Pengelolaan Perpustakaan untuk Meningkatkan Minat Kunjung Pemustaka di Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Demak
Abstract
Perpustakaan merupakan salah satu lembaga pendidikan yang mempunyai fungsi sebagai tempat penyediaan, pengumpulan dan pengelolaan bahan pustaka maupun berbagai informasi lainnya yang dapat diakses oleh masyarakat. Perpustakaan juga mempunyai tujuan dalam bidang pendidikan yang salah satunya mencerdaskan kehidupan bangsa. Hal tersebut memungkinkan adanya pengelolaan yang baik terutama dalam mempertahankan minat kunjung masyarakat. Tujuan dari penelitian ini untuk membahas tentang pengelolaan perpustakaan untuk meningkatkan minat kunjung di Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Demak. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, wawancara dan dokumentasi. Pemilihan informan dalam penelitian ini menggunakan teknik purposive sampling. Narasumber pada penelitian ini berjumlah 4 (empat) orang pustakawan dari Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Demak. Analisis data dilakukan dengan beberapa tahapan yang dikemukakan oleh Miles dan Huberman yaitu, reduksi data, penyajian data dan menarik kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada beberapa pengelolaan yang dilakukan perpustakaan untuk meningkatkan minat kunjung masyarakat ke perpustakaan seperti pengelolaan sumber daya manusia,pengelolaan koleksi, fasilitas, layanan dan promosi perpustakaan, serta adanya kerjasama dengan berbagai pihak. Adanya pengelolaan perpustakaan yang dilakukan dapat menunjang peningkatan pengunjung dari tahun 2020 hingga kini.
Keywords
DOI: 10.14710/anuva.9.1.47-64