Layanan Bercerita Perpustakaan Grhatama Pustaka: Kontribusi Terhadap Pembentukan Karakter Anak Usia Dini
Abstract
Penelitian ini penting dilakukan mengingat adanya penurunan karakter, budaya, dan kepribadian pada anak akibat globalisasi yang didukung dengan pesatnya perkembangan teknologi. Anak-anak kerap kali menyerap budaya dan nilai-nilai asing tanpa filter. Upaya yang dapat dilakukan untuk mengatasi permasalahan tersebut adalah dengan menanamkan pendidikan karakter pada anak sedini mungkin. Perpustakaan Grhatama Pustaka merespons fenomena tersebut dengan mengembangkan layanan bercerita untuk membentuk karakter anak usia dini. Rumusan masalah dalam penelitian ini merujuk pada bagaimana kontribusi layanan bercerita Perpustakaan Grhatama Pustaka dalam program pembentukan karakter anak usia dini. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan kontribusi layanan bercerita Perpustakaan Grhatama Pustaka dalam program pembentukan karakter anak usia dini sebagai bentuk penanaman pendidikan karakter pada anak. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan pendekatan studi kasus dan pengambilan data dengan menggunakan metode wawancara, observasi, dan studi dokumen. Pemilihan narasumber dilakukan dengan purposive sampling. Proses analisis data dilakukan dengan pengumpulan, reduksi, penyajian, dan verifikasi data dan pemberian kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa layanan bercerita Perpustakaan Grhatama Pustaka menggunakan berbagai sumber cerita, memilih cerita sesuai usia, mempersiapkan dengan storyboard dan memahami pesan cerita, serta menggunakan alat peraga seperti boneka tangan, yang membantu anak memahami dan menerapkan nilai kebaikan dari cerita dalam kehidupan sehari-hari.
Keywords
References
Asri, T.M., Wulandari, E.R.N. & Jariyah, U., 2019, ‘Penerapan Story Telling dan Instagram Optimalisasi Layanan Perpustakaan Keliling di Dinas Kearsipan Dan Perpustakaan Kabupaten Kediri’, BACA: Jurnal Dokumentasi dan Informasi, 40(2), 237.
Athiroh, W.S. & Ahmad, R., 2021, ‘Relevansi Dongeng dengan Membentuk Karakter Anak Usia Dini’, 1(1), 2549–8371.
Birhan, W., Shiferaw, G., Amsalu, A., Tamiru, M. & Tiruye, H., 2021, ‘Exploring the Context of Teaching Character Education to Children in Preprimary and Primary Schools’, Social Sciences and Humanities Open, 4(1).
Chung, N.I. & Sung, H.Y., 2020, ‘Effects of Public Library Storytelling Activities on Children’s Reading Literacy Development: From Caregivers’ Perspectives’, Journal of Educational Media and Library Sciences, 57(3), 321–354.
Elfisa, M.K. & Yunaldi, 2012, ‘Layanan Pustakawan Anak Terhadap Anak di Perpustakaan Proklamator Bung Hatta dalam Menumbuhkan Minat Baca Anak’, Jurnal Ilmu Informasi Perpustakaan dan Kearsipan, 1(1), 206–214.
Fitriani, W., 2019, ‘Dongeng Dapat Membentuk Karakter Anak Menuju Budi Pekerti Yang Luhur’, Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran, 2(1), 178–183.
Fitroh, S.F. & Sari, E.D.N.S., 2015, ‘Dongeng Sebagai Media Penanaman Karakter Pada Anak Usia Dini’, Jurnal PG-PAUD Trunojoyo, 2(2), 76–149.
Griadhi, P., 2019, ‘Peran Perpustakaan dalam Pengembangan Karakter Anak Melalui Kegiatan Mendongeng’, Acarya Pustaka: Jurnal Ilmiah Perpustakaan dan Informasi, 6(2), 96–103.
Halimah, L., Arifin, R.R.M., Yuliariatiningsih, M.S., Abdillah, F. & Sutini, A., 2020, ‘Storytelling Through “Wayang Golek” Puppet Show: Practical Ways in Incorporating Character Education in Early Childhood’, Cogent Education, 7(1).
Hardani, Andriani, H., Ustiawaty, J., Utami, E.F., Istiqomah, R.R., Fardani, R.A., Sukmana, D.J. & Auliya, N.H., 2020, Metode Penelitian Kualitatif & Kuantitatif, 1st edn., Pustaka Ilmu, Yogyakarta.
Kasmiati, 2019, ‘Penguatan Pendidikan Karakter Anak Usia Dini Pada Buku Kumpulan Dongeng Paud Keistimewaan Binatang’, 24(1), 307–318.
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI, 2017, Penguatan Pendidikan Karakter Jadi Pintu Masuk Pembenahan Pendidikan Nasional.
Manita, R.J., 2022, ‘Peran Pustakawan dalam Mengembangkan Layanan Anak dan Remaja di Era Modern’, Jurnal Adabiya, 24(2), 162.
Nafisah, F.T. & Zafi, A.A., 2020, ‘Model Pendidikan Karakter Berbasis Keluarga Perspektif Islam di Tengah Pendemi Covid-19’, Ta’allum: Jurnal Pendidikan Islam, 8(1).
Pusparini, D., Farasyi, R.M., Gupita, N. & Musayyadah, 2019, ‘Menanamkan Pendidikan Karakter Anak Usia Dini Di Masa Golden Age Sesuai Q.S Lukman : 13 – 19’, Jurnal Pemikiran, Pendidikan dan Penelitian Ke-Islaman, 5(1), 01–06.
Putu Candra Prastya Dewi, N., Bagus Putrayasa, I. & Nyoman Sudiana, I., 2021, ‘Membentuk Karakter Aanak Melalui Habituasi Dongeng Pada Pembelajaran di Sekolah Dasar’, Jurnal Ilmiah Bahasa dan Sastra, 8(2), 68–77.
Rahmah, E., 2018, ‘Akses dan Layanan Perpustakaan: Teori dan Aplikasi’, Prenamedia Group, Jakarta.
Ridha, N., 2017, ‘Proses Penelitian, Masalah, Variabel, dan Paradigma Penelitian’, Jurnal Hikmah, 14(1), 62–70.
Siyoto, S. & Sodik, M.A., 2015, Dasar Metodologi Penelitian, 1st edn., Literasi Media Publishing, Yogyakarta.
Sofyan, M., Japar, M. & MS, Z., 2018, Implementasi Pendidikan Karakter, Jakad Publishing, Surabaya.
Sugiyono, 2015, Metode Penelitian Pendidikan: Pendekatan Kualitatif, Kuantitatif, dan R&D, 25th edn., ALFABETA, Bandung.
Wahyuni, A., Noventari, W. & Pancasila dan Kewarganegaraan Universitas Sebelas Maret, P., 2019, ‘Strategi Pembentukan Karakter Melalui Metode Dongeng dan Pendampingan Anak di Rumah Dongeng Kincira’, WASKITA, 3(2), 77–92.
Wardiah, D., 2017, Peran Storytelling dalam Meningkatkan Kemampuan Menulis, Minat Membaca, dan Kecerdaan Emosional Siswa, vol. 15.
DOI: 10.14710/anuva.9.1.139-148