Peran Pustakawan Dalam Mengembangkan Literasi Informasi Siswa Di Perpustakaan SMA Negeri 2 Pati

Nurul Intan Distianti, Gani Nur Pramudyo

Abstract


Literasi informasi merupakan kemampuan pada setiap individu dalam memahami, mengevaluasi, dan mengelola informasi secara efektif. Literasi informasi semestinya diperkenalkan ke siswa mulai dari anak-anak. Perpustakaan sekolah saat ini memegang peranan dalam mengembangkan literasi informasi di kalangan siswa. Pustakawan Perpustakaan SMA Negeri 2 Pati berperan membimbing siswa dalam mengembangkan literasi informasi di sekolah. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui, menganalisis, dan mendeskripsikan peran pustakawan SMAN 2 Pati dalam mengembangkan literasi informasi pada siswa. Metode penelitian ini adalah metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Pengumpulan data dilakukan dengan melakukan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah thematic analysis. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa peran pustakawan dalam mengembangkan literasi informasi siswa di Perpustakaan SMA Negeri 2 Pati, menggunakan konsep peran pustakawan yang dipaparkan oleh Wheeler dan Pamela McKinney, penelitian ini menegaskan bahwa pustakawan memiliki peran sebagai guru-pustakawan (teacher-librarian), pendukung pembelajaran (learning support), pustakawan yang mengajar (librarian who teaches), dan juga sebagai pelatih (trainer) literasi informasi. Kemudian, pustakawan dapat memperbaiki pengelolaan Perpustakaan SMAN 2 Pati; membuat program untuk kegiatan literasi informasi; dan memaksimalkan pengelolaan digital library yang dimiliki agar manfaatnya semakin merata untuk siswa.


Keywords


literasi informasi; perpustakaan sekolah; peran pustakawan

Full Text: PDF

DOI: 10.14710/anuva.8.3.425-440