Peran Tacit Knowledge Sharing terhadap Creative Behaviour dalam Meningkatkan Inovasi di Production House KITA
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi peran tacit knowledge sharing terhadap creative behavior dalam meningkatkan inovasi di Production House Kita. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian kualitatif. Pemilihan informan menggunakan teknik purposive sampling dan data dikumpulkan menggunakan metode wawancara, observasi dan studi pustaka. Analisa data yang telah dikumpulkan menggunakan metode thematic analysis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tacit knowledge sharing berperan dalam mengembangkan creative behavior melalui diskusi yang dilakukan secara formal maupun informal untuk bertukar sudut pandang, ide dan pengalaman yang terdapat di Production House Kita untuk melakukan inovasi. Creative behavior di Production House Kita terbentuk dari hasil diskusi yang dilakukan dan motivasi yang didapatkan ketika diskusi yang dalam mengembangkan creative behavior yang dimilikinya sehingga mendorong Production House Kita untuk melakukan inovasi pada proyek selanjutnya. Peran tacit knowledge sharing terhadap creative behavior dalam meningkatkan inovasi di Production House Kita ditunjukkan pada proyek video iklan yang dilakukan untuk Tecno Mobile Indonesia. Namun, Production House Kita masih mengalami hambatan dalam melakukan inovasi karena terbatas pada keinginan klien dan anggaran produksi sehingga inovasi tidak dapat dilakukan dalam setiap proyek yang dilaksanakan.
Keywords
DOI: 10.14710/anuva.7.4.713-724