Personal Information Management pada Kreator Konten Akun Instagram @Literatif.Id
Abstract
Perkembangan teknologi informasi dan komunikasi telah mengubah banyak aspek kehidupan manusia, salah satunya yaitu kemudahan kreator konten dalam mencari informasi dan menyebabkan kelebihan informasi sehingga membutuhkan pengelolaan informasi yang efektif. Personal information management (PIM) membantu kreator konten dalam menyimpan, mengatur dan menemukan kembali informasi yang dibutuhkan. Salah satu kreator konten yang melakukan PIM adalah kreator konten akun Instagram @literatif.id. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi dan memahami PIM pada kreator konten akun Instagram @literatif.id. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif melalui pendekatan fenomenologi. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik wawancara semi-terstruktur dengan tiga informan yang merupakan kreator konten @literatif.id. Data yang diperoleh kemudian dianalisis dengan thematic analysis. Hasil penelitian menjelaskan kreator konten @literatif.id melakukan PIM meliputi proses strategi pencarian informasi, sistem penyimpanan informasi dan pengelolaan informasi. Penelitian ini juga menunjukkan kreator konten @literatif.id tidak melakukan pemeliharaan secara maksimal yang menjadi kelemahan atau kekurangan dalam aktivitas PIM.
Keywords
References
Adelia, N. (2018). Analisis manajemen informasi pribadi (personal information management) pada pustakawan perguruan tinggi negeri di surabaya. FISIPUNAIR.
Ameen, K. (2016). Personal information management practices and behaviors of social sciences’ students. Pakistan Journal of Information Management and Libraries, 18(1), 12–24. https://doi.org/10.47657/2016181952
Andria, E., & Mubarak, A. (2024). Implementasi personal information management (pim) mahasiswa tingkat akhir pada program studi ilmu perpustakaan. 6, 2266– 2282. https://doi.org/10.47476/reslaj.v6i8.4852
Aypa, D., Zega, B., & Safii, M. (2022). Perilaku informasi content creator jejaring sosial berbasis video. 43(2), 125–137. https://doi.org/10.14203/j.baca.v43i2.886
Brake, D. R. (2014). Are we all online content creators now ? web 2.0 and digital divides. 19, 591–609. https://doi.org/10.1111/jcc4.12042
Chaudhry, A. S., & Alajmi, B. M. (2024). Personal information management practices: how scientists find and organize information. Global Knowledge, Memory and Communication, 73(6–7), 757–774. https://doi.org/10.1108/GKMC-04-2022- 0082
Diyanto, D., Yatno, T., & Widodo, U. (2024). Peran dan Dampak Media Sosial Instagram bagi Komunitas Ruang Edit. JEMSI, 5(6), 729–738. https://doi.org/10.38035/jemsi.v5i6
Hadi, S. P., Lwie, D. R., & Itria, Y. (2024). Keberhasilan Content Creator Ditentukan oleh Kreativitas Konten dan Skill Mengedit Video. Coverage, 15(1). https://doi.org/https://doi.org/10.35814/coverage.v15i1.5883
Hellmich, E., & Dinneen, J. D. (2023). Personal information management in visual creative practice. Information Research, 28(1).
Hermawan, D. (2018). Content creator dalam kacamata industri kreatif: Peran personal branding dalam media sosial. E-Jurnal Universitas Katolik Parahyangan, 1, 1– 12. https://repository.unpar.ac.id/handle/123456789/7824
Jones, W. (2008). Personal information management. University of Washington Press.
Jones, W. (2008). Keeping found things found: the study of practice of personal information management. Morgan Kaufman Publishers.
Kemp, S. (2025). DataReportal – Global Digital Insights. DataReportal. https://datareportal.com/reports/digital-2025-indonesia
Maddalena, S. (2025). Digital 2025 - We Are Social Indonesia. We Are Social Indonesia. https://wearesocial.com/id/blog/2025/02/digital-2025/
Malone, T. W. (1983). How do people organize their desks?: implications for the design of office information systems. ACM Transactions on Information Systems (TOIS), 1(1), 99–112. https://doi.org/10.1145/357423.357430
Moleong, L. J. (2010). Metodologi penelitian kualitatif (Revisi). PT Remaja Rosdakarya.
Saputri, K. W. (2024). Efektivitas Infografis sebagai Media Penyebaran Informasi Bidang Perpustakaan pada Akun Instagram @ literatif . id. 8(1), 41–54.
Sundawa., Amelia, Y & Trigartanti, W. (2018). Fenomena content creator di era digital content creator phenomenon in digital era. Prosiding Hubungan Masyarakat 4(2):438–43.
Wordsmith. (2024). Panduan Memeriksa Kredibilitas Penulis dan Organisasi di Konten Digital. Wordsmith Group. https://wordsmithgroup.com/panduan-memeriksakredibilitas-penulis-dan-organisasi-di-konten-digital
Wulur, F. C., & Mulyanti, D. (2023). Analisis pengaruh pemanfaatan media sosial dalam penyebaran layanan informasi publik di pemerintah. MANABIS: Jurnal Manajemen Dan Bisnis, 2(1), 37–45. https://doi.org/10.54259/manabis.v2i1.1549
DOI: 10.14710/anuva.9.4.681-692