ANALISIS BIBLIOMETRIK: KONTRIBUSI PENELITI INDONESIA PADA TEMA LIBRARY ANXIETY TERINDEKS SCOPUS

Zulfa Avidiansyah

Abstract


Tema library Anxiety digunakan banyak peneliti untuk melihat gambaran adanya perasaan tidak nyaman ketika pemustaka menggunakan perpustakaan dalam pemenuhan kebutuhan informasinya. Penelitian tentang library anxiety di seluruh dunia sudah banyak dilakukan, termasuk di Indonesia. Adanya temuan beberapa penelitian, secara spesifik masih diperlukan sebuah tinjauan penelitian dengan tema library anxiety yang terindeks Scopus di mana basis data tersebut merupakan salah satu basis data terpopuler di dunia yang dianggap merepresentasikan jurnal berkualitas dan berpengaruh dalam dunia akademik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran eksistensi penelitian tema library anxiety dalam lingkup kontribusi peneliti Indonesia yang terindeks Scopus dalam 10 tahun terakhir (2015-2024), sehingga dapat memberikan kontribusi keilmuan di bidang Ilmu Perpustakaan dan Informasi khususnya tema library anxiety yang terindeks Scopus pada lingkup Indonesia. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif bibliometrik untuk melihat dan memetakan penelitian dengan tema library anxiety khususnya yang dilakukan peneliti Indonesia dan terindeks Scopus dalam rentang waktu 1 dekade terakhir dengan menggunakan VosViewer untuk memvisualkan data. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat 6 dokumen dan jumlah peneliti Indonesia yang terindeks Scopus pada tema library anxiety masih relatif sedikit dengan jumlah sebanyak 21 peneliti, sehingga peneliti lainnya memiliki peluang untuk dapat berkontribusi pada jurnal yang terindeks Scopus. Adapun tren terkini kata kunci yang muncul adalah disabilitas visual dan academic libraries. Saran yang dapat diberikan untuk penelitian selanjutnya adalah menggunakan kata kunci yang sama atau menggunakan variasi kelompok disabilitas lainnya yang dikaitkan dengan library anxiety. Selain itu, lokasi penelitian juga dapat dilakukan pada selain perpustakaan perguruan tinggi, misalnya saja pada perpustakaan umum.

Keywords


bibliometrik; kontribusi; peneliti Indonesia; library anxiety; Scopus

References


Abdurokhim, M., & Laugu, N. (2024). Library anxiety pada mahasiswa baru penyandang disabilitas tunanetra di Perpustakaan UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta | Pustaka Karya: Jurnal Ilmiah Ilmu Perpustakaan dan Informasi. https://jurnal.uin-antasari.ac.id/index.php/pustakakarya/article/view/12921

Anwar, M. A., Al-Kandari, N. M., & Al-Qallaf, C. L. (2004). Use of Bostick’s Library Anxiety Scale on undergraduate biological sciences students of Kuwait University. Library & Information Science Research, 26(2), 266–283. https://doi.org/10.1016/j.lisr.2004.01.007

Avidiansyah, Z., Prajarto, N., & Priyanto, I. F. (2021). Library Anxiety among the First-Year Undergraduate, Master’s, and Doctoral Students at Universitas Gadjah Mada. Record and Library Journal, 7(1), Article 1. https://doi.org/10.20473/rlj.v7i1.110

Biglu, M.-H., Ghavami, M., & Dadashpour, S. (2016). Big Five Personality Factors and Library Anxiety. 6(9), 377–385.

Bostick, S. L. (1992). The Development and Validation of the Library Anxiety Scale. Wayne State University.

Carlos, M. D., Josue, R. D., & Carla, S. C. (2024). Bibliometric studies. An option to develop research in surgery and related disciplines. Revista de Cirugia, 76(2), 147–156. Scopus. https://doi.org/10.35687/s2452-454920240021890

Erfanmanesh, M., Abrizah, A., & Karim, N. H. A. (2012). Development and validation of the Information Seeking Anxiety scale. 17(1), 21–39.

Fatmawati, E. (2019). Kecemasan Pemustaka: Salah Satu Penyebab Rendahnya Tingkat Fisik Kunjungan ke Perpustakaan. Media Pustakawan, 26(1), Article 1. https://doi.org/10.37014/medpus.v26i1.177

Fatmawati, R., & Zulaikha, S. R. (2022). Library anxiety mahasiswa asing di perpustakaan. 43(1). https://doi.org/10.14203/j.baca.v43i1.781

Hanifah, N. A. (2020). Library Anxiety Pada Mahasiswa Tingkat Pertama Di Perpustakaan Perguruan Tinggi Swasta Di Surabaya [Skripsi, UNIVERSITAS AIRLANGGA]. https://doi.org/10/10%20LAMPIRAN.pdf

Hasanah, A. K. U., Mutia, F., & Salleh, N. (2024). Crossing the barriers of library anxiety: A quantitative evaluation of Indonesian undergraduate students with visual disabilities navigating their academic library. The International Journal of Information, Diversity, & Inclusion, 8(2), 29–51.

Herawan, T., Chiroma, H., Vitasari, P., Abdullah, Z., Ismail, M. A., & Othman, M. K. (2015). Mining critical least association rules from students suffering study anxiety datasets. Quality and Quantity, 49(6), 2527–2547. Scopus. https://doi.org/10.1007/s11135-014-0125-5

Jiao, Q. G., Onwuegbuzie, A. J., & Lichtenstein, A. A. (1996). Library anxiety: Characteristics of ‘at-risk’ college students. Library & Information Science Research, 18(2), 151–163. https://doi.org/10.1016/S0740-8188(96)90017-1

Julianti, S., Darubekti, N., & Sa’diyah, L. (2022). Library anxiety and fulfillment information needs of collage students of the Faculty of Mathematics and Natural Sciences Bengkulu University. Record and Library Journal, 8(1), 153–170. Scopus. https://doi.org/10.20473/rlj.V8-I1.2022.153-170

Kampen, D. J. V. (2004). Development and Validation of the Multidimensional Library Anxiety Scale. College & Research Libraries, 65(1), Article 1. https://doi.org/10.5860/crl.65.1.28

Mellon, C. A. (1986). Library Anxiety: A Grounded Theory and Its Development. College & Research Libraries, 47(2), Article 2. https://doi.org/10.5860/crl_47_02_160

Mudra, H., Mukminin, A., Razak, R. A., Harto, K., Marzulina, L., Mahfud, C., Kamil, D., Najwan, J., Hidayat, M., & Fridiyanto. (2021). The Interplay Between Academic Procrastination and Research Anxiety Toward Research Courses of Rural-College EFL Students. Journal of Higher Education Theory and Practice, 21(16), 100–114. Scopus. https://doi.org/10.33423/jhetp.v21i16.4917

Naveed, M. A. (2017). Information Seeking Anxiety: Background, Research, and Implications. The International Information & Library Review, 49(4), 266–273. https://doi.org/10.1080/10572317.2017.1319713

Noprianto, E. (2019). Factors Affecting Library Anxiety of Graduate School Students in Gadjah Mada University. Record and Library Journal, 5(2), Article 2. https://doi.org/10.20473/rlj.V5-I2.2019.207-217

Putri, R. Y., & Nelisa, M. (2024). Pengaruh Library Anxiety Terhadap Kebutuhan Informasi Mahasiswa Tahun Masuk 2023 Pada Pemustaka Universitas Negeri Padang. Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran, 7(3), 6425–6431.

Ravena, R., & Dewi, A. O. P. (2021). Library Anxiety pada Mahasiswa Tingkat Akhir: Studi Kualitatif di UPT Perpustakaan Politeknik Negeri Semarang. Anuva: Jurnal Kajian Budaya, Perpustakaan, dan Informasi, 5(4), 527–542. https://doi.org/10.14710/anuva.5.4.527-542

Ridwan, M. (2022). LIBRARY ANXIETY PADA SISWA MADRASAH ALIYAH NEGERI (MAN) 3 SLEMAN [Universitas Gadjah Mada]. https://etd.repository.ugm.ac.id/penelitian/detail/218857

Rizkyantha, O. R. O. (2018). DESTRUKSI KECEMASAN AKAN PERPUSTAKAAN. LIBRIA, 10(1), 33–47. https://doi.org/10.22373/3380

Sabrun, J. (2025). PENGARUH LIBRARY ANXIETY PADA MAHASISWA FAKULTAS ADAB TERHADAP PEMANFAATANKOLEKSI PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS ISLAM NEGERI RADEN INTAN LAMPUNG [Diploma, UIN RADEN INTAN LAMPUNG]. https://repository.radenintan.ac.id/36837/

Sawe, E. C., Nakitare, J., & Kwanya, T. (2025). Personal and library-related causes of library anxiety among Kenyan undergraduate students. IFLA Journal, 51(2), 409–421. Scopus. https://doi.org/10.1177/03400352241310507

Scopus. Diakses pada tanggal 23 Juni 2025 pukul 12.53 WIB, https://www-scopus-com.proxy.undip.ac.id/results/results.uri?st1=%22library+anxiety%22&st2=&s=TITLE-ABS-KEY%28%22library+anxiety%22%29&limit=10&origin=searchbasic&sort=plf-f&src=s&sot=b&sdt=b&sessionSearchId=bb7fb19d19ed6542b3a894444e98af2f&cluster=scoaffilctry%2C%22Indonesia%22%2Ct

Song, Z., Zhang, S., & Clarke, C. P. (2014). Library Anxiety Among Chinese Students: Modification and Application of LAS in the Context of Chinese Academic Libraries. The Journal of Academic Librarianship, 40(1), 55–61. https://doi.org/10.1016/j.acalib.2013.10.014

Suclupe-Navarro, P., Limaymanta, C. H., Ramírez, N. H., & Guillén, H. (2021). Producción científica sobre ansiedad bibliotecaria: Un análisis bibliométrico y cienciométrico desde Scopus. Revista Española de Documentación Científica, 44(2), Article 2. https://doi.org/10.3989/redc.2021.2.1753

Świgoń, M. (2011). Library anxiety among Polish students: Development and validation of the Polish Library Anxiety Scale. Library & Information Science Research, 33(2), 144–150. https://doi.org/10.1016/j.lisr.2010.09.003

Valérie, D., & Pierre, A. G. (2010). Bibliometric idicators: Quality masurements of sientific publication. Radiology, 255(2), 342–351. Scopus. https://doi.org/10.1148/radiol.09090626

Van Eck, N. J. (2011). Methodological Advances in Bibliometric Mapping of Science. Erasmus University Rotterdam.

Zulfiar, V. I. K. (2024). Hubungan library anxiety dengan minat kunjung di Layanan Majalah Terjilid Perpustakaan Nasional Republik Indoesia [Undergraduate, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim]. http://etheses.uin-malang.ac.id/70681/




DOI: 10.14710/anuva.9.2.%p