Pengalaman Mahasiswa menggunakan Perpustakaan sebagai bagian dari Literasi Informasi Mahasiswa

Heriyanto Heriyanto

Abstract


Mahasiswa memiliki kebutuhan informasi yang hampir sama saat mengikuti perkuliahan. Informasi dibutuhkan diantaranya untuk menyelesaikan tugas, mencari referensi perkuliahan, dan untuk mencari referensi pendukung berbagai kegiatan penelitian diluar perkuliahan. Adanya kebutuhan informasi membuat mahasiswa mencari dan menelusuri berbagai sumber informasi yang tersedia baik melalui perpustakaan atau media lain. Artikel ini melaporkan hasil penelitian tentang penggunaan perpustakaan sebagai media belajar mahasiswa terkait dengan literasi infrmasi mahasiswa. Penelitian ini dilakukan secara kualitatif dengan menggunakan wawancara semi terstruktur. Melalui teknik purposive sampling, diperoleh delapan mahasiswa yang bersedia berpartisipasi untuk menyampaikan pendapat tentang kebutuhan informasi mereka. Hasil analisis data menunjukkan bahwa mahasiswa menggunakan perpustakaan fakultas untuk belajar kelompok maupun mandiri. Sebagian besar partisipan menyebutkan tidak menemukan informasi yang mereka butuhkan di perpustakaan disebabkan. Hasil dari penelitian ini akan bermanfaat bagi pengelola perpustakaan dan pengelola fakultas dalam mengembangkan layanan perpustakaan untuk meningkatkan kualitas belajar mahasiswa.


Keywords


literasi informasi; relational perspective; pengalaman perpustakaan; perpustakaan fakultas

Full Text: PDF

DOI: 10.14710/anuva.3.4.325-331