Kemampuan Literasi Media Mahasiswa Universitas Diponegoro Angkatan 2018 dalam Menggunakan Media Sosial Tiktok untuk Menghadapi Informasi Hoax
Abstract
Penelitian ini mengkajitentang kemampuan literasi media yang dimiliki oleh mahasiswa Universitas Diponegoro Angkatan 2018 ketikamenggunakan media sosial TikTok dan menjumpai berbagai informasi salah satunya informasi hoax. Metode yangdigunakan dalam penelitian ini yaitu metode kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Data dalam penelitian inidiperoleh dari observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil dari penelitian ini yaitu terdapat penggunaan mediasosialTikTokpadamahasiswaUniversitasDiponegoroangkatan2018besertainformasiyangtersebardimediasosialTikTok,pemahamanmahasiswaUniversitasDiponegoroangkatan2018mengenailiterasimedia,kemampuanliterasimediamahasiswaUniversitasDiponegoroangkatan2018dalammenggunakanmediasosialTikTokuntukmenghadapi informasi hoax.. Selain itu penelitian ini menunjukkan bahwa mahasiswa Universitas DiponegoroAngkatan 2018 memiliki kemampuan literasi media yang beragam sesuai dengan cara meliterasi media, mulai dariperhatian, partisipasi, kolaborasi, kesadaran jaringan, dan pemakaian secara kritis. Terdapat mahasiswa UniversitasDiponegoro yang melakukan kelima cara meliterasi media, tetapi terdapat juga mahasiswa yang tidak melakukansemua dari kelima cara atau aspek tersebut tetapi hanya melakukan sebagian saja. Namun demikian dapat dikatakanbahwa mahasiswa Universitas Diponegoro telah memenuhi atau memiliki kemampuan literasi media terutama dalammenggunakan media sosial TikTok untuk menghadapi informasi hoax.
Keywords
DOI: 10.14710/anuva.8.1.31-40