Peran Anggota Keluarga dalam Meningkatkan Kemampuan Literasi Media Melalui Grup Whatsapp pada Generasi Baby Boomers di Daerah Istimewa Yogyakarta

Mekar Aisyah, Nur'aini Perdani SP

Abstract


Penelitian ini membahas tentang peran anggota keluarga dalam meningkatkan kemampuan literasi media pada generasi baby boomers melalui grup WhatsApp di Daerah Istimewa Yogyakarta. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendapatkan gambaran yang utuh terkait peran dan praktik para anggota keluarga dalam membantu generasi baby boomers di keluarganya melakukan tahapan literasi media. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif dengan pendekatan fenomenologi. Teknik pengambilan data dilakukan dengan metode wawancara semi terstruktur dan juga observasi secara tidak langsung. Informan dipilih menggunakan teknik purposive sampling dengan kriteria yang telah ditentukan oleh peneliti. Data yang telah didapatkan kemudian dianalisis dengan tahapan kondensasi data, penyajian data, dan penarikan simpulan. Hasil penelitian ini didapati tindakan yang telah dilakukan oleh para anggota keluarga dalam meningkatkan kemampuan literasi media pada generasi baby boomers berdasarkan pengalaman mereka. Tahapan dalam mengajarkan literasi media meliputi cara untuk mengakses, menganalisis, mengevaluasi, dan mengomunikasikan kembali sebuah informasi dalam bentuk atau media lain. Selanjutnya, peran anggota keluarga sebagai motivator, edukator, dan fasilitator telah terlihat melalui tindakan mereka. Peran sebagai motivator ditunjukkan ketika memberikan himbauan. Peran sebagai edukator ditunjukkan ketika proses mengajarkan literasi media kepada generasi baby boomers. Peran sebagai fasilitator ditunjukkan dengan memfasilitasi para generasi baby boomers untuk mengakses informasi dan juga sebagai tempat bertanya jika ada hal yang tidak diketahui.


Keywords


literasi media; generasi baby boomers; peran keluarga; WhatsApp

Full Text: PDF

DOI: 10.14710/anuva.8.1.143-160