Pengaruh Perkembangan Teknologi Informasi terhadap Information Anxiety pada Mahasiswa Baru Fakultas Ilmu Budaya Universitas Diponegoro

Aura Faradilla, Athanasia Octaviani Puspita Dewi

Abstract


Penelitian ini membahas tentang pengaruh perkembangan teknologi infomasi terhadap information anxiety pada mahasiswa baru Fakultas Ilmu Budaya Universitas Diponegoro. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui bagaimana pengaruh perkembangan teknologi informasi terhadap information anxiety pada mahasiswa baru Fakultas Ilmu Budaya Universitas Diponegoro. Dalam penelitian ini, metode kuantitatif digunakan untuk mengetahui bagaimana pengaruh perkembangan teknologi informasi dapat menyebabkan information anxiety pada mahasiswa baru Fakultas Ilmu Budaya Universitas Diponegoro. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif dengan pendekatan penelitian metode survei. Pada penelitian ini, diperoleh nilai t tabel sebesar 1,987, dan nilai t hitung sebesar 3,269 yang mana nilai 3,269 > 1,987, sehingga dapat disimpulkan bahwa nilai t hitung > t tabel. Kemudian diperoleh nilai signifikansi sebesar 0,002 yang mana nilai 0,002 < 0,05. Oleh karena itu, Ha diterima dan H0 ditolak. Terdapat hubungan signifikan dalam penelitian ini karena nilai signifikansi kurang dari 5% atau 0,05. Kemudian terdapat hubungan positif dengan nilai koefisien korelasi sebesar 0,327, sehingga perkembangan teknologi informasi dengan information anxiety memiliki korelasi yang cukup.


Keywords


information anxiety; mahasiswa baru; perkembangan teknologi informasi

References


Bawden, D. & Robinson, L. (2020). Information Overload: An Overview. In: Oxford Encyclopedia of Political Decision Making. Oxford: Oxford University Press. https://doi.org/10.1093/acrefore/9780190228637.013.1360

Bawden, D., & Robinson, L. (2009). The dark side of information: overload, anxiety and other paradoxes and pathologies. Journal of Information Science, 35(2), 180–191. https://doi.org/10.1177/0165551508095781

Badan Eksekutif Mahasiswa Universitas Diponegoro. (2022). Kata Data Kesehatan Mental Mahasiswa UNDIP. https://www.instagram.com/p/CeXl9Nzvba8/

Eklof, A. (2013). Understanding information anxiety and how academic librarians can minimize its effects. Public Services Quarterly, 9(3), 246-258. https://doi.org/10.1080/15228959.2013.815529

Febrian, J., & Andayani, F. (2006). Kamus komputer dan istilah teknologi informasi, Makassar: Penerbit Informatika.

Gan, Y. (2022). Research on Information Anxiety of Users in Social Media Environment. International Core Journal of Engineering, 8(7), 21–25. https://doi.org/10.6919/ICJE.202207_8(7).0004

Ghozali, Imam. (2018). Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS 25. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Girard, J., & Allison, M. (2008). Information anxiety: Fact, fable or fallacy. The Electronic Journal of Knowledge Management, 6(2), 111–124. https://academic-publishing.org/index.php/ejkm/article/view/816

Given, L. M., & Willson, R. (2018). Information technology and the humanities scholar: Documenting digital research practices. Journal of the Association for Information Science and Technology, 69(6), 807–819. https://doi.org/10.1002/asi.24008

Hamzah, Ardi. (2019). Tata kelola pemerintahan desa: menuju desa mandiri, sejahtera dan partisipatoris. Surabaya: Pustaka Bappenas

Husein, Umar. 2011. Metode Penelitian Untuk Skripsi dan Tesis Bisnis Edisi. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Johnson, P. (2024). Linear Relationship. WallStreetMojo. https://www.wallstreetmojo.com/linear-relationship/

Katopol, P. (2010). Information anxiety, information behavior, and minority graduate students. Proceedings of the Association for Information Science and Technology, 47(1), 1–2. https://doi.org/10.1002/meet.14504701327

Naveed, M. A., & Ameen, K. (2017). Determining the prevalence and correlates of information seeking anxiety among postgraduates in Pakistan. Libri, 67(3), 205-214. https://www.degruyter.com/document/doi/10.1515/libri-2016-0017/html

Naveed, M. A. & Anwar, M. A. (2020). Towards information anxiety and beyond. Webology, 17(1), 65–80. https://doi.org/10.14704/web/v17i1/a208

Naveed, M. A., & Anwar, M. A. (2019). Modeling information anxiety. Library Philosophy and Practice, 2758. https://www.academia.edu/download/60614391/fulltext_120190916- 20673-3ii0po.pdf

Prabowo, S. (2022). Pengantar Uji Normalitas. Kemenkeu Learning Center. https://klc2.kemenkeu.go.id/kms/knowledge/pengantar-uji-normalitas-84d6d1ff/detail/

Qian, Y. (2019). How do freshmen find information orienting themselves in their first year of college? An investigation of the information seeking behaviors of first-year undergraduate students. https://cdr.lib.unc.edu/concern/masters_papers/2514nr13z

Rizky, S. F., Priharsari, D., & Herlambang, A. D. (2022). Analisis Faktor yang memengaruhi Information Anxiety pada Pengguna Social Networking Sites (SNS). Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi Dan Ilmu Komputer, 6(2), 578-587. http://j-ptiik.ub.ac.id/index.php/j-ptiik/article/download/10559/4673

Rochaety, Ety. (2007). Metode Penellitian dengan Aplikasi SPSS. Jakarta: Mitra Wacana Media

Santosa, Paulus Insap. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif, Pengembangan Hipotesis dan Pengujiannya Menggunakan SmartPLS. Yogyakarta: Penerbit Andi

Santrock, J. (2009). Adolescence, Penerjemah Shinto B. Adelar dan Sherly Saragih, Seventh Edition, Jakarta: Erlangga.

Sarwono, Prawirohardjo. (2009). Buku Acuan Nasional Pelayanan Kesehatan Maternal dan Neonatal. Jakarta: Yayasan Bina Pustaka.

Shandy, A., & Khoirunnisa, R. N. (2021). Hubungan antara kecemasan akademik dengan penyesuaian diri pada mahasiswa baru yang akan melaksanakan perkuliahan tatap muka. Character: Jurnal Penelitian Psikologi, 9(2), 264-272. https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/character/article/view/46148

Shedroff, N. (2001). An overview of understanding. Information anxiety, 2, 27-29.

Slamet, R., & Wahyuningsih, S. (2022). Validitas dan reliabilitas terhadap instrumen kepuasan kerja. Aliansi: Jurnal Manajemen dan Bisnis, 17(2). https://doi.org/10.46975/aliansi.v17i2.428

Soroya, S. H., Farooq, A., Mahmood, K., Isoaho, J., & Zara, S. (2021). From information seeking to information avoidance: Understanding the health information behavior during a global health crisis. Information Processing & Management, 58(2), 102440. https://doi.org/10.1016/j.ipm.2020.102440

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, R & D. Bandung: CV Alfabeta.

Supriyanto, Wahyu dan Muhsin Ahmad. (2005). Teknologi Informasi Perpustakaan (Strategi Perencanaan Perpustakaan Digital).Yogyakarta: Kanisius.

Thompson, R., Higgins, C., & Howell, J. M. (1991). Personal Computing: Toward a Conceptual model of utilization. Management Information Systems Quarterly, 15(1), 125-143. https://doi.org/10.2307/249443

Tsai, M. J., & Wu, A. (2021). Visual search patterns, information selection strategies, and information anxiety for online information problem solving. Computers & Education, 172, 104236. https://doi.org/10.1016/j.compedu.2021.104236

Van Dijk, J. (2013). The Culture of Connectivity: A Critical History of Social Media. Oxford. UK: Oxford University Press.

Wurman, R. S. (1989). Information anxiety. New York: Doubleday.


Full Text: PDF

DOI: 10.14710/anuva.9.3.530-543