulisan karya ilmiah, terdapat beberapa metode atau gaya (style) yang dapat dipilih dan dianutuntuk penulisan sumber kutipan dan penulisan daftar pustaka.

 

JurnalDiponegoro Private Law Review menganut gaya Institute of Electrical Engineers (IEEE) atau lebih dikenal dengan IEEE style untuk penulisan  sumber kutipan dan  American Psychological Association (APA) untuk penulisan daftar pustaka. Selama ini teknis pengutipan mengenal dua jenis kutipanya itu kutipan langsung dan tidak langsung.

 

Kutipan langsung ditulis satu spasi dan terpisah dari kalimat sebelumnya, atau dimasukkan dalam  kalimat dengan tanda baca “......”. Sedangkan kutipan tidak langsung ditulis menyatu dengan uraiannya. Kutipan itu selanjutnya dibuatkannomordanditulissebagaicatatan kaki (footnotes). Catatan kakiadalah keterangan tambahan yang terletak di bagian bawah halaman dan dipisahkan dari teks karya ilmiah oleh sebuah garis sepanjang dua puluh ketukan (dua puluh karakter).

Catatan kaki/footnotes sebaiknya tidak melebihi sepertiga halaman. Sekiranya halaman tidak memungkinkan, sebagian dari catatan kaki dapat diletakkan di halaman berikutnya.

Beberapacontoh penulisan catatan kaki (footnotes) :

2.4.1.     Penulis 1 orang

Format penulisannyaadalah:[##] Pengarang(s), Judul Buku, Edisi (jika ada), vol. (jikaada). Tempat Publikasi: Penerbit, Tahun terbit, hlm.

Contoh :

[1] Muladi, LembagaPidanaBersyarat, Bandung: Alumni,2008, hlm 26.[2]Sudarto,Linear Networks and Systems, Belmont CA: Wadworth, 1993, pp 123-135.

2.4.2.   Penulis lebih dari 1 orang

Jikaterdapatduaatautigapenulisdalamsebuahsumberrujukan, makasemuapenulisharusditulissecaralengkapnamanya.Namunjikaterdapatlebihdarienampenulis, maka yang ditulishanyanamapenulispertamadiikutidengn kata “et al.”

Contoh :

Maria M, et al., Hukumdan Pembangunan, Jakarta:PradnyaParamita, hlm 65.

 

 

2.4.2.     Tanpa nama

Contoh :

Example Book, New York: Scholastic, p. 65.

 

2.4.3.     Bab Dalam Buku

Nama penulis pertama atau inisial.  Nama keluarga, “Judul bab,” Judul dari buku, ed, Edisi. (Kecuali yang pertama)  jilid, volume jika tersedia, Ed. Editor jika tersedia, Tempat publikasi: Penerbit,Tahun Terbit, pp.  Bab atau halaman pertamadan terakhir artikel.

Contoh : G. K. Knopf and A. S. Bassi, “Biological-based optical sensors and transducers,” in Opto-mechatronic Systems Handbook: Techniques and Applications, Hyungsuck Cho, Ed. Boca Raton, FL: CRC Press, 2003, pp. 195-210.

2.4.4.     PendahuluanatauPengantarBuku

Contoh:

Scott R Sanders, Introduction to Tounchstone Anthology of Contemporary Creative Nonfiction: Work from 1970 to Present, ed. Lex Williford and Michael Martone, New York: Simon & Schuster, p. x-xii.

 

2.4.5.     Artikel yang terbitsecaraperiodik

Contoh :

William G. Jacoby, “Public Attitudes Toward Public Spending,” American Journal of Political Science 38, no. 2, May 1994, p. 36-61.

 

2.4.6.     PenulisdariKelompok atau Grup Perusahaan

Contoh : American Medical Association, Journal of the American, Medical Association, p.12-43.

 

2.4.7.     Sumbertidaklangsung

Jikasumber kutipan tidak berasal dari sumber asli maka dapat digunakan sumber referensi yang berasal dari sumber kedua, ketiga dst.

Contoh : Paula Abdul mentioned in her interview on Nightline…
Zouk Mosbeh, “Localization and the Training of Linguistic Mediators for the Third Millennium,” Paper presented at The Challenges of Translation  & Interpretation in the Third Millennium, Lebanon, May 17, 2002, pp 23-70..

 

2.4.8.     Sumber Online

Contoh: Bhakti Satalkar, “Water Aerobics,”dikutipdari http://www.buzzle.com, padatanggal 25 September 2016.

2.5.   Pembuatan Tabel dan Gambar

Setiap tabel dan gambar yang masuk dalam artikel, diberi nomor dengan angka Arab, dan judul. Judul tabel diletakkan di atas tabel, sedangkan judul gambar di sebelah bawah gambar tersebut. Jarak antara nomor dan judul dengan tabel, 1 (satu) spasi. Tabel dan Gambar diletakkan di dalam  kelompok teks sesudah tabel atau gambar tersebut dirujuk. Gambar-gambar dalam artikel harus dipastikan dapat tercetak dengan jelas (ukuran font, resolusi dan ukuran garis harus yakin tercetak jelas). Gambar dan tabel dan diagram/skema sebaiknya diletakkan sesuai kolom diantara kelompok teks atau jika terlalu besar diletakkan di bagian tengah halaman. Pembuatan tabel tidak boleh mengandung garis-garis vertikal, sedangkan garis-garis horisontal diperbolehkan tetapi

hanya yang penting-penting saja.

Contoh :

Tabel 1. Kewenangan Hakim

KolomJudul/nama

Kolom A (t)

Kolom B (T)

 

1

2

 

3

4

 

5

6

2.6.   Panduan Penulisan Daftar Pustaka

Diponegoro Private Law Review  menggunakan format penulisandaftarpustakadengan style American Psychological Association (APA) yaknisebagaiberikut :

  1. a.   Tahun publikasi dituliskan setelah nama pengarang.
  2. b.   Referensi di dalam isi tulisan mengacu pada item di dalam daftar pustaka dengan cara menuliskan nama belakang (surname) pengarang diikuti tahun penerbitan yang dituliskan di antara kurung.
  3. c.   Urutan daftar pustaka adalah berdasarkan nama belakang pengarang. Jika suatu referensi tidak memiliki nama pengarang maka judul referensi digunakan untuk mengurutkan referensi tersebut di antara referensi lain yang tetap diurutkan berdasarkan nama belakang pengarang.
  4. d.   Daftar pustaka tidak dikelompokkan berdasarkan jenis pustaka, misalnya buku, jurnal dan sebagainya.
  5. e.   Judul referensi dituliskan secara miring (italic).

 

Berdasarkan jenis referensi, berikut ini adalah panduan dan contoh penulisan daftar pustaka:

 

2.6.1.     Pustaka Buku

Pola dasar penulisan referensi buku adalah:Nama belakang pengarang, inisial, tahun penerbitan, Judul buku (Edisi jika edisinya lebih dari satu),tempat diterbitkan,penerbit.

Judul buku dituliskan secara miring (italic) dengan penggunaan huruf kapital di awal mengikuti standar penulisan kalimat. Jumlah pengarang yang boleh dituliskan di satu referensi maksimal berjumlah enam. Jika pengarang berjumlah lebih dari enam, maka pengarang ketujuh dan selanjutnya dituliskan sebagai et al.

Contoh:

Arief, BardaNawawi.(2012), Reformasi Sistem Peradilan  (SistemPenegakanHukum di Indonesia), Semarang, BP Undip.

Penulisan buku dengan editor untuk satu editor disertai (Ed.) dan untuk lebih dari satu editorditulis(Eds.). Contohnya:Maher, B. A. (Ed.), 1964–1972, Progress in Experimental Personality Research(6 vols.), New York, Academic Press.

2.6.2.     Pustaka Artikel jurnal

Pola dasar penulisan referensi berjenis artikel jurnal adalah:Nama Belakang Pengarang, Inisial, tahun penerbitan,  Judul artikel, Judul Jurnal, Nomor volume – jika ada (Nomor issue), nomor halaman awal dan akhir dari artikel.

 

 

 

 

Perlu diperhatikan bahwadalam penulisan judul artikel dan judul jurnal, ialah huruf kapital.Padapenulisan judul artikel digunakan di awal mengikuti standar penulisan kalimat. Huruf kapital pada penulisan judul jurnal dituliskan menuruti standar penulisan judul. Hanya judul jurnal yang dituliskan secara italic.

Contoh:Tseng, Y.C., Kuo, S.P., Lee, H.W., & Huang, C.F. (2004). Location tracking in a wireless sensor network by mobile agents and its data fusionstrategies. The Computer Journal, 47(4), 448–460.

 

  1. 3.       Pustaka Paper dalam Proceeding

Pola penulisan referensi berjenis paper adalah:Nama BelakangPengarang, Inisial. (tahun penerbitan). Judul artikel. In Inisial Editor Nama Belakang Editor (Ed.), Judul proceedings (pp. halaman awal–halaman akhir). Tempat penerbitan: Penerbit.Contoh:

Fang, Q., Zhao, F., & Guibas, L. (2003). Lightweight sensing and communication protocols for target enumeration and aggregation. In M. Gerla, A. Ephremides, & M. Srivastava (Eds.), MobiHoc ’03 fourth ACM symposium on mobile ad hoc networking and computing (pp. 165–176).New York, NY: ACM Press.

 

  1. 4.       Pustaka Disertasi/Thesis/Skripsi 

Istadi, I. (2006). Development of A Hybrid Artificial Neural Network – Genetic Algorithm for Modelling and Optimization of Dielectric-Barrier Discharge Plasma Reactor. PhD Thesis. Universiti Teknologi Malaysia.

 

  1. 5.       Pustaka Halaman web

Pola dasar penulisan referensi berjenis halaman web adalah:  Nama  Belakang Pengarang, Inisial. (tahun situs diproduksi atau tahun penerbitan dokumen). Judul dokumen. Retrieved from situs sumberAturan-aturan lain adalah:

  1. Jika tahun tidak ada maka gunakan n.d.
  2. Jika nama pengarang tidak ada maka nama organisasi bisa dituliskan sebagai pengarang.
  3. Jika pengarang sama sekali tidak ada maka awali referensi dengan judul dokumen.
  4. Jika dokumen tersebut merupakan bagian dari situs web yang besar maka sebutkan nama organisasi dandepartemen yangbersangkutan diikuti karakter : dan alamat situs.

 

Contoh:

Banks, I. (n.d.). The NHS Direct healthcare guide. Retrieved from http://www.healthcareguide.nhsdirect.nhs.ukAlexander, J., & Tate, M. A. (2001).

 

Evaluating web resources. Retrieved from Widener University, Wolfgram Memorial Library website: http://www2.widener.edu/Wolfgram-Memorial Library/webevaluation/webeval.htm Bibliographic references Harvard format APA style. (2011).

 

Retrieved from University of Portsmouth website:http://www.port.ac.uk/library/guides/filetodownload,137568,en.pdf

 

Submission Preparation Checklist

As part of the submission process, authors are required to check off their submission's compliance with all of the following items, and submissions may be returned to authors that do not adhere to these guidelines.

  1. Where available, URLs for the references have been provided.
  2. The text is single-spaced; uses a 12-point font; employs italics, rather than underlining (except with URL addresses); and all illustrations, figures, and tables are placed within the text at the appropriate points, rather than at the end.
  3. The text adheres to the stylistic and bibliographic requirements outlined in the Author Guidelines, which is found in About the Journal.
  4. If submitting to a peer-reviewed section of the journal, the instructions in Ensuring a Blind Review have been followed.
  5. The submission has not been previously published, nor is it before another journal for consideration (or an explanation has been provided in Comments to the Editor).
  6. The submission file is in OpenOffice, Microsoft Word, RTF, or WordPerfect document file format.

Privacy Statement

The names and email addresses entered in this journal site will be used exclusively for the stated purposes of this journal and will not be made available for any other purpose or to any other party.