Eksplorasi Pengalaman Informasi Generasi Baby Boomers saat Menggunakan Media Sosial WhatsApp

Ana Fitri Utami, Yanuar Yoga Prasetyawan

Abstract


WhatsApp sebagai media sosial berkembang menjadi media penyebaran informasi yang dirasakan oleh pengguna WhatsApp termasuk juga pada kalangan Baby Boomers. Keterlibatan Baby Boomers dengan informasi yang ada dalam WhatsApp menciptakan suatu pengalaman informasi yang unik. Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi pengalaman informasi generasi Baby Boomers dalam menggunakan media sosial WhatsApp. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan perspektif fenomenologi. Teknik pemilihan informan menggunakan teknik purposive sampling. Didapatkan 10 informan orang tua yang menggunakan media sosial WhatsApp dengan rentang usia 58 sampai 70 tahun keatas. Teknik pengambilan data dilakukan dengan menggunakan wawancara semi terstruktur. Data yang diperoleh kemudian dianalisis dengan menggunakan analisis tematik. Hasil penelitian menunjukan bahwa Baby Boomers menggunakan informasi yang ada di WhatsApp untuk kehidupan sehari-hari mereka. Informasi kesehatan seperti informasi Covid-19, informasi vaksin, informasi kesehatan jantung dan kolesterol didapatkan dari WhatsApp dan digunakan untuk menunjang masa tua mereka. Selain itu ditemukan juga berita hoax dan juga modus kejahatan scam dan phising berupa pesan undangan pernikahan yang menguras saldo bank nasabah. Fitur-fitur dalam WhatsApp juga dimanfaatkan Baby Boomers untuk menunjang kualitas hidup mereka untuk bisnis, dukungan kesehatan, dan dukungan sosial.

Keywords


baby boomers; literasi informasi; orang tua; pengalaman informasi; whatsapp

References


Bell, C. et al. (2013) ‘Examining social media use among older adults’, HT 2013 - Proceedings of the 24th ACM Conference on Hypertext and Social Media, (May), pp. 158–163. doi: 10.1145/2481492.2481509.

Bruce, C. et al. (2014) ‘Information experience: Contemporary perspectives’, Library and Information Science, 9, pp. 3–15. doi: 10.1108/S1876-056220140000010001.

Heriyanto, H. (2018) ‘Thematic Analysis sebagai Metode Menganalisa Data untuk Penelitian Kualitatif’, Anuva, 2(3), p. 317. doi: 10.14710/anuva.2.3.317-324.

Kemp, S. (2022) ‘Digital-2022-Indonesia-February-2022-v01_compressed.pdf’, pp. 24–84. Available at: https://datareportal.com/reports/digital-2022-indonesia msclkid=54849450ac3011eca46cf06ec644a888.

Leist, A. K. (2013) ‘Social media use of older adults: A mini-review’, Gerontology, 59(4), pp. 378–384. doi: 10.1159/000346818.

McCusker, K. and Gunaydin, S. (2015) ‘Research using qualitative, quantitative or mixed methods and choice based on the research’, Perfusion (United Kingdom), 30(7), pp. 537–542. doi: 10.1177/0267659114559116.

Putra, Y. S. (2016) ‘Theoritical Review : Teori Perbedaan Generasi’, Journal of Economics & business, 9(1952), pp. 123–134.

Randall, N. H., Pauley, S. C. and Culley, A. B. (2015) ‘Family Social Networks, Reciprocal Socialization and the Adoption of Social Media by Baby Boomer and Silent Generation Women’, 9, pp. 135–160. doi: 10.1108/s2050-206020150000009006.

Soler, G. L. (2019) ‘Older Australians’ information literacy experiences using mobile devices’, Journal of Information Literacy, 13(2), pp. 4–25. doi: 10.11645/13.2.2650.


Full Text: PDF

DOI: 10.14710/anuva.8.1.111-126