Evaluasi Pemanfaatan Instagram @perpustakaanprovjateng sebagai Media Promosi Perpustakaan Provinsi Jawa Tengah

Putri Wijayanti, Joko Wasisto

Abstract


Skripsi ini membahas tentang evaluasi pemanfaatan Instagram @perpustakaanprovjateng sebagai media promosi Perpustakaan Provinsi Jawa Tengah. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui evaluasi pemanfaatan Instagram @perpustakaanprovjateng sebagai media promosi Perpustakaan Provinsi Jawa Tengah. Teori yang digunakan teori media sosial sebagai media promosi, yaitu 4C oleh Chris Heuer yaitu Context, Communication, Collaboration, dan Connection. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan analisis univariat. Populasi dalam penelitian ini adalah pengikut akun Instagram @perpustakaanprovjateng dengan jumlah sampel sebesar 97 responden yang diperoleh dari perhitungan rumus Slovin. Responden dipilih menggunakan purposive sampling yaitu pengikut akun Instagram @perpustakaanprovjateng yang berusia di atas 17 tahun. Teknik pengambilan data dalam penelitian ini yaitu menggunakan kuesioner yang dibuat menggunakan Google Form dan disebarkan secara online melalui Direct Message Instagram. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa indikator context memperoleh nilai rata-rata sebesar 3,08 sehingga berada dalam kategori baik, indikator communication memperoleh nilai rata-rata sebesar 3,08 sehingga berada dalam kategori baik, indikator collaboration memperoleh nilai rata-rata sebesar 2,93 sehingga berada dalam kategori baik, dan indikator connection memperoleh nilai rata-rata sebesar 3,16 sehingga berada dalam kategori baik. Berdasarkan hasil analisis data diketahui bahwa evaluasi pemanfaatan Instagram @perpustakaanprovjateng sebagai media promosi Perpustakaan Provinsi Jawa Tengah adalah baik.


Keywords


evaluasi; Instagram; media promosi

Full Text: PDF

DOI: 10.14710/ihis.v%vi%i.18857