Peran Perpustakaan Daerah Kabupaten Kendal sebagai Makerspace pada Pembelajaran Kolaboratif dalam Menumbuhkan Kreativitas Masyarakat

Faiq Syarof Azzami, Nur'aini Perdani SP

Abstract


Perpustakaan tidak hanya menyediakan akses literasi, tetapi juga berperan aktif dalam mendukung pendidikan, pengembangan keterampilan, dan peningkatan kompetensi masyarakat. Perpustakaan Daerah Kabupaten Kendal turut aktif dalam mengupayakan peningkatan layanan yang berfokus pada kompetensi masyarakat melalui penerapan pembelajaran kolaboratif makerspace dengan komunitas dan masyarakat. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Pengumpulan data dilakukan melalui studi literatur, observasi, dokumentasi dan wawancara sebanyak 9 informan yang kemudian di analisis menggunakan model interaktif Miles & Huberman dimulai dari pengumpulan data, kondensasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Penelitian ini didasarkan pada variabel pembelajaran kolaboratif oleh Puntambekar dan prinsip kreativitas dalam makerspace oleh Culpepper & Gauntlett. Temuan dari penelitian ini menunjukkan bahwa pembelajaran kolaboratif dalam kegiatan makerspace memainkan peran penting dalam menumbuhkan kreativitas masyarakat berbasis komunitas lokal yang aktif dan berkelanjutan. Adanya kegiatan pembelajaran kolaboratif pada kegiatan makerspace mampu menumbuhkan kreativitas dan produktivitas masyarakat dalam menghasilkan karya kreatif.


Keywords


kolaborasi komunitas; kreativitas masyarakat; makerspace; pembelajaran kolaboratif; perpustakaan umum

References


Amik, F., Nuraini, E., & Sugiarti, A. (2016). Menuju Guru dan Siswa Cerdas. LeutikaPrio.

Apriliani, M., Putri, S. A., & Unzzila, U. (2024). Peningkatan Partisipasi Aktif Siswa dalam Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan Melalui Model Pembelajaran Kolaboratif di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 1(3), 1-9. https://doi.org/10.47134/pgsd.v1i3.493

Barkley, E. F., Major, C. H., & Cross, K. P. (2014). Collaborative Learning Techniques: A Handbook for College Faculty. Jossey-Bass.

Beghetto, R. A., Kaufman, J. C., & Baer, J. (2015). Teaching for Creativity in the Common Core Classroom. Teachers College Press.

Burke, J. J. (2018). Makerspaces: A Practical Guide for Librarian. Rowman & Littlefield.

Chakraborty, S., & Chakraborty, S., B.(2021) Library Makerspace: A New Dimension to the Future Library Services. Library and Information Science: Past, Present & Future. 159-169

Creswell John and Creswell David. (2023). Research Design, Qualitative, Quantitative and Mixed Methods Approaches. SAGE Publications.

Culpepper, M. K., & Gauntlett, D. (2020). Making and learning together: Where the makerspace mindset meets platforms for creativity. Global Studies of Childhood, 10(3), 264–274. https://doi.org/10.1177/2043610620941868

Denzer, J., & Ginsberg, S. (2020). Terrific Makerspace Projects. Rowman & Littlefield.

Edwards, R., Gallacher, J., & Whittaker, S. (2017). Learning Outside the Academy. Routledge.

Erdil, N., O. (2024) Build, Experiment, Learn: Promoting Curiosity and Creativity While Learning DOE. Proceedings of the IISE Annual Conference & Expo 2024. https://doi.org/10.21872/2024IISE_5902

Gardiner, P. (2020). Learning to think together: Creativity, interdisciplinary collaboration and epistemic control. Thinking Skills and Creativity, 38(100749), 1-10. https://doi.org/10.1016/j.tsc.2020.100749

Gauntlett, D. (2018). Making is Connecting. Polity Press.

Puntambekar., S. (2013) Mixed Methods for Analyzing Collaborative Learning. In Hmelo-Silver, C. E., Chinn, C. A., Chan, C. K. K., & O’Donnell, A. M. (Eds.). The international handbook of collaborative learning (pp 219-229). Routledge.

Irhamni. (2018). Transformasi Perpustakaan dari Pusat Informasi ke Pusat Aktivitas (Makerspace). Media Pustakawan, 25(2), 4–10.

Manar, D. G. (2019). Pembelajaran Inovasi Kebijakan Inklusif. Jurnal Studi Pemuda, 7(1), 14-24. https://doi.org/10.22146/studipemudaugm.39272

Miles, M. B., Huberman, A. M., & Saldana, J. (2014). Qualitative Data Analysis: A Method Sourcebook. SAGE Publications.

Mimhamimdala, F., & Nirwana, H. (2022). Populer Learning Theor: Collaborative Learning. Jurnal Literasi Pendidikan, 1(2), 292–302. https://doi.org/10.56480/eductum.v1i2.751

Perpustakaan Nasional Republik Indonesia. (2022). Manfaat Program Transformasi Perpustakaan Berbasis Inklusi Sosial Dirasakan Masyarakat. www.Perpusnas.go.id.

Pikhart, M., Habeb Al-Obaydi, L., & Klimova, B. (2024). Does digital learning stimulate creativity?. Cogent Arts and Humanities, 11(1), 1-9. https://doi.org/10.1080/23311983.2024.2407103

Rasmussen, C. H., Rydbeck, K., & Larsen, H. (2018). Libraries, archives and museums. Routledge

Sabrina, M., Hairani, M., Syahrial., S. (2024). Pengembangan Model Pembelajaran Kolaboratif Antara Guru dan Orangtua dalam Mendukung Kemajuan Belajar Siswa di Sekolah Dasar Inpres Harekakae. Katalis Pendidikan: Jurnal Ilmu Pendidikan Dan Matematika, 1(2), 283–288. https://doi.org/10.62383/dilan.v1i2.117

Soomro, S. A., Casakin, H., Nanjappan, V., & Georgiev, G. V. (2023). Makerspaces Fostering Creativity: A Systematic Literature Review. Journal of Science Education and Technology, 32(4), 530–548. https://doi.org/10.1007/s10956-023-10041-4

Suhendra, I. (2022). Laboratorium Perpustakaan Pertanian: Layanan Makerspace Pusat Perpustakaan dan Penyebaran Teknologi Pertanian. Media Informasi, 31(1), 1–8. https://doi.org/10.22146/mi.v31i1.4346

Sukatin, S., Nuri, L., Naddir, M. Y., Sari, S. N. I., & Indriani Y, W. (2022). Teori Belajar dan Strategi Pembelajaran. Journal of Social Research, 1(8), 916–921.

Taliak, J., Farisi, T. A., Sinta, R. A., Aziz, A., Fauziyah, N. L. (2024). Evaluasi Efektivitas Metode Pembelajaran Berbasis Proyek dalam Mengembangkan Kreativitas Siswa. Journal of Education Research, 5(1), 583-589.

Van Boxtel, C., Van der Linden, J., & Kanselaar, G. (2000). Collaborative learning tasks and the elaboration of conceptual knowledge. Learning and Instruction, 10(4), 311–330. https://doi.org/10.1016/S0959-4752(00)00002-5

Walia, C. (2019). A Dynamic Definition of Creativity. Creativity Research Journal, 31(3), 237–247. https://doi.org/10.1080/10400419.2019.1641787

Willingham, T. (2018). Library Makerspace The Complete Guide. Rowman & Littlefield.

Zaifullah, Z., Cikka, H., & Kahar, M. I. (2021). Strategi Guru Dalam Meningkatkan Interaksi Dan Minat Belajar Terhadap Keberhasilan Peserta Didik Dalam Menghadapi Pembelajaran Tatap Muka Di Masa Pandemi Covid 19. Guru Tua: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 4(2), 9–18.


Full Text: PDF

DOI: 10.14710/anuva.9.4.693-712