Pemanfaatan Gadget dalam Pengembangan Minat Baca Anak Generasi Alfa oleh Orang Tua di Kota Pekalongan
Abstract
Generasi alfa merupakan generasi yang lahir sekitar tahun 2010 – 2024, generasi ini tumbuh dan berkembang bersama dengan kemajuan teknologi. Hal ini yang menyebabkan generasi alfa lebih dekat dengan teknologi daripada yang lain. Dengan dekatnya generasi alfa pada teknologi menjadi tantangan tersendiri untuk orang tua mereka dalam menumbuhkan minat baca. Orang tua generasi alfa perlu memikirkan cara yang baru dalam menumbuhkan dan mengembangkan minat baca anaknya. Oleh karena itu, gadget menjadi salah satu pilihan dalam menanamkan minat baca anak. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui cara terbaik yang dilakukan orang tua generasi alfa dalam mengembangkan minat baca anaknya dengan tetap mengikuti perkembangan teknologi yang ada melalui pemanfaatan gadget. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif dengan menggunakan observasi non-partisipan dan wawancara semi terstruktur untuk memperoleh data primer serta studi dokumen untuk mendapatkan data sekundernya. Informan dalam penelitian ini adalah orang tua generasi alfa yang tinggal di Kota Pekalongan sebanyak 8 informan dan data yang diperoleh dianalisis menggunakan thematic analysis. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa gadget sangat membantu orang tua generasi alfa dalam mengembangkan minat baca anaknya. Gadget dimanfaatkan untuk mencari referensi bacaan dan juga untuk media pengenealan huruf melalui video maupun game yang ada di dalamnya. Pengalaman orang tua generasi alfa di Kota Pekalongan dalam menggunakan gadget untuk mengembangkan minat baca anaknya juga mengubah mindset mereka dalam mengajarkan minat baca anaknya dengan mencoba menyesuaikan diri dengan keinginan anak mereka. Hal tersebut terbilang efektif karena 87% informan mengatakan minat baca anak mereka meningkat ketika mereka menggunakan gadget.
Keywords
References
Cotton, K., & Wikelund, K. R. (1989). Parent Involvement in Education. School Improvement Research Series, 6(3), 17–23.
Denzin, N. K. (2008). Strategies of Qualitative Inquiry (Volume 2). New York: SAGE.
Friantary, H. (2019). Budaya Membaca Sebagai Upaya Peningkatan Kualitas Hidup Masyarakat. Disastra: Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 1(1), 66. https://doi.org/10.29300/disastra.v1i1.1485
Galuh, B. P., & Riana, R. (2020). PENGARUH VIDIO PEMBELAJARAN BERBASIS ANIMASI TERHADAP MINAT DAN HASIL BELAJAR PADA ANAK DI PAUDAN-NISA KEC.BANJAR PANDEGLANG BANTEN. Jurnal Pendidikan Mutiara, 5(3), 120–129. Retrieved from https://stkipmutiarabanten.ac.id/wp-content/uploads/2021/04/Volume-5-Nomor-1-1-September-2019.pdf
Hadi, A., Asrori, & Rusma. (2021). Penelitian kualitatif: studi fenomenologi, case study, grounded theory, etnografi, biografi. In CV.Pena Persada. Banyumas: CV Pena Persada.
Harris, A. J., & Sipay, E. R. (1990). How To Increase Reading Ability. London: Longman Pub Group.
Hidayati, N. N. (2020). Rethinking the quality of children’s bilingual story books. AL-ASASIYYA: Journal Of Basic Education, 4(1), 46. https://doi.org/10.24269/ajbe.v4i1.2226
Humaira, H. W. (2016). KAITAN INTENSITAS MENONTON MEDIA ELEKTRONIK ( TV ) DENGAN MINAT MEMBACA MASYARAKAT. Seminar Nasional Paramasastra, 4, 744–753.
Indrayana, M. L., Aryanto, H., & Christianna, A. (2018). Perancangan buku interaktif pembelajaran pengembangan karakter pada generasi alfa. Jurnal DKV Adiwarna, 1(12), 1–10.
Juditha, C. (2011). Hubungan Penggunaan Situs Jejaring Sosial Facebook Terhadap Perilaku Remaja Di Kota Makasar. Jurnal Penelitian Iptek-Kom, 13(1), 1–23.
Kehnia, Y., & Darwis, U. (2021). Pengaruh Media Buku Bergambar Terhadap Minat Baca Siswa Kelas Ii Sd Negeri 101797 Deli Tua. PENDALAS: Jurnal Penelitian Tindakan Kelas Dan Pengabdian Masyarakat, 1(3), 229–234. https://doi.org/10.47006/pendalas.v1i3.85
Lismayanti, M., Nurhayati, S., & Rosita, T. (2021). Peran Orang Tua Dalam Memotivasi Anak Untuk Mengikuti Pembelajaran E-Learning (Online) Dalam Meningkatkan Minat Baca Pada Program Kesetaraan Paket C Di Pkbm Srikandi. Comm-Edu (Community Education Journal), 4(2), 38. https://doi.org/10.22460/comm-edu.v4i2.6794
McCrindle, M., & Fell, A. (2021). Generation Alpha : Understanding Our Children and Helping Them Thrive. Hachette Australia.
Padmadewi, N. N., Artini, L. P., Nitiasih, P. K., & Suandana, I. W. (2018). Memberdayakan Keterlibatan Orang Tua Dalam Pembelajaran Literasi Di Sekolah Dasar. Jurnal Ilmu Sosial Dan Humaniora, 7(1), 64–76. Retrieved from https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JISH/article/view/13049/9454
Sari, I. A. P., & Rizki, F. (2020). Pemanfaatan Gadget Dalam Meningkatkan Minat Baca Al-Quran Di Tpa Al-Ikhlas Pekon Podomoro. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Ungu, 3(2), 89–93.
Setianingsih. (2019). Gadget “Pisau Bermata Dua” Bagi Anak? Seminar Pendidikan Nasional, 1(1), 397–405. Retrieved from https://journal.ipb.ac.id
Sumaryanti, L. (2020). Menumbuhkan minat baca anak MI / SD dengan media buku bergambar seri Pendidikan merupakan kebutuhan primer untuk menjamin kelangsungan hidup bangsa dan negara . Pendidikan adalah sarana untuk meningkatkan dan mengembangkan sumber daya manusia guna mewujud. Journal Basic of Education, 4(2), 173–183.
Susanto, A. (2013). Teori Belaja dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: Kencana.
Vuong, Q. H., La, V. P., Nguyen, T. H. T., Nguyen, M. H., Vuong, T. T., Vuong, H. M., & Ho, M. T. (2021). Impacts of parents and reading promotion on creating a reading culture: Evidence from a developing context. Children and Youth Services Review, 131(May), 106311. https://doi.org/10.1016/j.childyouth.2021.106311
DOI: 10.14710/anuva.9.3.435-448