Strategi Pengembangan Koleksi Perpustakaan Digital iJateng

Firdaus Tsara Dhafin Prasetya, Yuli Rohmiyati

Abstract


Di era digital, perpustakaan dituntut menjadi pusat layanan informasi yang adaptif dan inovatif. Salah satu wujudnya adalah perpustakaan digital yang melengkapi fungsi perpustakaan konvensional. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengembangan koleksi perpustakaan digital iJateng oleh Perpustakaan Provinsi Jawa Tengah. Metode penelitian menggunakan pendekatan kualitatif studi kasus melalui wawancara, observasi, dan studi dokumen terhadap tiga pustakawan yang terlibat langsung. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengembangan koleksi dilakukan melalui enam tahapan, yaitu analisis masyarakat melalui usulan pemustaka, pengamatan fitur review dan statistik peminjaman pada aplikasi, seleksi bahan pustaka, pengadaan bahan pustaka melalui pembelian dari pihak ketiga serta upload koleksi mandiri koleksi yang memang diperuntukkan secara bebas, evaluasi tahunan, dan menerapkan strategi pengembangan koleksi untuk menyesuaikan minat masyarakat, serta kebijakan yang diterapkan masih mengacu pada sistem konvensional namun disesuaikan dengan konteks digital. Kendala utama meliputi keterbatasan Sumber Daya Manusia (SDM), peralatan, dan anggaran. Secara keseluruhan, pengembangan koleksi telah berjalan baik namun masih perlu dioptimalkan.

Keywords


perpustakaan digital; pengembangan koleksi; iJateng

References


Hardani, Andriani, H., Ustiawaty, J., Utami, E. F., Istiqomah, R. R., Fardani, R. A. F., Sukmana, D. J., & Auliya, N. H.

(2020). Metode Penelitian Kualitatif dan Kuantitatif ISBN: 978-623-7066-33-0. In Pustaka Ilmu (Issue March).

Hartono. (2020). Transformasi Perpustakaan dalam Ekosistem Digital.

Hasibuan, M. (2009). Manajemen Sumber Daya Manusia.

Hermawan, D. (2021). Komparasi Proses Pengadaan Bahan Pustaka dalam Pengembangan Koleksi Perpustakaan

Perguruan Tinggi. Pustaka Karya : Jurnal Ilmiah Ilmu Perpustakaan dan Informasi, 9(2), 1.

Komariah, N., Saepudin, E., & Nurislaminingsih, R. (2021). Kolaborasi Sebagai Upaya Peningkatan Kinerja

Perpustakaan di Telkom University Open Library. Pustakaloka, 13(2), 178–198.

Kristyanto, D. (2019). Perpustakaan Digital dan Kelompok Pengguna Potensial. Khizanah Al-Hikmah : Jurnal Ilmu

Perpustakaan, Informasi, Dan Kearsipan, 7(2), 130.

Kustiawan, W., Azmi Fauzizah, N., Amro Br Sinaga, H., Oktavia, I., Hafizah, F., Adrian Pangestu, S., & Aulia Siregar, R.

(2023). Rekaman Audio dalam Penyiaran Radio. Rusydi Aulia Siregar INNOVATIVE: Journal Of Social Science

Research, 3, 13313–13321.

Malaji, A. (2022). Perpustakaan Digital.

Mansur, S. (2012). E-Resources Collection Development in Engineering College Libraries: A Challenge for Knowledge

Centre Managers. International Journal of Digital Library Services, 2(1), 166–177.

Muzalifah. (2022). Pengelolaan Perpustakaan Digital Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Barito Kuala

(iPusda Batola).

Nurdiansyah. (2022). Desain Perpustakaan Generasi Z dan Alpha (antara Regulasi Pendanaan dan Teknologi). Jurnal

Pustaka Ilmiah, 8(1), 37–47.

Nurrohimah, I., & Fatimah, I. S. (2022). Persepsi dan Preferensi Masyarakat terhadap Tingkat Kenyamanan Taman

Merdeka Metro sebagai Ruang Interaksi Sosial di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Lanskap Indonesia.

Okogwu, F. I., & Ekere, F. C. (2018). Collection development policies of electronic resources in University Libraries in

Southeast Nigeria. Library Philosophy and Practice, 2018.

Prabowo, A., Heriyanto (2013). Analisis Pemanfaatan Buku Elektronik (E-Book) Oleh Pemustaka di Perpustakaan SMA

Negeri 1 Semarang. Jurnal Ilmu Perpustakaan, 2(2), 1–9.

Qalyubi, S. (2007). Dasar-dasar Ilmu Perpustakaan dan Informasi.

Rayandra. (2012). Kreatif Mengembangkan Media Pembelajaran.

Reitz, J. M. (2004). Dictionary for Library and Information Science.

Rinusantoro, S. (2016). Bahan Ajar Perpustakaan Digital.

Rosdiana, A., Wijayanti, B. I., Asnawi, A. M. Al, Sawitri, A. S., & Ramandha, B. O. (2025). Perpustakaan Kota Yogyakarta

dalam Angka 2024.

Saleh, A. R. (2016). Pengembangan Perpustakaan Digital: Teori dan Praktik Tahap Demi Tahap. Rumah Q-Ta

Production, 2, 480 hlm., 21 cm.

Salsabila, R., Winoto, Y., & Kurniasih, N. (2024). Strategi Pengembangan Koleksi Digital Di Perpustakaan Badan Riset

Dan Inovasi Nasional. Jurnal Ilmiah Multidisiplin, 3(01), 170–179.

Sidiq, U., & Choiri, M. M. (2019). Metode Penelitian Kualitatif di Bidang Pendidikan. In Journal of Chemical

Information and Modeling (Vol. 53, Issue 9).

Streubert, H. J., & Carpenter, D. R. (2003). Qualitative Research in Nursing: Advancing The Humanistic Imperative.

Lippincontt, PA.

Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Kualitatif dan R and D. In Bandung: Alfabeta (Vol. 3, Issue April).

Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D.

Suparyadi. (2015). Manajemen Sumber Daya Manusia: menciptakan keunggulan bersaing berbasis kompetensi SDM.

Supriyanto, W., & Muhsin, A. (2008). Teknologi Informasi Perpustakaan.

Susanto, S. E. (2010). Desain dan Standar Perpustakaan Digital. Jurnal Pustakawan Indonesia, 10(2), 17–23.

Syarif, L. B., & Sayoga, A. A. H. E. (2024). Pengembangan Layanan Perpustakaan Daerah Kabupaten Semarang

Berdasarkan Preferensi Masyarakat. 6(1), 115–126.

Utomo, E. P. (2019). Digitalisasi Koleksi Local Content di Perpustakaan Perguruan Tinggi. Pustakaloka, 11(1), 100.

Vitriana, N., & Hermansyah, T. (2021). Digitalisasi Grey Literature sebagai Strategi Pengembangan Koleksi pada

Perpustakaan Fakultas Hukum Universitas Sriwijaya. Pustabiblia: Journal of Library and Information Science,

(2), 225–244.

Winoto, Y., & Sukaesih. (2020). Strategi Pengembangan Koleksi Pada Perpustakaan Desa Dan Taman Bacaan

Masyarakat Di Era Kenormalan Baru. JIPI (Jurnal Ilmu Perpustakaan Dan Informasi), 5(2).

Yuliani, T. (2020). Analisis kebutuhan pemustaka pada kegiatan layanan pengembangan koleksi buku Perpustakaan

IAIN Batusangkar. Al-Kuttab : Jurnal Kajian Perpustakaan, Informasi Dan Kearsipan, 2(1), 41–52.

Yusuf, A. M. (2014). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif & Penelitian Gabungan.


Full Text: PDF

DOI: 10.14710/anuva.9.4.%p