Analisis Promosi UPT Perpustakaan Universitas Jenderal Soedirman Memanfaatkan Layanan Corner Korea Center
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pentingnya promosi di perpustakaan untuk menyebarluaskan layanan agar menumbuhkan minat pengguna untuk memanfaatkan perpustakaan. Promosi perpustakaan dapat dilakukan dengan memanfaatkan layanan corner perpustakaan. Perpustakaan yang memanfaatkan layanan corner sebagai sarana promosi adalah UPT Perpustakaan Universitas Jenderal Soedirman, dengan layanan corner bernama Korea Center. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis bagaimana pemanfaatan Korea Center sebagai sarana promosi UPT Perpustakaan Universitas Jenderal Soedirman. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Informan penelitian ini sebanyak tujuh informan yang terdiri dari Kepala UPT Perpustakaan Universitas Jenderal Soedirman, Ketua Korea Center, staf Korea Center, dan sisanya pengguna perpustakaan. Teknik analisis data yang digunakan adalah reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil analisis data menunjukkan bahwa Korea Center dimanfaatkan UPT Perpustakaan Universitas Jenderal Soedirman sebagai sarana promosi melalui divisi humas Korea Center, melalui promosi media sosial di Instagram Korea Center, melalui desain interior Korea Center, melalui berbagai program kegiatan Korea Center, dan melalui interaksi langsung antara Korea Center dengan pengguna perpustakaan di pelayanan maupun di berbagai program kegiatan.
Keywords
promosi perpustakaan; layanan corner perpustakaan; korea center
DOI: 10.14710/anuva.9.1.99-110