Survei-Based Studi pada Pemanfaatan Sosial Media untuk Memenuhi Kebutuhan Informasi Masyarakat Digital

Dessy Angelica Natalia, Roro Isyawati Permata Ganggi

Abstract


Penelitian ini membahas mengenai pemanfaatan sosial media utamanya pada akun Instagram @abouttng terhadap pemenuhan kebutuhan informasi masyarakat digital. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana korelasi antara pemanfaatan akun Instagram @abouttng terhadap pemenuhan kebutuhan informasi masyarakat digital. Teori yang digunakan untuk mengetahui pemanfaatan akun Instagram adalah teori Uses and Gratification 2.0 yang dirumuskan oleh Sundar & Limperos (2013) yaitu Modality, Agency, Interactivity, dan Navigability. Kemudian teori yang digunakan untuk mengetahui kebutuhan informasi adalah lima indikator kebutuhan informasi oleh Katz, Haas, dan Gurevitch, yaitu kebutuhan kognitif, kebutuhan afektif, kebutuhan integrasi pribadi, kebutuhan integrasi sosial, dan kebutuhan pelarian. Kuantitatif korelasional adalah metode yang digunakan dalam penelitian ini. Populasi dalam penelitian ini adalah tidak diketahui pasti jumlahnya dengan sampel sebanyak 97 responden yang dipilih dengan menggunakan teknik simple random sampling diperoleh menggunakan rumus Lemeshow. Data dalam penelitian ini diambil dengan menyebarkan kuesioner. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa nilai koefisien korelasi sebesar 0,693, dengan nilai positif, dan memiliki tingkat hubungan yang kuat antara variabel pemanfaatan akun Instagram @abouttng (X) terhadap variabel pemenuhan kebutuhan informasi masyarakat digital (Y). Melalui uji hipotesis didapatkan hasil nilai signifikansi sebesar 0,00 (lebih kecil daripada 0,05) dan thitung 9,376 > ttabel 1,661 maka dapat dikatakan bahwa H1 diterima dan H0 ditolak. Dari uji hipotesis ini dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan positif serta signifikan antara pemanfaatan akun Instagram @abouttng terhadap pemenuhan kebutuhan informasi masyarakat digital.


Keywords


pemanfaatan akun Instagram; pemenuhan kebutuhan informasi; instagram; uses and gratification 2.0

References


Abdullah, P. M. (2015). Metodologi Penelitian Kuantitatif. Yogyakarta: Aswaja Pressindo.

Anisah, N., Sartika, M., & Kurniawan, H. (2021). Penggunaan Media Sosial Instagram Dalam Meningkatkan Literasi Kesehatan Pada Mahasiswa. Jurnal Peurawi, 4(2).

Arifin, F. N. (2015). Efektivitas Akun Instagram@ filmnasional Dalam Pemenuhan Kebutuhan Informasi Followers. EProceedings of Management, 2(3). https://doi.org/23559357

Banten, B. P. S. P. B. (2023). Statistik Daerah Provinsi Banten 2022. Retrieved from Banten, BPS Provinsi website: https://banten.bps.go.id/publication/2022/09/26/148baf104e1119e8660c4f8f/statistik-daerah-provinsi-banten-2022.html

Barus, A. G. (2021). Pengaruh Penggunaan Akun Media Sosial Instagram@bobbynst terhadap Pemenuhan Kebutuhan Informasi Followers di Kota Medan. KomunikA, 17(2), 1–10.

Batley, S. (2007). Information architecture for information professionals. London: Elsevier.

Budiaji, W. (2013). Skala Pengukuran dan Jumlah Respon Skala Likert ( The Measurement Scale and The Number of Responses in Likert Scale ). Jurnal Ilmu Pertanian Dan Perikanan, 2(2), 127–133.

Caniago, A., & Rustanto, A. E. (2022). Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Minat Beli Konsumen Pada UMKM di Jakarta ( Studi Kasus Pembelian Melalui Shopee ). Responsive: Jurnal Pemikiran Dan Penelitian Bidang Administrasi, Sosial, Humaniora Dan Kebijakan Publik, 5(1), 19–25.

Fauziyyah, S. N., & Rina, N. (2020). Literasi Media Digital: Efektivitas Akun Instagram @ infobandungraya Terhadap Pemenuhan Kebutuhan Informasi Followers. Medialog: Jurnal Ilmu Komunikasi, III(I), 13–24. https://doi.org/https://doi.org/10.35326/medialog.v3i1.479

Habibaturrahmah, Rizal, E., & Anwar, R. K. (2022). Hubungan antara intensitas penggunaan Instagram dengan pemenuhan kebutuhan informasi promo followers @giladiskonn. Informatio: Journal of Library and Information Science, 2(3), 203–218.

Harahap, M. A., & Adeni, S. (2020). Tren Penggunaan Media Sosial Selama Pandemi Di Indonesia. Jurnal Professionel FIS UNIVED, 7(2).

Haryanto, A. T. (2023, March 6). Kalahkan Jakarta, Ini Provinsi yang Warganya Terbanyak Pakai Internet. DetikInet. Retrieved from https://inet.detik.com/telecommunication/d-6607615/kalahkan-jakarta-ini-provinsi-yang-warganya-terbanyak-pakai-internet

Humaizi. (2018). Uses and Gratifications Theory. Medan: USU Press.

Junawan, H., & Laugu, N. (2020). Eksistensi Media Sosial , Youtube , Instagram dan Whatsapp Ditengah Pandemi Covid-19 Dikalangan Masyarakat Virtual Indonesia. Baitul Ulum: Jurnal Ilmu Perpustakaan Dan Informasi, 4(1), 41–57.

Kurniawan, agung W., & Puspitaningtyas, Z. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif. Yogyakarta: Pandiva Buku.

Machali, I. (2021). METODE PENELITIAN KUANTITATIF: Panduan Praktis Merencanakan, Melaksanakan dan Analisis dalam Penelitian Kuantitatif (A. Q. Habib, Ed.). Yogyakarta: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri (UIN) Sunan Kalijaga Yogyakarta.

NapoleonCat. (2022). Share of Instagram users in Indonesia as of August 2022, by age group [Graph]. Retrieved June 24, 2023, from Hanadian Nurhayati-Wolff website: https://www-statista-com.upm.remotlog.com/statistics/1078350/share-of-instagram-users-by-age-indonesia

Neese, B. (2016, February 20). 5 Types of New Media. Retrieved from https://online.seu.edu/articles/5-types-of-new-media/

Priyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif (T. Chandra, Ed.). Sidoarjo: Zifatama Publishing.

Puspitadewi, I., Erwina, W., Kurniasih, N., Studi, P., Perpustakaan, I., & Padjadjaran, U. (2016). Pemanfaatan “ Twitter Tmcpoldametro ” Dalam Memenuhi Kebutuhan Informasi Para Pengguna Jalan Raya. Jurnal Kajian Informasi Dan Perpustakaan, 4(1), 21–28.

Ramos, R. F., Rita, P., & Moro, S. (2019). From institutional websites to social media and mobile applications : A usability perspective. European Research on Management and Business Economics, 25(3), 138–143. https://doi.org/10.1016/j.iedeen.2019.07.001

Rathnayake, C., & Winter, J. S. (2018). Carrying Forward the Uses and Grats 2 . 0 Agenda : An Affordance-Driven Measure of Social Media Uses and Gratifications. Journal of Broadcasting & Electronic Media, 62(3), 371–389. https://doi.org/10.1080/08838151.2018.1451861

Riyanto, D. W. U., & Permana, G. I. (2022). Dampak Pemasaran Sosial Media dan Citra Merek Terhadap Niat Beli. Kota Malang: Pustaka Peradaban.

Riyono, M. R., & Churniawan, A. D. (2016). Analisis Pengaruh Website Stikom Institutional Repositories (SIR) pada Institut Bisnis dan Informatika Stikom Surabaya. Jurnal JSIKA, 5(12).

Rubin, R. E., & Rubin, R. G. (2020). Foundations of Library and Information Science. Chicago: American Library Association.

Salsabila, D., Yudhapramesti, P., & Bakry, G. N. (2023). Motif Khalayak dalam Mengakses Konten Berita Di Instagram Reels @Narasinewsroom. Jurnal Komunikasi Global, 12(1).

Siregar, S. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif: Dilengkapi dengan Perbandingan Perhitungan Manual & SPSS. Jakarta: Kencana.

Situmorang, J. R. (2012). Pemanfaatan Internet Sebagai New Media Dalam Bidang Politik , Bisnis , Pendidikan Dan Sosial Budaya. Jurnal Administrasi Bisnis, 8(1), 73–87. Retrieved from https://media.neliti.com/media/publications/73847-ID-pemanfaatan-internet-sebagai-new-media-d.pdf

Siyoto, S., & Sodik, A. (2015). Dasar Metodologi Penelitian (Ayup, Ed.). Yogyakarta: Literasi Media Publishing.

Stephanie, C. (2021). Berapa Lama Orang Indonesia Akses Internet dan Medsos Setiap Hari? Kompas.Com. Retrieved from https://tekno.kompas.com/read/2021/02/23/11320087/berapa-lama-orang-indonesia-akses-internet-dan-medsos-setiap-hari-?page=all#:~:text=Dari total populasi Indonesia sebanyak,3 persen dibandingkan tahun lalu.

Sugiyono, P. D. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sulastri, S., & Prasetyawan, Y. Y. (2017). Pemanfaatan Situs Media Sosial Grup Facebook Racana Diponegoro ( Pramuka Undip ) Dalam Memenuhi Kebutuhan Informasi Anggota Unit Kegiatan Mahasiswa ( Ukm ) Racana Diponegoro Undip. Jurnal Ilmu Perpustakaan, 6(1), 451–460.

Sundar, S. S., & Limperos, A. M. (2013). Uses and Grats 2 . 0 : New Gratifications for New Media. Journal of Broadcasting and Electronic Media, 57(4), 504–525. https://doi.org/10.1080/08838151.2013.845827

Syahza, A. (2021). Metodologi Penelitian (Revisi). Pekanbaru: Unri Press.

Yusuf, A. M. (2016). Metode penelitian kuantitatif, kualitatif & penelitian gabungan. Jakarta: Prenada Media.


Full Text: PDF

DOI: 10.14710/anuva.9.4.%p