Pengaruh Beauty Content Marketing pada Media Sosial Instagram terhadap Kemampuan Literasi Media Siswa SMA DKI

Vidia Fahriza, Rukiyah Rukiyah

Abstract


Penelitian ini membahas mengenai pengaruh beauty content marketing pada media sosial Instagram terhadap kemampuan literasi media siswa SMA DKI Jakarta. Di tengah perkembangan teknologi dan internet, mengakibatkan munculnya beauty content di Indonesia. Akan tetapi, tidak semua informasi dalam beauty content bertujuan untuk mengedukasi audiens, namun bisa saja bagian dari beauty content marketing. Beauty content marketing merupakan strategi pemasaran produk kecantikan menggunakan media sosial dalam bentuk foto, video, dan sebagainya dengan tujuan membangun citra merek (brand image) hingga meningkatkan penjualan. Fenomena tersebut menjadi tantangan bagi siswa SMA DKI Jakarta untuk dapat berpikir kritis terhadap informasi di era digital hingga dapat meningkatkan kemampuan literasi media. Penelitian ini perlu dilakukan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh beauty content marketing terhadap kemampuan literasi media siswa SMA DKI Jakarta. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif, yaitu dengan menyebarkan kuesioner secara daring melaui media sosial. Adapun proses rekrutmen pada penelitian ini menggunakan purposive sampling dengan jumlah 100 responden. Hasil penelitian ini diketahui bahwa beauty content marketing pada media sosial Instagram memengaruhi kemampuan literasi media siswa SMA DKI Jakarta sebesar 29,2%. Penelitian ini diharapkan dapat memberikan gambaran kepada masyarakat luas khususnya siswa SMA bahwa tayangan yang mereka lihat di media sosial Instagram dapat meningkatkan kemampuan literasi media.

Keywords


literasi media; beauty content marketing; siswa SMA; Instagram

Full Text: PDF

DOI: 10.14710/anuva.7.3.403-418