Kompetensi Pustakawan di Layanan Referensi UPT Perpustakaan Universitas Indonesia Sebagai Research Librarian

Imara Audrea Syahrezi, Mecca Arfa

Abstract


UPT Perpustakaan Universitas Indonesia (UI) pada hakikatnya menyediakan sumber, layanan dan fasilitas untuk memenuhi kebutuhan pemustaka. Penelitian atau riset kerap dilakukan oleh sivitas akademika sebagai bagian dari Tri Dharma perguruan tinggi. Kualitas penelitian di UI juga didorong dengan adanya misi menjadi universitas riset kelas dunia. Hal tersebut menghasilkan transformasi dan tuntutan pustakawan di layanan referensi UI menjadi seorang research librarian yang memiliki pengetahuan, keterampilan serta sikap yang mumpuni. Sehingga, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kompetensi pustakawan di layanan referensi perpustakaan UI sebagai seorang research librarian. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yakni metode penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara semi tersturuktur, observasi dan studi dokumen. Pemilihan informan dalam penelitian ini didasarkan pada teknik purposive sampling yang mana mengikuti kriteria yang telah ditetapkan oleh peneliti. Informan pada penelitian ini berjumlah 4 orang yang terdiri dari 3 pustakawan dan 1 pemustaka. Hasil penelitian menunjukan bahwa pustakawan di layanan referensi UPT Perpustakaan UI memiliki lima unit kompetensi sebagai research librarian yakni keterampilan pengelolaan layanan efektif, kemampuan kerjasama guna peningkatan pelayanan, pemahaman terhadap perpustakaan dan kebutuhan informasi sivitas akademika, keterampilan sumber daya informasi dan sikap atau komitmen dalam pelayanan.


Keywords


kompetensi; pustakawan; research librarian; layanan referensi; upt perpustakaan universitas indonesia

Full Text: PDF

DOI: 10.14710/anuva.8.3.363-372