Tingkat Literasi Informasi Mahasiswa Ilmu Perpustakaan UIN Jakarta: Studi Kuantitatif dengan Model the Big Six

Dwi Epryati Rahayu

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengukur tingkat literasi infromasi mahasiswa Program Studi Ilmu Perpustakaan UIN Syarif Hidayatullah Jakarta dengan menggunakan model The Big Six. Literasi informasi menurut model The Big Six yang dikembangkan oleh Eisenberg dan Berkowitz terdiri dari enam tahapan yang sistematis, yaitu perumusan masalah, strategi pencarian informasi, lokasi dan akses, pemanfaatan informasi, sintesis, dan evaluasi. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Populasi pada penelitian ini adalah mahasiswa Ilmu Perpustakaan UIN Syarif Hidayatullah Jakarta, dengan sampel sebanyak 82 mahasiswa aktif semester IV, VI, dan VIII. Teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah Probability Sampling dengan rumus Slovin. Teknik yang digunakan untuk pengumpulan data adalah kuesioner tertutup berbasis skala Likert. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji validitas, uji reliabilitas, serta analisis statistik deskriptif dengan bantuan software IBM SPSS V26. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa tingkat literasi informasi mahasiswa tinggi, dengan nilai rata-rata sebesar 3,27. Berdasarkan hasil penelitian, hipotesis yang didapat dari penelitian ini yaitu mahasiswa Ilmu Perpustakaan UIN Syarif Hidayatullah Jakarta memiliki tingkat kemampuan literasi informasi yang tinggi. Temuan ini menegaskan pentingnya integrasi pelatihan literasi informasi dalam kurikulum sebagai kompetensi inti bagi calon profesional di bidang kepustakawanan. Studi ini memberikan kontribusi terhadap pemahaman mengenai penerapan model teoritis seperti The Big Six dalam konteks pendidikan tinggi di era informasi digital.

Keywords


ilmu perpustakaan; literasi informasi; mahasiswa; the big six

References


Ad-Dakhil, A. (2022) Langkah FAH Merespon Program Merdeka Belajar-Kampus Merdeka (MBKM) | Fakultas Adab dan Humaniora Universitas Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah. Available at: https://fah.uinjkt.ac.id/id/langkah-fah-merespon-program-merdeka-belajar-kampus-merdeka-mbkm (Accessed: 12 July 2025).

Afiyani, A.D. and Alfariza, R.D. (2023) ‘Analisis Kemampuan Literasi Informasi Mahasiswa Program Studi Pendidikan Bahasa Arab Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang dalam Mengerjakan Tugas Makalah Menggunakan Model Literasi Informasi The Big Six’, LibTech: Library and Information Science Journal, 4(2), pp. 17–29. Available at: https://doi.org/10.18860/libtech.v4i2.22121.

ALA (2016) ‘Framework for Information Literacy for Higher Education’, Association of College and Research Libraries [Preprint]. Available at: https://www.ala.org/acrl/standards/ilframework.

Chairani, S., Iriani, T. and Murtinugraha, R.E. (2021) ‘Analisis Kemampuan Literasi Informasi Mahasiswa Menggunakan Model The Big 6 Skills Pada Mata Kuliah Konstruksi Bangunan I’, Journal of Vocational and Technical Education (JVTE), 3(2), pp. 18–25. Available at: https://doi.org/10.26740/jvte.v3n2.p18-25.

Eisenberg, M.B. (2008) ‘Information Literacy: Essential Skills for the Information Age’, DESIDOC: Journal of Library & Information Technology, 28(2), pp. 39–47. Available at: https://doi.org/10.14429/djlit.28.2.166.

Eisenberg, M.B. and Dean (2003) ‘Information Problem-Solving: The Big Six Skills Approach’, The Information School of the University of Washington [Preprint]. Available at: https://www.researchgate.net/publication/234713449_Information_Problem-Solving_The_Big_Six_Skills_Approach (Accessed: 6 July 2025).

Erza, E.K., Kurnianingsih, I. and Hafifah, F.R. (2020) ‘Desain Instruksional Literasi Informasi Menggunakan Model I-Learn Di Perpustakaan Universitas Yarsi’, IQRA`: Jurnal Perpustakaan dan Informasi, 14(2), pp. 91–107. Available at: https://doi.org/10.30829/iqra.v14i2.8154.

Hastuti, U.R. (2019) ‘Mengasah Kemampuan Intelektual Melalui Literasi Informasi Model Big 6TM :Integrasi Dengan Pembelajaran Model Berpikir Induktif’, UNILIB : Jurnal Perpustakaan, 10(1), pp. 41–50.

Hendriawan, P. et al. (2025) ‘Pemahaman Literasi Informasi Halal Siswa : Literasi Halal Berdasarkan Berdasarkan Model Literasi Informasi Big Six’, Literasi: Jurnal Ilmu Pendidikan, 16(1), pp. 111–123. Available at: https://doi.org/10.21927/literasi.2024.16(1).111-123.

Muttaqin, Z. and DHR, M. (2024) Webometrics 2024: UIN Jakarta Puncaki Peringkat PTKIN | Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta Website Resmi. Available at: https://uinjkt.ac.id/id/webometrics-2024-uin-jakarta-puncaki-peringkat-ptkin- (Accessed: 12 July 2025).

Nuraini, R., Martutik, M. and Prasetyawan, A. (2021) ‘Penerapan Model Literasi Informasi Big Six dalam Pembelajaran Daring di Era Pandemi (Studi SMAK St. Albertus Malang)’, Journal of Language Literature and Arts, 1(12), pp. 1688–1709. Available at: https://doi.org/10.17977/um064v1i122021p1688-1709.

Oktafiani, O. and Wasisto, J. (2023) ‘Literasi Informasi Mahasiswa Oseanografi Universitas Diponegoro Dalam Memanfaatkan Jurnal Elektronik Untuk Laporan Praktikum’, Anuva: Jurnal Kajian Budaya, Perpustakaan, dan Informasi, 7(2), pp. 233–244. Available at: https://doi.org/10.14710/anuva.7.2.233-244.

Parissi, M. et al. (2019) ‘A pre-post study to assess the impact of an information-problem solving intervention on university students’ perceptions and self-efficacy towards search engines’, Revue internationale des technologies en pédagogie universitaire / International Journal of Technologies in Higher Education, 16(1), pp. 68–87. Available at: https://doi.org/10.18162/ritpu-2019-v16n1-05.

Septiyanto, T. (2017) Literasi Informasi. Tangerang Selatan: Universitas Terbuka.

Siregar, S. (2017) Metode Penelitian Kuantitatif Dilengkapi dengan Perbandingan Perhitungan Manual & SPSS. 4th edn. Jakarta: Kencana.

UIN Jakarta (2024) Akreditasi Program Studi | Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta Website Resmi. Available at: https://uinjkt.ac.id/id/akreditasi-program-studi (Accessed: 12 July 2025).

UNESCO (2007) Information for All Programme: “Understanding Information Literacy: A Primer”. Paris: UNESCO.

UNESCO (2023) Global education monitoring report, 2023: technology in education: a tool on whose terms? UNESCO Digital Library. Available at: https://unesdoc.unesco.org/ark:/48223/pf0000385723 (Accessed: 22 May 2025).

Zalmi, F.N.H., Rahmi, L. and Friona, M.K. (2023) ‘Kompetensi Literasi Informasi pada Tingkat Pengetahuan dan Keterampilan Mahasiswa Ilmu Perpustakaan dan Informasi Islam UIN Imam Bonjol Padang’, Hybrid International Conference on Library and Information Science, 4.


Full Text: PDF

DOI: 10.14710/anuva.9.3.490-502