Perilaku Informasi Generasi Z Melalui Akun Autobase Kuliner Dalam Media Sosial X
Abstract
Adanya pergeseran tren yang menjadikan media sosial sebagai sumber informasi dan diiringi dengan eksistensi akun autobase di X mendorong Generasi Z kini memanfaatkan autobase sebagai sarana dalam memenuhi informasi termasuk terkait kuliner. Sistem user generated content dalam autobase menjadi daya tarik tersendiri melalui adanya ulasan yang organik. Fenomena ini menarik penulis untuk meneliti dari aspek perilaku informasi yang dilakukan Generasi Z dalam menggunakan akun autobase kuliner melalui metode kualitatif dan pendekatan fenomenologi. Pengambilan data dilakukan melalui wawancara semi terstruktur dengan 7 informan yang kemudian dianalisis dengan thematic analysis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat motivasi yang mendorong informan sehingga memanfaatkan akun autobase @FOODFESS2 sebagai sumber informasi. Adapun temuan terkait perilaku informasi yang dilakukan sesuai dengan kebutuhan informasi yang dimiliki. Tema terakhir yaitu terkait kebermanfaatan autobase kuliner yang mampu memberikan informasi terkini berkaitan dengan kuliner di Indonesia serta menjadi bahan pertimbangan dalam berkuliner.
Keywords
DOI: 10.14710/anuva.8.2.227-240