Media dan Literasi Informasi Pada Pendidikan Berbasis Keluarga

Yuli Rohmiyati

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menggambarkan bagaimana media dan literasi informasi pada pendidikan berbasis keluarga. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian kualitatif yang pengumpulan datanya dengan wawancara, observasi dan studi pustaka. Informan dalam penelitian ini adalah keluarga yang mendidik anaknya dengan pendidikan berbasis keluarga di Semarang. Adapun objek dalam penelitian ini adalah media dan literasi informasi pada homeschooler.   Hasil penelitian menggambarkan Media yang digunakan dalam pendidikan berbasis keluarga ini adalah media terintegrasi antara lingkungan, buku, gadget dan orang tua sebagai fasilitator dan sumber informasi dengan partisipasi kreatif untuk memproduksi hal-hal baru. Literasi informasi pendidikan berbasis keluarga meliputi tahapan menemukan, belajar, buat, evaluasi, berbagi, umpan balik dan ubah dalam sebuah siklus yang berputar.


Keywords


media; literasi informasi; pendidikan berbasis keluarga

Full Text: PDF

DOI: 10.14710/anuva.3.4.347-352