BibTex Citation Data :
@article{Dialogue20910, author = {Sinta Carrisa and Sulthan Azizou Ganafiqih and Jelita Rahmawati and Iving Arisdiyoto}, title = {Implementasi Peraturan Pemerintah Nomor 96 Tahun 2012 Tentang Pelayanan Publik di Pos Lintas Batas Negara Aruk Kalimantan Barat}, journal = {Dialogue : Jurnal Ilmu Administrasi Publik}, volume = {6}, number = {2}, year = {2024}, keywords = {Implementation; Public Service; Integrated Border Checkpoint (PLBN)}, abstract = { Pos Lintas Batas Negara (PLBN) merupakan tempat pemeriksaan dan pelayanan keluar masuk orang dan barang di wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia yang menggunakan paspor dan/atau pas lintas batas. Memiliki fungsi utama dalam memberikan pelayanan publik yang prima baik kepada Masyarakat setempat maupun Masyarakat pendatang. Tujuan dari penelitian ini untuk untuk menganalisis dan mendeskripsikan bagaimana implementasi Peraturan Pemerintah Nomor 96 Tahun 2012 tentang Pelayanan Publik di PLBN Aruk. Metode penelitian yang digunakan yaitu menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi, dan studi literatur. Hasil dari penelitian ini yaitu pelayanan publik di PLBN Aruk belum sepenuhnya berjalan dengan baik, hal ini disebabkan oleh kurangnya personel SDM yang tidak sebanding dengan waktu pelayanan setiap hari sehingga sering terjadi keterlambatan dalam proses pelayanan. Meningkatnya jumlah Masyarakat pada hari libur menyebabkan personel di PLBN Aruk harus melakukan pelayanan diluar jam kerja semestinya. Adapun saran dari penelitian ini yaitu pemerintah diharapkan melakukan intervensi atau solusi berupa penambahan personel SDM di wilayah PLBN Aruk agar terciptanya pelayanan publik yang prima. }, issn = {2685-3582}, pages = {736--747} doi = {10.14710/dialogue.v6i2.20910}, url = {https://ejournal2.undip.ac.id/index.php/dialogue/article/view/20910} }
Refworks Citation Data :
Pos Lintas Batas Negara (PLBN) merupakan tempat pemeriksaan dan pelayanan keluar masuk orang dan barang di wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia yang menggunakan paspor dan/atau pas lintas batas. Memiliki fungsi utama dalam memberikan pelayanan publik yang prima baik kepada Masyarakat setempat maupun Masyarakat pendatang. Tujuan dari penelitian ini untuk untuk menganalisis dan mendeskripsikan bagaimana implementasi Peraturan Pemerintah Nomor 96 Tahun 2012 tentang Pelayanan Publik di PLBN Aruk. Metode penelitian yang digunakan yaitu menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi, dan studi literatur. Hasil dari penelitian ini yaitu pelayanan publik di PLBN Aruk belum sepenuhnya berjalan dengan baik, hal ini disebabkan oleh kurangnya personel SDM yang tidak sebanding dengan waktu pelayanan setiap hari sehingga sering terjadi keterlambatan dalam proses pelayanan. Meningkatnya jumlah Masyarakat pada hari libur menyebabkan personel di PLBN Aruk harus melakukan pelayanan diluar jam kerja semestinya. Adapun saran dari penelitian ini yaitu pemerintah diharapkan melakukan intervensi atau solusi berupa penambahan personel SDM di wilayah PLBN Aruk agar terciptanya pelayanan publik yang prima.
Article Metrics:
Last update:
This journal provides immediate open access to its content on the principle that making research freely available to the public supports a greater global exchange of knowledge.
All articles published Open Access will be immediately and permanently free for everyone to read and download. We are continuously working with our author communities to select the best choice of license options, currently being defined for this journal as follows:Creative Commons-Non Ceomercial-Attribution-ShareAlike (CC BY-SA)
View My Stats
Dialogue: Jurnal Ilmu Administrasi Publik (E-ISSN: 2685-3582) Publish by Faculty of Social and Political Sciences, Universitas Diponegoro is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.