Kajian Kualitatif kegiatan Stock opname Perpustakaan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi
Abstract
Penelitian ini membahas mengenai kegiatan stock opname pada Perpustakaan Kementerian, Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui mengenai kegiatan stock opname yang dilakukan oleh Perpustakaan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi secara lebih mendalam. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus, dengan teknik pengumpulan datanya berupa wawancara dengan empat pustakawan yang masih aktif di Perpustakaan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa kegiatan stock opname di Perpustakaan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi merupakan kegiatan yang penting untuk pengengolaan koleksi perpustakaan. Kegiatan stock opname yang dilaksanakan memiliki tiga tahapan yaitu persiapan stock opname, implementasi stock opname, dan posting stock opname. Meskipun demikian, hasil penelitian ini juga masih perlu ditingkatkan tiap tahun nya agar selalu terbarui. Hal ini dapat dilakukan dengan melakukan revisi tiap tahun untuk menyesuaikan perkembangan zaman dan kebutuhan selama kegiatan stock opname berlangsung.
Kata kunci: Perpustakaan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi; stock opname
Keywords
References
Abdussamad, Z. (2021). Metode Penelitian Kualitatif. CV. Syakir Media Press
Anwar, S. (2019). Manajemen Perpustakaan. Zahen Publisher.
Edward, R. I. (2019). Mengenal Manfaat dan Cara Pembuatan SOP yang Baik. Accounting. https://accounting.binus.ac.id/2021/12/01/mengenal-manfaat-dan-cara-pembuatan-sop-yang-baik/
Effendi, O. U. (1989). Kamus Komunikasi. Mandar Maju.
Faradisa, V. S., Handayani, R., & Taya, L. (2023). Optimization of Library Material Stock opname Activities at the Departement of Library and Archives of Kolaka Regency. European Union Digital Library, 1(1), 79–79. https://doi.org/10.29240/tik.v1i1.205
Fatmawati, E. (2015). Kebutuhan Informasi Pemustaka dalam Teori dan Praktek.
Info Persada. 13(1), 1-12. http://e- journal.usd.ac.id/index.php/Info_Persadha/arti
cle/view/119
Husna, N., Aziz, N., Ida, Z. A., Triana, N., & Qiyadah, R. (2022). Konstruksi Pendidikan Pesantren Berbasis Tasawuf-Ecospiritualism. Edukasi Islami: Jurnal Pendidikan Islam, 11(1). https://doi.org/10.30868/ei.v11i01.2794
Juvita, U. H. & Prasetyawan Y. Y. (2016). Pengembangan Perpustakaan di Perpustakaan SMP Negeri 15 Tegal. Jurnal Ilmu Perpustakaan, 5(4), 121–130. https://ejournal3.undip.ac.id/index.php/ jip/article/view/15339
Kasanah, N. (2013). Etika Profesi dan Profesional Bekerja. https://repositori.kemdikbud.go.id/10262/1
Laksmi. (2015). Pengembangan Koleksi. https://pustaka.ut.ac.id/lib/wp-content/uploads/pdfmk/PUST4102-M1
Lestari, S. Y., Komariah, N., & Rizal, E. (2016). Pengelolaan Informasi Sebagai Upaya Memenuhi Kebutuhan Informasi Masyarakat. Jurnal Kajian Informasi Dan Perpustakaan, 4(1), 59. https://doi.org/10.24198/jkip.v4i1.8499
Mulisa. (2020). Analisis Kegiatan Stock opname dan Hubungannya Dengan Pengembangan Koleksi Di UPT Perpustakaan UIN AR-RANIRY .
Nashihin, H. (2022). Konstruksi Pendidikan Pesantren Berbasi Tasawuf-Ecospiritualism dan Isu Lingkungan Hidup. Jurnal Pendidikan Islam.
Nurkhalisyah, C., & Marlini. (2018). Pembuatan Buku Komik Panduan Perpustakaan di Perpustakaan Daerah Kota Padang Panjang.
Panggabean, & Khodizah, S. (2017). Evaluasi Stock opname pada Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Pemerintahan Kota Medan. Usu.ac.id. http://repositori.usu.ac.id/handle/123456789/4288
Pratala, B. (2021). Pentingnya Stock opname Koleksi Perpustakaan IPDN Kampus Jakarta. ACADEMIA: Jurnal Inovasi Riset Akademik, 1(1), 79–79. https://doi.org/10.29240/tik.v1i1.205
Perpustakaan Nasional. (2024). Peraturan Perpusnas No. 2 Tahun 2024 tentang Standar Nasional Perpustakaan Umum. Database Peraturan | JDIH BPK. https://peraturan.bpk.go.id/Details/288891/perka-perpusnas-no-2-tahun-2024
Raco, J. R. (2010). Metode Penelltlan Kualitatif Jenis, Karakteristik, dan Keunggulannya. Grasindo.
Riani, N. (2017). Model Perilaku Pencarian Informasi Guna Memenuhi Kebutuhan Informasi (Studi Literatur). Publication Library and Information Science, 1(2), 14. https://doi.org/10.24269/pls.v1i2.693
Rijal, F. M. (2021). Memahami Desain Metode Penelitian Kualitatif.
Siyoto, S., & Ali, S. (2015). Dasar Metodologi Penelitian. Literasi Media Publishing.
Stevens, K. (2011). Taking Stock and Benefits of Perfoming a Regular library Stocktake. ANZTLA Ejournal, 1(1), 79–79. https://doi.org/10.29240/tik.v1i1.205
Subagio, I., Totok, A., Program, P., Diploma, S., Fkip, P., & Pontianak, U. (2020). Stockpname Koleksi Perpustakaan Sekolah Dasar Negeri 34 Pontianak Kota. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Khatulistiwa, 9(1), 1–8. https://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/view/38527
Syahrani, M. I. (2020). Pengaruh Fasilitas Perpustakaan Terhadap Kenyamanan Membaca Mahasiswa (Studi Kasus: Perpustakaan Universitas Diponegoro Semarang). IMAJI. 9(5). 481-490. https://ejournal3.undip.ac.id/index.php/imaji/issue/download/1505/74
Tussoleha, Z. (2017). Siap Fokus, Siap Menulis Skripsi, Tesis, Disertasi (Jurus Mudah Gunakan Metode Kualitatif Tipe Studi Kasus).
Wince, E. (2017). Kajian Pentingnya Stock opname dalam Pengembangan Koleksi Perpustakaan. Tik Ilmeu. https://doi.org/10.29240/tik.v1i1.205
Widiyasari, F., & Nur Latifa Hanum, A. (2022). Analisis Kebijakan Stock opname Di Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Kabupaten Kubu Raya. Jurnal.untan.ac.id. http://repositori.usu.ac.id/handle/123456789/4288
DOI: 10.14710/anuva.9.2.%p