Penerapan Library Tour di UPT Perpustakaan Universitas Diponegoro sebagai User Education bagi Mahasiswa Baru Ilmu Perpustakaan dan Informasi Angkatan 2024 Universitas Diponegoro
Abstract
Penerapan user education di perpustakaan sangat penting dilakukan sebagai langkah awal pengenalan perpustakaan bagi mahasiswa baru. Dengan adanya user education maka pemustaka diharapkan memiliki pengetahuan yang baik sehingga dapat memberikan kesan yang nyaman dan mandiri dalam memanfaatkan fasilitas perpustakaan. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji bagaimana penerapan user education di UPT Perpustakaan Universitas Diponegoro melalui program library tour bagi mahasiswa baru angkatan 2024 Ilmu Perpustakaan dan Informasi Universitas Diponegoro dalam meningkatkan pemahaman mahasiswa baru terhadap pemanfaatan perpustakaan. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah metode kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Teknik pengumpulan data yang digunakan meliputi wawancara dan studi dokumentasi yang membutuhkan 11 informan, serta menggunakan teknik analisis data tematik. Penelitian ini mengungkapkan bahwa penerapan user education di UPT Perpustakaan Universitas Diponegoro melalui library tour bagi mahasiswa baru Ilmu Perpustakaan dan Informasi angkatan 2024 Universitas Diponegoro, menunjukkan bahwa meningkatnya kemandirian pemustaka dalam pemanfaatan perpustakaan, sebagai sarana informasi sebagai pembentukan ulang persepsi perpustakaan dan pemilihan kualitas informasi sebagai kemampuan evaluasi. Pada penelitian ini menunjukkan bahwa kegiatan tersebut terbukti mampu membekali mahasiswa baru agar dapat memanfaatkan sumber daya perpustakaan secara mandiri. Dengan bertambahnya wawasan, mereka dapat membentuk persepsi positif terhadap perpustakaan kedepannya dan juga setelah mengikuti kegiatan tersebut kesadaran akan kredibilitas informasi sementara telah terbangun akan tetapi, dibutuhkan pengajaran secara mendalam.
Keywords
References
Basuki, S., 2014. Senarai Pemikiran Sulistyo Basuki Profesor Pertama Ilmu Perpustakaan dan Informasi di Indonesia, 1st ed. Ikatan Sarjana Ilmu Perpustakaan dan Informasi Indoneisa (ISIPII), Jakarta.
Bopp, R.E., 2011. Reference and information services : an introduction / Richard E. Bopp, Linda C. Smith, 4th ed. Libraries Unlimited, California.
Braun, V., Clarke, V., 2006. Using thematic analysis in psychology; In qualittaive research in psychology. Uwe Bristol 3, 77–101.
Buwana, R.W., 2021. Studi Analisis Pelaksanaan User education di Perpustakaan IAINKudus Tahun Akademik 2021/2022. UNILIB J. Perpust. 12, 115–124.
Chohda, N., Kumar, S., 2025. Assessing literacy levels of Google generation users on information resources of the library in relation to demographic characteristics. Inf. Discov. Deliv.
Esse, C.U., 2014. Effects of Library Instruction on Satisfaction With the Use of Library and Its Services: a Study of Undergraduate Students in Five Universities in the Southern Part of Nigeria. Eur. Sci. J. 10, 1857–7881.
Fatmawati, E., 2013. Tinjauan Literatur: Konsep Dasar Pendidikan Pemustaka. Media Pustaka. 2, 31.
Fereday, J., Muir-Cochrane, E., 2006. Demonstrating Rigor Using Thematic Analysis: A Hybrid Approach of Inductive andDeductive Coding and Theme Development.
Hanum, A.N.L., 2019. Meningkatkan Pemberdayaan Perpustakaan Melalui User education di SDI Darul Hikmah. JIPI (Jurnal Ilmu Perpust. dan Informasi) 4, 185.
Heriyanto, H., 2018. Thematic Analysis sebagai Metode Menganalisa Data untuk Penelitian Kualitatif. Anuva 2, 317.
Kusumastuti, A., Khoiron, A.M., 2019. Metode Penelitian Kualitatif. Lembaga Pendidikan Sukarno Pressindo, Semarang.
Munoo, R., Abdullah, R., 2018. Adding ADDIE to the Library Orientation Program at Singapore Management University Libraries. Plan. Acad. Libr. Orientations Case Stud. from Around World 263–271.
Nur Chamdi, A., 2019. Implementasi Kegiatan Library tour di UPT Perpustakaan Universitas Sebelas Maret Sebagai Upaya Meningkatkan Budaya Literasi Masyarakat. Adi Widya J. Pengabdi. Masy.
Ojeabulu, N., Urhefe-okotie, E.A., 2024. Effect of Library Orientation on Students : The Case of Federal University of Petroleum Resources , Effurun ( FUPRE ). Libr. Philos. Pract. 5–14
Prajawinanti, A., 2024. Dampak User education Terhadap Penggunaan Materi Perpustakaan di Perpustakaan Universitas Brawijaya Malang 6, 97–110.
Prayogi, A., Asirah, K., Thohirin, T., Septiani, N., 2024. Sosialisasi Peran Literasi Perpustakaan dalam Bentuk Library tour bagi Siswa Sekolah Menengah Atas di Pekalongan. Kifah J. Pengabdi. Masy. 3, 21–28..
Rahma, S.D., 2022. Peran Penting Pendidikan Pemakai (User education) Bagi Pemustaka di Perguruan Tinggi. JIPKA J. Inf. Perpust. Kearsipan 2, 30–38.
Rahmi, L., 2022. Dampak User education terhadap Pemanfaatan Sumber Daya Perpustakaan Uin Imam Bonjol Padang. Shaut Al-Maktabah J. Perpustakaan, Arsip dan Dokumentasi 14, 122–130.
Rosydiana, W.N., Labibah, L., 2023. Pelaksanaan user education (pendidikan pemakai) di Perpustakaan Universitas Mercu Buana Yogyakarta. Al-Kuttab J. Kaji. Perpustakaan, Inf. dan Kearsipan 5, 31–40.
Satyalesmana, E., Nugroho, I., 2022. Kredibilitas Sumber Informasi dan Pemanfaatannya oleh Penyuluh Pertanian. J. Perpust. Pertan. 31, 9–14.
Sugiyono, 2013. Metode Penelitian Kuantitatif Dan Kualitatif Serta R&D, Alfabeta, CV.
DOI: 10.14710/anuva.9.4.%p