Pelaksanaan Information Sharing Mengenai Pelayanan Mahasiswa Melalui Pemanfaatan Media Sosial di Universitas Terbuka Bandung
Abstract
Information sharing merupakan kegiatan yang perlu dilakukan oleh perguruan tinggi dalam membagikan informasi yang dimiliki untuk civitas akademik terutama mahasiswanya. Hal ini dikarenakan saat ini mahasiswa di UT Bandung didominasi kalangan generasi mulenial dan generasi Z. Agar kebutuhan akan informasi ini dapat terpenuhi maka perlu adanya media sosial sebagai platform untuk berbagi informasi. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pelaksanaan kegiatan information sharing, kategori media sosial yang digunakan, dan tantangan yang dihadapi oleh Universitas Terbuka (UT) Bandung dalam melaksanakan information sharing pelayanan mahasiswa melalui media sosial yang dilihat dari dimensi people, purpose/goal, content, level of proactiveness, mode. Metode dalam penelitian ini melalui pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Informan dalam penelitian ini terdiri dari manajer pembelajaran, pengelola media sosial dan mahasiswa UT Bandung. Adapun teknik yang digunakan dalam menganalisis data dalam penelitian ini adalah analisis model Miles and Huberman, yaitu reduksi data, penyajian data, dan simpulan. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan September hingga November 2024. Hasil penelitian menunjukkan, bahwa UT Bandung telah melaksanakan information sharing dengan sasaran utama mahasiswa dan calon mahasiswa. Media sosial yang digunakan adalah Instagram, TikTok, YouTube, dan Facebook. Adapun tantangan dalam information sharing melaui media sosial adalah adanya tuntutan konten yang menaik, sesuai trend dan kurangnya sumber daya manusia.
Keywords
DOI: 10.14710/anuva.9.1.15-28