Strategi Mahasiswa Ilmu Perpustakaan dan Informasi Islam IAIN Curup dalam Mengembangkan Literasi Keislaman berbasis Digital di Era 5.0
Abstract
Era Society 5.0 menghadirkan tantangan dan peluang bagi mahasiswa dalam mengelola informasi keislaman berbasis digital. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pemahaman mahasiswa Ilmu Perpustakaan dan Informasi Islam (IPII) IAIN Curup terkait literasi keislaman digital, strategi yang mereka terapkan, serta tantangan yang dihadapi dalam konteks transformasi digital. Menggunakan metode campuran (mixed methods) dengan desain sequential explanatory, penelitian melibatkan 73 mahasiswa sebagai responden angket dan beberapa informan kunci untuk wawancara mendalam. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemahaman literasi keislaman digital berada pada kategori tinggi (skor 3,87), strategi pengembangan literasi digital berada pada kategori tinggi (3,68), sedangkan variabel kendala berada pada kategori sedang (3,18). Analisis kualitatif memperlihatkan bahwa mahasiswa mampu memanfaatkan media digital, namun belum optimal dalam aspek evaluasi dan produksi konten keislaman digital. Tantangan utama mencakup keterbatasan akses sumber ilmiah Islami, minimnya pelatihan digital, serta dominasi konten populer non-akademik. Penelitian ini menegaskan perlunya penguatan ekosistem literasi digital keislaman melalui integrasi kurikulum, pelatihan teknis, intervensi perpustakaan digital, dan kolaborasi akademik. Temuan ini berkontribusi pada pengembangan strategi literasi digital pada pendidikan tinggi Islam di Indonesia.
Keywords
References
Gleneagles, D. B., Larasyifa, F., & Fawaiz, R. (2024). Peran Teknologi Kecerdasan Buatan (AI) dalam Meningkatkan Efisiensi Proses Belajar dan Pembelajaran. Jurnal Ilmiah Multidisipline, 2(5), 107–116. https://doi.org/10.5281/zenodo.11364580
Helda Pratiwi; Mika Elisa; Mulyaningsih Ariyani; Musaddad Harahap. (2024). LITERASI DIGITAL SEBAGAI INOVASI PEMBELAJARAN DALAM PENDIDIKAN AGAMA ISLAM. JURNAL PENDIDIKAN ISLAM MUTA’ALLIMIN, 1(2), 79–92. https://journal.uir.ac.id/index.php/JPIM
Hutabarat, R. P. (2023). Social Science and Political Science Dharmawangsa University Student Digital Literacy Towards the Era of Community 5 . 0. Journal of Proceedings, April, 192–203. https://proceeding.dharmawangsa.ac.id
Lisyawati, E., Mohsen, M., Hidayati, U., & Taufik, O. A. (2023). Literasi Digital Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Pada MA Nurul Qurâ€TMan Bogor. EDUKASI: Jurnal Penelitian Pendidikan Agama Dan Keagamaan, 21(2), 224–242. https://doi.org/10.32729/edukasi.v21i2.1618
Saputra, M. F., & Wibawa, A. P. (2022). Peran dan Tantangan Cyber Security di Era Society 5.0. Jurnal Inovasi Teknik Dan Edukasi Teknologi, 2(7), 349–354. https://doi.org/10.17977/um068v1i72022p349-354
Sari, K. P., Masruri, A., & Rosalia, D. R. (2023). Optimalisasi Temu Kembali Informasi Dengan Teknologi Kecerdasan Buatan di Perpustakaan. JIPI (Jurnal Ilmu Perpustakaan Dan Informasi), 8(2), 349. https://doi.org/10.30829/jipi.v8i2.17775
Siahaan, R. D. R., & Sirait, G. (2023). The Importance of Digital Literacy in The Era of Society 5.0. Indo-MathEdu Intellectuals Journal, 4(3), 1734–1742. https://doi.org/10.54373/imeij.v4i3.417
Siringoringo, R. G., & Alfaridzi, M. Y. (2024). Pengaruh Integrasi Teknologi Pembelajaran terhadap Efektivitas dan Transformasi Paradigma Pendidikan Era Digital. Jurnal Yudistira: Publikasi Riset Ilmu Pendidikan Dan Bahasa, 2(3), 66–76. https://doi.org/10.61132/yudistira.v2i3.854
Sulastri, I., Gustia, A. Y., & Juniati, L. (2020). Penggunaan Media Sosial Dalam Berdakwah : Study Terhadap Da ’ I Di Kota Padang. Jurnal Komunikasi Dan Penyiaran Islam, 11(2), 153–163.
Ummah, N. H. (2023). Pemanfaatan Sosial Media Dalam Meningkatkan Efektivitas Dakwah Di Era Digital. Jurnal Manajemen Dakwah, 11(1), 151–169. https://doi.org/10.15408/jmd.v11i1.32914
Vitriana, N. (2024). Transformasi perpustakaan di era digital native. Librarium: Library and Information Science Journal, 1(1), 59–69. https://doi.org/10.53088/librarium.v1i1.693
Yenni Batubara. (2024). Pemanfaatan Artificial Intelligence (AI) Sebagai Strategi Dakwah: Analisis Peluang dan Tantangan. Tadbir Jurnal Manajemen Dakwah, 6(1), 81–100. https://doi.org/https://doi.org/10.24952/tadbir.v6i1.11663
DOI: 10.14710/anuva.9.4.662-680