Evaluasi Kualitas Layanan Long Distance Circulation (LDC) Perpustakaan Universitas Dian Nuswantoro Semarang

Naura Alma Dinar, Mecca Arfa

Abstract


Penelitian ini membahas tentang evaluasi kualitas layanan Long Distance Circulation (LDC) Perpustakaan Universitas Dian Nuswantoro Semarang berdasarkan metode LibQUAL+™. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kualitas layanan Long Distance Circulation (LDC) Perpustakaan Universitas Dian Nuswantoro Semarang berdasarkan metode LibQUAL+™. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kuantitatif dengan teknik pengambilan data menggunakan kuesioner yang disebarkan melalui google form. Populasi dan sampel pada penelitian ini adalah pemustaka Perpustakaan Universitas Dian Nuswantoro Semarang yang pernah memanfaatkan layanan Long Distance Circulation (LDC) yaitu sebanyak 30 responden. Teknik analisis data menggunakan dimensi LibQUAL+™ yang terdiri dari tiga indikator, yaitu Affect of Service, Information Control, dan Library as Place. Hasil penelitian ini menyatakan bahwa kualitas layanan Long Distance Circulation (LDC) berdasarkan Affect of Service adalah pemustaka cukup puas dengan nilai Adequancy Gap (AG) positif dan nilai Superiority Gap (SG) negatif. Berdasarkan Information Control, pemustaka cukup puas dengan nilai Adequancy Gap (AG) positif dan nilai Superiority Gap (SG) negatif. Berdasarkan Library as Place, pemustaka cukup puas dengan nilai Adequancy Gap (AG) positif dan nilai Superiority Gap (SG) negatif. Ketiga dimensi LibQUAL+™ tersebut menunjukkan bahwa kualitas layanan Long Distance Circulation (LDC) Perpustakaan Universitas Dian Nuswantoro Semarang sudah cukup memuaskan dan dinilai baik oleh pemustaka, namun masih berada pada Zone of Tolerance.


Keywords


kualitas layanan; kepuasan pemustaka; layanan perpustakaan; Long Distance Circulation; metode LibQUAL+™

Full Text: PDF

DOI: 10.14710/anuva.8.1.81-96