Peningkatan Kemampuan Mengingat Kosakata Melalui Model Pembelajaran Teams Games Tournaments (TGT) Berbasis Karuta Calis

Rini Emmalia Susanti, M. Suryadi

Abstract


Penelitian ini dilaksanakan berusaha untuk meningkatkan kemampuan mengingat koskata pada kompetensi dasar Kegiatan sehari-hari melalui model pembelajaran kooperatif tipe Teams Games Tournament (TGT) berbasis karuta calis. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dari Kurt Lewis yang dilakukan dalam 2 siklus. Metode penelitian yaitu penelitian kualitatif dengan deskriftif. Peserta didik kelas XI IPS 2 adalah subjek dari penelitian ini. Data penelitian dihimpun dari beberapa hasil tes peserta didik pada setiap siklus terkait kompetensi dasar Kegiatan Sehari-hari. Perolehan nilai peserta didik mengalami kenaikan setelah diberikan tindakan. Hasil perolehan nilai pra-siklus adalah 63,37%. Setelah dilakukan PTK, nilai pada siklus I mencapai nilai 76,74% dan siklus 2 mencapai nilai 85,71%. Dilihat dari indikator keberhasilan nilai rerata peserta didik pada dua siklus yang mencapai 81,23% dan adanya perubahan tingkah laku (kerjasama, disiplin, tekun, aktif) yang signifikan. Hal ini membuktikan bahwa pemakaian model pembelajaran kooperatif tipe Teams Games Tournament (TGT) berbasis karuta calis mampu meningkatkan kemampuan mengingat kosakata peserta didik kelas XI IPS 2 SMA Negeri 1 Kendal.


Keywords


kosakata; teams games tournament (TGT); karuta calis

Full Text: PDF

DOI: 10.14710/anuva.4.4.543 - 559