- Home
- Vol 8, No 3 (2024)
- Tasya
					
		
	Pengalaman Informasi Mahasiswa Terhadap Penerapan Layanan Penelusuran Informasi Berbasis Media Sosial Telegram “Sapa Pustakawan Online” di UPT Perpustakaan Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Kudus
	Naila Tasya, Joko Wasisto
	
			
		Abstract
		
		Skripsi dengan judul “Pengalaman Informasi Mahasiswa Terhadap Penerapan Layanan Penelusuran Informasi Berbasis Media Sosial Telegram “Sapa Pustakawan Online” di UPT Perpustakaan Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Kudus” memiliki latar belakang yaitu UPT Perpustakaan IAIN Kudus merupakan satu – satunya perpustakaan perguruan tinggi Institut Agama Islam Negeri (IAIN) yang telah menerapkan layanan “Sapa Pustakawan Online” yang menggunakan media sosial telegram, maka untuk mengetahui bagaimana pengalaman informasi yang didapatkan mahasiswa dalam penerapan layanan baru “Sapa Pustakawan Online” tersebut, perlu adanya penelitian lebih mendalam. Tujuan penelitian yaitu untuk mengetahui dan menganalisa bagaimana pengalaman informasi mahasiswa terhadap layanan penelusuran informasi “Sapa Pustakawan Online” yang diterapkan di UPT Perpustakaan IAIN Kudus. Metode yang digunakan yaitu metode penelitian kualitatif dengan menggunakan pendekatan deskriptif. Hasil analisis data mengenai pengalaman informasi mahasiswa dalam penerapan layanan “Sapa Pustakawan Online” menciptakan tiga tema. Tema pertama yaitu kepuasan informasi mahasiswa. Ketepatan dan kecepatan penyampaian informasi, kelengkapan sumber informasi yang dimiliki UPT Perpustakaan IAIN Kudus dan respon pustakawan. Tema kedua, kemudahan prosedur layanan penelusuran informasi. Kemudahan melakukan identifikasi informasi, reference interview, dan verifikasi informasi. Tema ketiga, aksesibilitas. Kemudahan akses layanan penelusuran informasi “Sapa Pustakawan Online”. Penelitian menunjukkan bahwa mahasiswa mendapatkan pengalaman informasi yang sangat baik dan mengesankan mengenai penerapan layanan “Sapa Pustakawan Online”.
		
		 
	
			
		Keywords
		
		pengalaman informasi; penelusuran informasi; layanan perpustakaan; perpustakaan perguruan tinggi
		
		 
	
	
				
			Full Text:
									
PDF
														
							
		
		DOI: 
10.14710/anuva.8.3.349-362