Pengaruh Desain Interior Ruang Baca Anak terhadap Minat Baca Anak di Perpustakaan Provinsi Jawa Tengah

Dhea Dwi Utami Alendri, Jumino Jumino

Abstract


Penelitian ini mengkaji topik mengenai pengaruh desain interior ruang baca anak terhadap minat baca anak di Perpustakaan Provinsi Jawa Tengah. Tujuannya adalah untuk mengetahui apakah ada pengaruh antara desain interior ruang baca anak terhadap minat baca anak. Penelitian ini menerapkan pendekatan survey yang memanfaatkan metode penelitian kuantitatif. Data pada penelitian ini didapat dari kuesioner dengan populasi sebanyak 14.627 dan sampel sebanyak 99 sampel. Populasi pada penelitian ini yaitu anak-anak SD yang berkunjung di Perpustakaan Provinsi Jawa Tengah. Metode pengumpulan sampel yang diterapkan ialah non probability sampling dengan teknik purposive sampling. Dalam penelitian ini dipergunakan metode analisis deskriptif untuk menganalisis data serta menggunakan teknik analisis statistik data dengan uji regresi linear sederhana, uji koefisien determinasi dan uji hipotesis. Hasil penelitian menunjukkan desain interior ruang baca anak di Perpustakaan Provinsi Jawa Tengah memiliki pengaruh sebesar 18,7% terhadap minat baca anak di Perpustakaan Provinsi Jawa Tengah yang 81,3% nya dipengaruhi variabel lain diluar penelitian ini.


Keywords


desain interior; minat baca; perpustakaan; ruang baca anak

References


Alpian, V, S., & Yatri, I. (2022). Analisis Kemampuan Membaca Pemahaman pada Siswa Sekolah Dasar. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan.

Arikunto. (2010). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Aulawi, M, B. (2011). Optimalisasi Layanan Perpustakaan dalam Meningkatkan Minat Baca Siswa. Pustakaloka.

Dodsworth, &. Simon. (2009). The Fundamentals of Interior Design. USA: ublishing.

Elfisa, M, K., & Yunaldi (2012). Layanan Pustakawan Anak terhadap Anak di Perpustakaan Proklamator Bung Hatta dalam Menumbuhkan Minat Baca Anak. Jurnal Ilmu Informasi Perpustakaan & Kearsipan.

Fitrianto, Y., Rustan, E., & Takwim, M. (2022). Minat Kunjung Pembaca Ditinjau dari Desain Interior dan Koleksi Buku di Perpustakaan IAIN Palopo. Lentera Pustaka: Jurnal Kajian Ilmu Perpustakaan, Informasi dan Kearsipan, 8 (1) 2022, 13-24

Harianto, E. (2020). Keterampilan Membaca dalam Pembelajaran Bahasa. Jurnal Kependidikan.

Irawati, S, I., Sumaryoto., & Hardiyati (2020). Penerapan Psikologi Arsitektur Pada Desain Ruang Baca Perpustakaan Umum di Surakarta. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Arsitektur.Kugler, C. (2007). Interior Design Considerations and Developing the Brief. Australia: CK Design International

Kurniawan, A, R., Destrinelli., Hayati S., Rahmad, Riskayanti, J., Wasena, I, S., & Triadi, Y. (2019). Peranan Pojok Baca dalam Menumbuhkan Minat Baca Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Inovasi Pendidikan dan Pembelajaran Sekolah Dasar

Moruk, A. M. (2018). Strategi Peningkatan Pelayanan Sirkulasi di Dinas Perpustakaan Umum dan Arsip Kota Malang. JISIP: Jurnal Ilmu Sosial dan Ilmu Politik.

Mudzakir., Anggraini, A, A., & Prasasti, S. (2021). Perubahan Tata Guna Ruang Baca Anak Studi Kasus : Perpustakaan Daerah Telanaipura, Kota Jambi.

Novitasari, N., Habibah, F, H., Yuniar, V, D., Sulistiowati, I, S., Erlina, K, R., Umah, K., Hilya, N., Rahayu, R, N., Kholifah, S., Mahfudhoh, S., Muafiyah, S., Mustafidah, S, Z., & Azkiyyah, C (2022). Perancangan Kelas Desain Interior dalam Membentuk Pertumbuhan dan Perkembangan Anak. Murhum: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini.

Nurhadi. (1987). Membaca Cepat dan Efektif. Bandung: Sinar Baru.

Patiung, D. (2016). Membaca Sebagai Sumber Pengembangan Intelektual. Jurnal Hukum Pidana & Ketatanegaraan.

Perdana, M, H, G., Anum, A., Miranda, Z., & Pradana, M, R, A. (2023). Pengembangan Potensi Membaca Melalui Ruang Baca Anak di Pekon Sidomulyo Kecamatan Sumberejo. Journal Corner of Community Service.

Riffaudin, M., & Halida, A, N (2018). Konsep Desain Interior Perpustakaan untuk Menarik Minat Kunjung Pemustaka. Pustakaloka.

Rofi'uddin, M, A., & Hermintoyo (2017). Pengaruh Pojok Baca Terhadap Peningkatan Minat Baca Siswa di SMP Negeri 3 Pati. E-journal Undip.

Rucitra, A. A. (2020). Merumuskan Konsep Desain Interior. Jurnal Desain Interior.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sumadi, R. (2016). Peranan Desain Interior Perpustakaan Bagi Pemustaka di Perpustakaan P3DSPBKP. Jurnal Pari.


Full Text: PDF

DOI: 10.14710/anuva.9.3.449-460